Chairul Tanjung, Transformasi si Anak Singkong

Chairul Tanjung, awalnya tak banyak yang mengetahui sosok pengusaha yang satu ini. Namun setelah kemunculan buku biografi Chairul Tanjung yang bertajuk, “Chairul Tanjung, si Anak Singkong” nama dan perjalanan hidupnya mulai banyak diketahui dan memberikan kesan kagum. Perjalanan hidup dan karir yang sangat inspiratif banyak memberikan semangat dan optimisme yang baru kepada para pembacanya. 
Dari sosok Chairul Tanjung jugalah kita dapat belajar bagaimana kerja keras dan pantang menyerah akan benar-benar memberikan hasil yang positif. Lalu bagaimanakah kisah perjalanan hidup dan karir si Anak Singkong ini ? Tim bisnishack.com telah mengumpulkan fakta mengenai karakter kepemimpinan si Anak Singkong ini sehingga menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dan menjadi menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu periode 2.
Profil

Chailrul Tanjung adalah anak dari pasangan orang tua Batak dan Sunda. Ayahnya berdarah Batak dan memiliki marga Tanjung serta ibunya asli berdarah Sunda. Pengusaha kelahiran Jakarta 16 Juni 1962 ini dididik dalam keluarga yang sangat menghargai pendidikan, orang tuanya berprinsip bahwa pendidikan adalah bekal penting untuk hidup oleh karena itu kedua orang tua Chairul Tanjung selalu mendorong anak-anaknya untuk bersekolah meskipun banyak rintangan yang dihadapi untuk menempuh pendidikan. 
Salah satunya adalah ketika Chairul Tanjung lulus dari SMA Budi Oetomo pada tahun 1981 dan melanjutkan pendidikannya di jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sebenarnya saat itu kondisi keuangan keluarga Chairul Tanjung sedang tidak memungkinkan namun kedua orang tua Chairul Tanjung tetap mengupayakan agar anaknya dapat melanjutkan pendidikan. 
Pada mulanya keluarga Chairul Tanjung adalah keluarga yang memiliki perekonomian menengah namun saat rezim Presiden Soeharto dimana tidak boleh ada satupun yang berseberangan dengan ideologi yang dimiliki pemerintah saat itu menjadikan perusahaan surat kabar milik ayah Chairul Tanjung , A.G Tanjung tutup karena larangan pemerintah dan menyebabkan goyahnya roda perekonomian keluarga Chairu Tanjung. Inilah peristiwa yang menjadi titik balik perjalanan hidup Chairul Tanjung. 
Walaupun semenjak SMA dia telah beberapa kali mencoba menjalani bisnis untuk membantu meringankan beban orang tua namun usahanya selalu berujung dengan kegagalan. Saat duduk dibangku perkuliahan pun Chairul Tanjung tetap berusaha untuk mencoba membuka bisnis, seperti berjualan kaos dan alat-alat perkuliah, dan membuka usaha fotocopy. Namun sepertinya keberuntungan belum menghampirinya karena usahanya itu tidak bertahan lama. 
Meskipun berkali-kali gagal namun tak pernah sekalipun Chairul Tanjung berpikir untuk menyerah. Sosoknya yang pekerja keras inilah yang kemudian menjadikannya meraih penghargaan sebagai mahasiswa teladan Universitas Indonesia tahun 1985-1986. Kemudian setelah lulus dari Universitas Indonesia tahun 1987, Chairul Tanjung barulah benar-benar fokus untuk terjun dalam dunia bisnis. 
Awalnya beliau melakukan kerjasama dengan beberapa temannya untuk menjalankan bisnis ekspor sepatu, namun karena adanya hal-hal yang dirasa Chairul Tanjung tidak sesuai, maka beliau memutuskan untuk keluar dan membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Sampai saat ini kerajaan bisnis yang dimiliki Chairul Tanjung meliputi tiga bidang usaha, yaitu investasi, media dan sumber daya. Tak puas hanya berkiprah sebagai pengusaha saja, pada Juni 2014 beliau diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. 
Karir

Berkuliah di jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tidak menjadikan Chairul Tanjung takut untuk terjun di dunia bisnis. Insting bisnis yang kuat terbukti mampu menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Pasang surut dunia bisnis telah ia lalui, seperti saat beliau memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang telah ia bangun bersama temannya yang saat itu sedang dalam kondisi cukup baik dan mengharuskannya untuk berjuang memulai usaha dari nol lagi. 
Perlahan tapi pasti usaha yang dijalani Chairul Tanjung menunjukkan hasil positif. Setelah sukses dalam satu bidang usaha ternyata tidak menjadikan si Anak Singkong ini berpuas diri, justru ia merasa tertantang untuk mencoba peruntungan dibidang lain. Dan akhirnya saat ini beliau terkenal sebagai pengusaha yang sukses memimpin kerajaan bisnis investasi, bisnis media dan bisnis sumber daya.
Bisnis



Kerajaan bisnis yang dimiliki Chairul Tanjung tidaklah terbatas pada satu bidang usaha saja, namun beliau sukses merajai tiga bisnis yang kesemuanya merupakan produk unggulan dalam bidangnya dan merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.
1. Bisnis investasi
Bisnis Investasi yang dimiliki Chairul Tanjung adalah Mega Corpora yang memiliki 4 bidang usaha, yaitu :
Perbankan
a. PT Bank Mega Tbk
b. PT Bank Syariah Mega Indonesia
Asuransi
a. PT Asuransi Jiwa Mega Life
b. PT Asuransi Umum Mega
Pasar Modal
a. PT Mega Capital Indonesia
b. PT Mega Asset Management
c. PT Mega Capital Investama
Pembiayaan
a. PT Para Multifinance
b. PT Mega Auto Finance
c. PT Mega Central Finance
2. Bisnis media

Dalam bidang media, kerajaan bisnis milik Chairul Tanjung bernaung dibawah Trans Corp yang juga memiliki 5 jenis usaha, yaitu :
Trans Corpora Media
a. PT Televisi Transformasi Indonesia
b. PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh
c. PT Agranet Multicitra siberkom
d. PT Trans Sinema Pictures
e. PT Indonusa Telemedia
f. CNN Indonesia
PT Trans Lifestyle
a. PT Anta Express Tour and Travel Service Tbk
b. PT Trans Fashion
PT Trans Mahagaya Perdana
c. PT Trans F&B
PT Trans Coffee
PT Trans Ice
d. PT Metropolitan Retailmart
e. PT Trans Airways
f. PT Trans Rekan Media
g. PT Trans Entertainment
PT Trans Poperty
a. PT Batam Indah Investindo
b. PT Karya Data Mandiri
c. PT Mega Indah Propertindo
d. PT Para Bali Propertindo
e. PT Trans Studio
PT Trans Kalla Makassar
Trans Studio Resort Bandung
PT Trans Retail
a. PT Trans Retail Indonesia
PT Alfa Retailindo
PT Trans Network
a. PT Trans Network 
PT Transformasi Radio Indonesia 
3. Bisnis sumber daya

Dalam bidang usaha sumber daya terdapat beberapa perusahaan tambang yaitu :
a. PT Para Inti Energy
b. PT Para Energy Investindo
c. PT CT Argo
d. PT Kaltim CT Agro
e. PT Kalbar CT Agro
f. PT Kalteng CT Agro
g. PT Arah Tumata
h. PT Wahana Kutai Kencana       
Itulah kisah Chairul Tanjung, salah satu putra terbaik Indonesia. Semoga ulasan singkat ini dapat menginspirasi generasi muda Indonesia agar dapat terus berprestasi dan menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki sejuta potensi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *