Anda Pebisnis dan Suka Nge-Tweet? Tweetlah 5 Hal Ini!

Seiring dengan perkembang jejaring sosial dewasa ini, sejalan pula dengan perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkomunikasi. Perkembangan tersebut memunculkan istilah-istilah baru dan semakin menambah perbendaharaan kata Indonesia. Kata baru yang muncul dari fenomena ini adalah ‘kultwit’. 
Kultwit memiliki kepanjangan kulliah twitter. Mengapa dinamakan kuliah twitter? Ya karena memang isinya hampir seperti kuliah. Dalam satu kultwit, biasanya hanya membahas satu topik, namun panjang dan fokus. Untuk menandai topik tersebut, digunakan juga tanda pagar (hashtag). Tanda pagar yang berbeda menunjukkan pembahasan topik yang berbeda. 
Kultwit sering dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat atau seseorang yang memiliki posisi penting dan terbilang sukses. Salah satu contoh kultwit yaitu kultwit dari Ahmad Fuadi, penulis novel trilogi Negeri 5 Menara. Topik yang dibahas adalah #beasiswa. Dalam topik tersebut, dia membahas 100 jurus ampuh untuk mendapat beasiswa di luar negeri. Tertarik memberikan kultwit juga? Sebaiknya tulis mengenai hal-hal di bawah.

1. Tweet tentang nilai-nilai dan pelajaran dalam bisnis
Sebenarnya hampir semua orang sudah tahu apa manfaat berbisnis. Namun terkadang mereka masih ragu atau lupa terhadap nilai-nilai tersebut. Jika Anda dapat memberikan nasihat-nasihat secara langsung, tentu banyak yang akan memperhatikan twit-twit dari Anda. Sampaikanlah nilai bisnis tersebut dengan contoh nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Masih bingung karena topiknya terlalu luas? Banyak sekali nilai-nilai bisnis yang bisa dibagikan kepada teman-teman. Ada nilai kejujuran, kerja keras, pantang menyerah, menghargai orang lain, dan masih banyak lagi. Mulailah dari diri sendiri. Dari sekian banyak nilai, nilai mana yang paling dominan dan paling berpengaruh dalam kehidupan Anda. Misalkan, kerja keras merupakan nilai yang Anda tanamkan sejak dini. Maka dari itu berikan kulteit mengenai kerja keras.
Kultwit mengenai nilai dalam bisnis tidak membosankan jika disampaikan dengan jalan yang berbeda. Gunakan bahasa yang familiar dan tidak bertele-tele. Jumlah karakter yang digunakan dalam twitter cukup terbatas. Jadi sampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.
2. Tweet tentang sesama pebinis
Anda juga bisa memberikan tweet tentang sesama rekan Anda. Menyambung dengan topik di atas, mungkin tidak semua nilai bisnis terdapat dalam diri Anda. Adakalanya beberapa nilai dari bisnis yang tidak dimiliki. Misalkan dari sekian nilai di atas, sifat yang tidak dimiliki adalah mengenai tata kelola administrasi. Jika ingin membahas tentang tata kelola administrasi, lebih baik menggunakan contoh dari orang yang sudah berpengalaman.
Memberikan tweet tentang sesama pebisnis tentu ada batasannya. Tidak semudah jika menulis tweet tentang diri sendiri. Pertama, usahakan sudah meminta izin kepada orang yang bersangkutan. Tidak semua orang senang diberitakan meskipun pemberitaan itu baik. Kedua, tulislah yang baik-baik tentang rekan Anda. Siapa yang senang mendapat pemberitaan buruk di media? Tentu saja tidak ada. Tujuan memberikan kultwit adalah berbagi ifnormasi  berguna bukan yang tidak berguna.
3. Tweet tentang kegiatan bisnis Anda
Jika Anda seorang pebisnis sukses, tentu Anda sedikit banyak sudah memiliki penggemar. Tentu menarik berbagi kegiatan yang dilakukan kepada penggemar. Menarik juga bagi mereka untuk menyimak kegiatan Anda hari ini. Kesuksesan yang telah diraih mencerminkan usaha yang Anda lakukan melebihi rata-rata, sedikit lebih banyak dibanding orang lain.
Hal tersebut pastinya tercermin dalam kegiatan Anda sehari-hari. Apa yang dilakukan tidak mungkin sama dengan kebanyakan orang. Ceritakan bagaimana Anda bertemu siapa. Ceritakan usaha-usaha untuk memenangkan sebuah proyek. Ceritakan pula kegiatan kecil seperti yang dilakukan sebelum tidur atau yang pertama kali dilakukan ketika bangun tidur. Hal-hal tersebut menarik untuk diikuti oleh penggemar.
4. Tweet tentang bisnis yang sedang tren
Tidak ada salahnya menuliskan topik yang kini sedang menjadi tren. Informasi harus selalu up to date agar tidak keitinggalan zaman. Tentu Anda sering mendapat pertanyaan mengenai bisnis apa yang seharusnya dijalankan bagi seorang pebisnis pemula. Pertanyaan klasik yang berbeda penanya.
Daripada Anda membalas dan mennggapai stu erp satu, lebih baik rangkum jadi satu menjadi kultwit. Anda bisa memberikan berbagai macam jawaban kepada penanya dengan memberi hashtag #pebisnis pemula. Bisnis tersbeut bisa bisnis kecil-kecilan kelas rumahan, bisa juga bisnis dengan modal besar.
Atau, berikan jawaban mengenai bisnis yang sedang tren. Tidak masalah jika bisnis yang Anda jalankan sekarang bukan merupakan bisnis yang tren dan sangat berbeda haluan. Sebagai seorang pebisnis sukses, Anda dituntut untuk mengetahui banyak hal di bidang keuangan termasuk informasi terkini mengenai dunia bisnis. 
Agar bisa mengikuti perkembangan dunia informasi, mau tidak mau Anda harus banyak membaca. Anda bisa memberikan informasi tentang bisnis-bisnis yang sedang gencar di pasar serta sedikit analisis dengan kemampuan Anda. Misalnya membahas tentang program MMM (Manusia Menolong Manusia) yang memberikan keuntungan sebesar 30% dari modal awal.
5. Tweet tentang informasi peluang bisnis
Sebagai seorang pebisnis, satu hal yang sangat sering ditanyakan adalah peluang bisnis apakah yang paling banyak memberi keuntungan dan paling cepat pengembalian modalnya. Melalui kuliah twitter ini, Anda bisa memberikan penjelasan lebih panjang dan lebih detail. Selain itu, orang lain yang tidak bertanya bisa ikut menyimak juga. 
Berikan jawaban sederhana dan mudah dimengerti. Jangan menggunakan bahasa dan istilah sulit. Pengguna twitter tidak semuanya berasal dari kalangan pebisnis. Berikan pula jawaban yang mudah dicerna. Karena melalui twitter seorang pengguna bisa langsung berinteraksi dengan pengguna lainnya, maka berhati-hatilah dalam menyampaikan pendapat. Pengguna yang lain bisa saja langsung ‘menyerobot percakapan Anda’. Selain tidak mengenakkan, hal ini tentunya akan mencemarkan nama baik Anda.
Itulah tadi lima hal yang bisa dilakukan untuk berbagi melalui twitter. Hentikan menulis tweet yang tidak berguna. Mulailah dengan memberikan dan menjadi inspirasi bagi semua orang. Baik itu di jejaring sosial maupun di dunia nyata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *