6 Inovasi Bisnis Teknologi Jangka Panjang

Bisnis kecil akan berubah secara drastis dalam waktu 20-30 tahun. Akankah Anda siap? Di masa depan, usaha kecil akan merubah menjadi usaha yang besar. Siapakah penggerak utama untuk pergeseran ini. Salah satu hal yang telah diketahui hari ini adalah kemajuan teknologi. Bisnis teknologi ini akan menjadi bisnis yang mungkin menjanjikan bagi Anda. 

Beberapa hal, seperti jejaring sosial, telah mengguncang pandangan bisnis dan menciptakan segmen bisnis yang menyeluruh. Seperti pengenalan suara, telah berkembang lebih lambat daripada yang pernah orang harapkan. Sekitar 30 tahun ke depan dan seterusnya, tidak akan ada pertanyaan. Teknologi akan terus secara dramatis mengubah pemahaman dasar kita tentang bagaimana melakukan bisnis, mempekerjakan karyawan baru, dan bekerja dalam suasana kantor. Berikut adalah beberapa perubahan yang bisa kita harapkan pada tahun 2030 dan seterusnya.

1.    Bekerja jarak jauh

Teknologi akan mengantar kita pada zaman telekomunikasi yang luas. Ini lebih dari sekedar kemampuan untuk membuka jalan ke dalam beberapa daerah terpencil, dan lebih dari sekedar prevalensi aplikasi video konferensi seperti Skype di tempat kerja. Dalam 20-30 tahun ke depan, pekerja jarak jauh tidak akan berbeda dari seseorang yang di kantor. Kami akan “mengunjungi” kantor dengan hologram, berjalan di sekitar peternakan bilik, berinteraksi dengan karyawan, dan mengobrol tentang cuaca. Implikasi yang jelas adalah bahwa bangunan kantor itu sendiri mungkin tidak perlu ada sama sekali , itu mungkin dapat berupa hologram itu sendiri.

2.    Tidak menggunakan dolar Amerika

Beberapa dari Anda hanya memutar mata. Apakah mendapatkan uang merupakan tujuan utama dalam memulai dan menjalankan perusahaan?  Namun, mata uang alternatif seperti Bitcoin akhirnya mulai stabil. Sedangkan crypto currency tertentu mendapat semua perhatian masyarakat. Ada puluhan mata uang alternatif lain yang ada yang bisa naik popularitasnya suatu hari nanti.

Dalam 20-30 tahun ke depan, dolar AS bahkan mungkin tidak ada lagi. Bagaimana akan merubah bisnis Anda? Saya yakin kita akan melihat kenaikan barang yang diperdagangkan, tetapi kita bisa melihat model penentuan harga yang sama sekali berbeda dan mata uang yang berbeda pula. Salah satu contoh favorit yaitu sebuah pemasok dendeng kecil. Pemasok dendeng kecil pernah mengatakan kepada bahwa dia menjual produknya dengan premi yang tinggi, karena begitu banyak pelanggan di Eropa mempunyai Bitcoins disimpan jauh di stockpile.

Mereka membuat daging sapi dendeng bukan karena mereka memiliki cukup cadangan uang tunai untuk membuatnya atau menyukai dendeng tersebut, tetapi karena mereka ingin mendapatkan Bitcoins. Hal Itu membuat saya bertanya-tanya bagaimana uang seperti Bitcoin mungkin mengubah pasar bisnis di masa depan.

3.    Memiliki sebuah cloning

Memiliki cloning mungkin tampak konyol untuk zaman sekarang (ilegal di beberapa negara) tetapi ada indikasi yang jelas bahwa kloning manusia akan menjadi bagian normal dari bisnis di 20-30 tahun ke depan. Ini bukan hanya isu, tapi ini adalah fakta bahwa kloning hewan saat ini rutin dilakukan (sebuah perusahaan Cina mengkloning sekitar 500 babi per tahun) atau embrio manusia telah dikloning.

Dalam hal cloning memang menjadi soal persepsi publik. Kurun 30 tahun, memiliki kloning manusia mungkin akan diterima. Bisakah Anda mengkloning diri sendiri dan menginstruksikan seseorang untuk mengatur keuangan? Hal yang paling penting adalah pemerintah harus tampil dengan undang-undang baru (terutama yang berkaitan dengan pajak dan hak asasi manusia) dan praktek untuk mengatur bagaimana bisnis ini dapat beroperasi ketika ada satu atau lebih kloning yang terlibat. Ide-ide ini adalah skenario Blade Runner.


4.    Bekerja dalam mobil

Mobil-mobil itu akan memiliki empat roda dan mesin, tapi tidak akan ada roda kemudi, atau pbahkan dashboard. Mungkin ada tahun 2030, mobil otonom akan mulai memerintah jalan raya, setidaknya di Las Vegas. Google baru-baru ini mengungkapkan sebuah prototipe yang tampak mencurigakan seperti sesuatu Pixar yang mungkin dibuat. Secara kritis, mengemudi robot ini akan berdampak pada bisnis dengan cara yang luar biasa.

Kendaraan baru akan muncul yang tidak hanya mendorong Anda untuk bekerja, tetapi memberikan videoconferencing suite lengkap, area kerja, dan tempat untuk ruang dan pencarian Google (dengan suara Anda) untuk melakukan penelitian sebelum tiba di kantor. Transportasi pribadi ini mungkin akan dimiliki oleh bisnis itu sendiri. Akhirnya, tidak ada pembayaran mobil.

5.    Tidak ada komputer atau telepon

Sulit untuk membayangkan masa depan tanpa iPhone atau laptop Lenovo. Namun, semua tanda menunjuk ke masa depan di mana kita bergantung pada teknologi yang tersedia di sekitar kita, di rumah kita, di dalam mobil, dan di kantor. Kami akan berbicara perintah dasar seperti “membaca pesan saya yang paling penting” (hanya menonton film-nya untuk beberapa ide tentang bagaimana ini akan bekerja) dan meminta “komputer” untuk meneliti hukum pajak untuk pendirian pabrik farmasi baru.

Sensor, pengolahan, penyimpanan, layar, dan interface akan berada di sekitar kita, pada pintu, jendela, dan dinding, bukannya kita pegang atau di atas meja. Bisnis harus menyesuaikan dengan realita yang muncul ini. Komputer Anda tidak dapat melihat atau menyentuh, hal ini mungkin akan lebih sulit untuk mengelola, dan akan ada kebutuhan yang lebih besar untuk membuat data yang aman. Hal ini juga bisa membuka beberapa kategori bisnis baru yang menakjubkan.


6.    Memperkerjakan transhumant

Sebuah transhuman adalah seseorang yang merupakan manusia jenis baru  dalam lingkaran teknologi. Mungkin berpikir kloning adalah sesuatu yang terlalu dibuat-buat, tetapi transhumanisme juga akan mengubah bagaimana bisnis kecil berjalan. Dalam hal itu berarti manusia yang telah bergabung dengan teknologi dalam beberapa cara atau memiliki implan teknologi. Dengan begitu, Anda akan memperkerjakan gabungan antara manusia dan teknologi di perusahaan.

Enam hal di atas memang terlihat mustahil. Jika memang benar akan terjadi hal yang demikian tentunya sumber daya manusia akan dan terus ditingkatkan. Tiga puluh tahun bukankah bukan waktu yang lama? Lalu bagaimana dengan negara-negara yang berkembang. Maka persiapkan diri anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *