Kelebihan dan Tantangan Waralaba Bidang Kesehatan

Dunia perdagangan kini semakin maju. Berbagai strategi dalam berdagang yang dikembangkan oleh para pelaku bisnis maupun akademisi semakin variatif. Salah satu bukti perkembangan perdagangan tersebut adalah maraknya sistem waralaba. Strategi pemasaran yang diperkenalkan  perusahaan mesin jahit Singer dan perusahaan minuman Coca-cola beberapa abad yang lalu kini telah mewabah di Indonesia.

Banyak perusahaan sukses yang ingin memperluas penjualannya hanya dengan menjual produk perusahaan dengan cara mewaralabaknnya. Di Indonesia bisnis waralaba dapat digolongkan menjadi beberapa kategori seperti otomotif; business services; furniture, konstruksi dan properti; jasa pendidikan dan pelatihan; hiburan dan hobi; penginapan dan travel; komputer dan teknologi; makanan dan minuman; laundry dan jasa kebersihan, dan mungkin masih banyak lagi.

Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba? Jika ya, tentunya butuh berbagai pertimbangan untuk memilih jenis usaha apa yang akan dijalankan. Dari berbagai kategori bisnis waralaba tersebut, Anda dapat melirik usaha bidang kesehatan. Jika dibandingkan beberapa kategori yang lain, kategori ini memiliki keunikan tersendiri yang bisa dicermati.

Kesehatan tidak ada matinya

Kesehatan merupakan kebutuhan primer manusia setelah pakaian, makanan, dan tempat tinggal terpenuhi. Bahkan tidak sedikit yang harus membayar mahal harga kesehatan tersebut. Pemerintah pun turut serta dalam menciptakan kondisi masyarakat yang sehat dengan mendirikan tempat-tempat pelayanan kesehatan. Tidak heran jika kini usaha seperti apotek, tempat-tempat fitness, tempat-tempat refleksi dan terapi, serta penjualan produk-produk kesehatan mulai diwaralabakan.

Kesehatan merupakan usaha yang tidak akan pernah mati karena selalu dibutuhkan. Tiap orang yang sakit pasti ingin sembuh. Orang yang sehat pun selalu berusaha menjaga kesehatan dan stamina dengan mengkonsumsi vitamin maupun berolah raga.

Sistem apotek 24 jam dengan pelayanan yang ramah dirasa memudahkan masyarakat membuat bisnis waralaba apotek juga marak dikalangan masyarakat. Terlebih lagi trend masa kini yang mendorong orang berbadan indah dan gagah membuat usaha tempat senam dan fitness makin ramai.

Kesehatan adalah satu-satunya bisnis waralaba yang tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Semua orang baik laki-laki maupun perempuan dari bayi sampai yang tua pun pasti ingin sehat. Maka tidak diragukan lagi bahwa usaha ini sangatlah prospektif. Hanya saja untuk kebutuhan fitness dan reflesi atau terapi memang belum begitu marak pada masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kesehatan tidak mengenal musim

Bisnis makanan dan minuman terkadang sangat tergantung dengan musim buah-buahan, sayuran, dan ternak tertentu. Terkadang juga makanan dan minuman tertentu hanya laris pada waktu-waktu tertentu, seperti kue-kue yang sangat laris di bulan puasa dan lebaran, minuman dingin yang laris di saat musim kemarau. Begitu pula dengan pakaian yang tergantung musim dan mode saat itu.

Berbeda dengan bisnis kesehatan yang relatif stabil pada setiap kondisi. Setiap waktu orang-orang ingin selalu sehat. Kesehatan tidak ada trendnya dan tidak butuh mode. Ketika musim kemarau, penghujan maupun pancaroba, terkadang memiliki dampak terhadap penyakit tertentu sehingga mendorong konsumen untuk memenuhi kebutuhan kesehatannya selalu, atau setidaknya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran pasti selalu ada.

Kesehatan aman akan inflasi

Banyak hal yang bisa mempengaruhi inflasi, seperti kondisi politik atau kebijakan pemerintah. Biasanya ketika menjelang pergantian presiden, harga barang-barang akan naik. Begitu juga dengan ketetapan pemerintah yang menaikkan harga bahan bakar minyak atau tarif dasar listrik yang sangat mempengaruhi harga barang pemenuhan kebutuhan pokok.

Akan tetapi hal itu tidak terlalu berpengaruh dalam bisnis kesehatan. Harga barang-barang pemenuhan kesehatan relatif stabil. Biaya jasa kesehatan juga hanya berubah dalam jangka waktu yang lama. Naik turunnya nilai mata uang tidak begitu mempengaruhi bisnis kesehatan dalam jangka pendek dibandingkan unit usaha yang lain.



Mudahan dalam mendapatkan properti dan perizinan

Dalam bisnis kesehatan, tentunya memerlukan alat-alat kesehatan yang tidak mudah dibeli dimana saja. Tempat penjualan alat kesehatan agaknya jarang ditemukan dan harus mendapatkan izin dari departemen terkait yang hal itu juga bukan perkara mudah. Akan tetapi dengan sistem warakaba, Anda bisa mendapatkan itu dengan lebih mudah.

Mengapa bisa mendapatkannya lebih mudah? Karena franchisor yang baik tentunya sudah memiliki semua yang Anda butuhkan. Tempat pemesanan alat yang sudah menjadi relasi sangat memudahkan Anda.

Selain itu, pengalaman dan bukti kesuksesan franchisor membuat Anda semakin mudah mendapatkan izin dari departemen terkait. Anda pun akan mendapat pelatihan dan pembekalan dari franchisor sehinga akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis kesehatan ini.

Demikian uraian beberapa kelebihan dari bisnis waralaba kesehatan. Namun dibalik semua kemudahan itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk menjalankannya. Mengapa? Karena meskipun usaha ini memberikan banyak kemudahan, tetapi setiap usaha memiliki tantangannya masing-masing. Keunikan lain dari bisnis kesehatan adalah tantangannya. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi apabila ingin menjalankan bisnis waralaba dalam bidang kesehatan:

Butuh modal besar

Bisnis kesehatan bukanlah usaha yang bisa dilakukan secara kecil-kecilan. Bisnis ini membutuhkan properti-properti kesehatan yang tidak murah. Harga waralaba yang ditawarkan biasanya tidaklah kecil. Modal usaha yang disediakan pun harus dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, untuk menjalankan usaha ini haruslah dengan kesiapan yang matang.

Harus bisa bersaing

Karena bisnis ini merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan masyarakat, maka jenis bisnis ini tentu sudah banyak tersebar di berbagai wilayah. Jika Anda ingin memulainya sekarang, maka Anda harus siap untuk bersaing.

Pemilihan lokasi yang tepat, pelayanan yang ramah, serta pemasaran yang inovatif akan menjadi sangat penting. Akan lebih mudah jika Anda menawarkan keuanggulan bisnis kesehatan yang Anda tawarkan dibanding dengan tempat yang lain.

Demikian artikel tentang waralaba bidang kesehatan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjalankan usaha. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *