Cara Efektif dan Simpel Untuk Menaikkan Alexa Ranking

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, terutama yang bergerak dalam bidang website dan blog, pasti sudah sangat familiar dengan istilah Alexa Ranking. Alexa Ranking adalah salah satu parameter terpopuler yang digunakan untuk menentukan ranking website atau blog Anda di dunia maya. Makin kecil rankingnya, makin bagus pula ranking website Anda di mata Alexa.
Tak hanya berfungsi sebagai parameter performa sebuah situs, Alexa Ranking juga digunakan sebagai titik ukur kesuksesan. Jika sudah berada di atas ranking 100.000, biasanya para advertiser akan mulai mengontak website Anda untuk memasang iklan produk mereka. Ketika Alexa Ranking sudah berada di atas 10.000, biasanya mereka justru akan berebutan untuk memperoleh slot iklan di blog atau website Anda, bahkan tidak segan-segan untuk membayar mahal.
Nah, bagaimanakah cara efektif untuk menaikkan Alexa Ranking? Berikut berbagai tips sederhana dari BisnisHack:
Update post sesering mungkin
Frekuensi Anda dalam mengupdate post sangat mempengaruhi Alexa Ranking. Usahakan untuk setidaknya satu kali mengupdate postingan, terutama jika situs yang Anda pasarkan berbentuk blog. Makin sering update, makin cepat pula Alexa Ranking yang Anda miliki melejit. 
Selain menaikkan Alexa Ranking, update berkala juga bisa membuat jumlah page website yang Anda miliki lebih banyak terindeks oleh Google. Pada akhirnya, aktivitas ini akan meningkatkan jumlah visitor, yang akan berpengaruh pada jumlah pemasukan website Anda secara keseluruhan.
Pasang Alexa Toolbar
Salah satu faktor besar lain yang menentukan tinggi rendahnya Alexa Ranking adalah Alexa Toolbar. Makin banyak pengunjung yang mendatangi situs Anda dengan Alexa Toolbar yang terinstall di browser mereka, makin cepat pula ranking melejit. 
Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menyarankan para pengunjung blog, terutama yang melakukan visit secara reguler, untuk menginstall Alexa Toolbar.
Perbanyak jumlah visitor
Visitor, tak dapat dielakkan, adalah faktor terpenting yang menentukan kesuksesan sebuah media online. Sebagus apapun konten yang disajikan, jika media online yang Anda miliki sepi visitor, maka hal itu tidak bisa dikatakan sukses. Makin banyak visitor, media yang kita miliki tidak hanya akan makin populer, namun juga berpeluang untuk lebih banyak mendapatkan penghasilan. Visitor bisa dikonversi menjadi nilai klik iklan, penjualan produk, maupun sumber-sumber pendapatan lainnya.
Tak hanya itu, makin banyak visitor blog Anda, makin cepat pula Alexa Ranking meningkat. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, peningkatan ranking akan lebih signifikan ketika para visitor tersebut menginstall Alexa Toolbar di browser mereka.
Perbanyak jumlah backlink
Backlink adalah jumlah link dari website ataupun blog lain yang mengarah ke situs yang Anda punyai. Bagi Anda yang memperdalam SEO atau Search Engine Optimization, istilah backlink ini tentu tidak menjadi sebuah hal yang asing. Hal ini karena backlink merupakan salah satu poin utama penentu ranking website di mata search engine.
Tak hanya dalam SEO, jumlah dan kualitas backlink yang Anda miliki juga berperan cukup signifikan dalam meningkatkan Alexa Rank. Tak hanya sekedar backlink, backlink yang bagus adalah yang memiliki kualitas tinggi, yang berasal dari situs berkualitas dengan reputasi yang bagus.
Percepat waktu load website 
Salah satu parameter yang muncul saat menginstall Alexa Toolbar adalah waktu loading sebuah website. Makin cepat waktu loadingnya, makin bagus pula reputasi website Anda di mata Alexa. Selain itu, para pengunjung juga akan merasa lebih nyaman saat melakukan browsing website tersebut, Ada sebuah teori yang mengatakan, jika sebuah website tidak terbuka dalam waktu tiga detik, secara otomatis visitor akan langsung meninggalkan website tersebut.
Untuk mempercepat waktu loading, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Antara lain adalah dengan mengcompress (memperkecil) gambar yang digunakan, menggunakan template blog yang ringan, dan tidak terlalu banyak memajang widget yang tidak penting.
Tulis artikel tentang Alexa
Tips ini memang masih merupakan mitos, namun dipercaya oleh banyak internet marketing guru. Mereka mengatakan, Alexa Ranking situs Anda akan lebih cepat naik jika Anda menulis artikel yang berhubungan dengan Alexa. Akan lebih baik lagi jika artikel tersebut juga memiliki link keluar yang mengarah ke situs Alexa.
Buat konten yang berkualitas
Terakhir, buatlah konten yang berkualitas. Tak hanya menerapkan berbagai strategi SEO, Anda juga harus memastikan bahwa konten di dalam situs memiliki kualitas yang bagus. Artikel yang dipublikasikan harus memberi manfaat bagi pembaca, menghibur, atau menambah informasi. Karena pentingnya nilai konten di mata search engine saat ini, banyak yang mengatakan bahwa content is king, atau konten adalah raja. Cepat atau lambat, website yang memiliki konten yang bagus dan dipublikasikan secara teratur akan mampu menjaring visitor dalam jumlah yang banyak.
Nah, itu tadi adalah beberapa tips untuk menaikkan Alexa Ranking dengan efektif dan simpel. Jika Anda melakukan semua hal ini secara konsisten, maka Alexa Ranking yang tinggi bukan merupakan hal sulit untuk dicapai. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *