Cara Mudah Memelihara Jaringan Anda, Wajib dilakukan oleh Semua Pengusaha

Jaringan adalah relasi dan aset kita yang paling berharga. Kita harus benar-benar menjaganya. Relasi di sini bisa diartikan sangat luas, mulai dari karyawan, investor, partner, konsumen, supplier, distributor bahkan keluarga kita. Tiap orang membutuhkan perlakuan khusus dari kita. Kita tidak bisa menyamaratakan semua orang. Cara kita berhubungan dengan karyawan tentu berbeda dengan cara Anda berkomunikasi dengan keluarga.
Contoh jika Anda punya konveksi sleeping bag, mesin jahit rusak tinggal diperbaiki atau diganti yang baru. Tapi tidak semudah itu untuk penjahitnya. Jika dia keluar Anda harus mencari lagi yang baru, mentrainingnya, memberikan arahan, mengajarkan budaya perusahaan, menumbuhkan kepercayaan dan seterusnya. Itu bukan hal mudah. Begitu juga dengan supplier, distributor dan customer Anda.
Jika Anda kehilangan mereka, Anda harus berjuang dari nol lagi untuk mendapatkan yang baru. Sekali lagi percayalah, itu bukan hal yang mudah. Saat ini di jaman yang serba instan dan cepat ini orang ingin lebih dimanusiakan. Mereka tidak suka dengan aturan yang berbelit-belit dan kaku.
Hargai orang lain
Mereka ingin disapa dengan ramah, sopan santun dan friendly. Mereka ingin dianggap sebagai orang yang berharga bagi Anda, sekecil apapun perannya.
Anda sendiri tentu ingin dihargai orang kan? Mulai dari menghargai orang lain. Penghargaan paling mudah adalah dengan mengucapkan 3 kata ajaib di bawah ini
SORRY – Mohon Maaf
THANK YOU – Terima Kasih
PLEASE – Silahkan
Gunakan ketiga kata di atas dalam setiap kesempatan berkomunikasi dengan orang lain. Mereka akan merasa dihargai. Perintah keras dan kasar hanya akan berdampak buruk bagi Anda sendiri. Jika Anda santun dan menghargai semua orang, maka Anda juga akan dihargai.
Jangan Pernah Berdebat
Berdebat tidak akan menyelesaikan masalah. Banyak orang senang berdebat hanya karena mengejar kepuasan pribadi. Mereka merasa puas jika mereka berhasil memenangkan argument. Sebenarnya, misalnya Anda berdebat dengan pelanggan. Kalaupun Anda menang berdebat, sebenarnya Anda kalah karena sudah kehilangan pelanggan.
Tidak ada orang yang suka berdebat. Apalagi mengenai hal-hal yang prinsipal. Apa yang bisa Anda lakukan? Berdiskusi, diskusi adalah level terbaik dalam menyelesaikan masalah. Kita harus berusaha memahami pendapat dia dari sudut pandangnya.
Tiap orang memiliki pemahaman dan sudut pandangnya masing-masing. Tugas kita adalah mencoba memahami pendapatnya sebaik mungkin. Saling mengerti adalah kunci dalam menyelesaikan masalah. Orang tersebut akan merasa senang karena kita menghargai pendapatnya. Bahkan, jikapun Anda kalah dalam diskusi tersebut, Anda telah memenangkan hatinya.
Buat Group
Buat group di facebook atau blackberry. Pisahkan berdasarkan katagori.
Misal katagori Distributor, Agen Resmi, Reseller, Dropshiper, dan seterusnya.
Dengan membuat grup akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi atau menyebarkan informasi.
Jika Anda ingin update informasi mengenai sesuatu hal Anda tinggal mensharenya di grup Anda tersebut. Grup tersebut juga bisa menjadi sarana saling berbagi informasi, saran, tips, pengalaman, evaluasi dan sebagainya antar sesama anggota grup.
Melalui grup ini juga, hubungan yang lebih erat antar reseller dan distributor Anda bisa saling terbangun. Tapi ingat, Anda sudah harus punya sistem yang jelas aturan main para distributor dan reseller. Jadi mereka akan saling support untuk mengembangkan produk Anda. Bukan saling bersaing.

Buat Mereka Merasa Spesial
Buat tiap orang yang berhubungan dengan Anda merasa spesial. Berikan hadiah-hadiah kecil. Apresiasi pembelian dari mereka setulus mungkin. Tanyakan kabar mereka, keadaan Anak mereka dan sebagainya. Ucapkan selamat ulang tahun, selamat tahun baru, selamat idul fitri, selamat natal, dst. Buat hubungan Anda menjadi sepersonal mungkin dengan mereka. Buat mereka merasa nyaman dengan perusahaan Anda.
Jika ini Anda lakukan secara rutin. Anda akan segera merasakan dahsyatnya investasi Anda yang satu ini. 
Jadikan Mereka Sebagai Teman
Semua orang mendengarkan apa yang dikatakan oleh temannya. Hubungan pertemanan ini sungguh menyenangkan. Anda bisa berbicara secara terbuka dengan teman-teman Anda. Jadikan jaringan Anda sebagai teman yang akrab. Mereka pasti akan sangat menyukai Anda. Tentu untuk menjadi teman akrab terdapat step step yang perlu dilalui. Kita tidak bisa langsung akrab dengan semua orang. Pelajari karakter orang tersebut terlebih dahulu. Kemudian bergaulah sesuai dengan karakter tersebut. Mereka akan merasa nyaman Anda dekati.
Hubungan Jangka Panjang
Ini perlu Anda tanamkan di otak. Bahwa setiap hubungan yang terjadi bisa berlanjut sampai jangka panjang. Jangan pikir pelanggan yang membeli sekali dari Anda tidak akan pernah kembali lagi. Semuanya tergantung bagaimana cara kita memperlakukan mereka.
Kita harus bisa membuatnya terkesan dan puas dengan pelayanan kita. Jika mereka puas, bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi, bahkan bercerita mengenai bisnis Anda ke teman-temannya.
Tapi di lain sisi, jika Anda mengecewakan pelanggan. Mereka tidak akan pernah kembali lagi. Mereka juga akan menceritakan pengalaman buruk tersebut ke banyak orang. Dan itu sangat buruk bagi reputasi bisnis Anda.
Oleh karenanya, jagalah hubungan baik Anda dengan semua orang. Pertahankan pelayanan Anda ke siapapun yang Anda temui. Buat ini menjadi sebuah karakter yang wajib dilakukan. 
Selain itu, nilai-nilai pelayanan yang baik itu harus Anda ajarkan ke semua orang di perusahaan Anda. Tidak ada gunanya jika Anda berjuang keras memberikan pelayanan maksimal, tapi tim Anda menghancurkannya. Semua orang di dalam perusahaan harus memiliki mental yang sama dalam memperlakukan pelanggan.
Cara paling mudah adalah menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai peraturan. Peraturan tersebut wajib diikuti. Dan peraturan terpenting dan paling mendasar adalah mengenai karakter. Jika karakternya sudah benar maka kemampuannya akan meningkat juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *