8 Sarana Sebagai Media Promosi

Dalam menjalankan bisnis, tentu anda memiliki produk bisnis yang perlu diperkenalkan pada khalayak atau masyarakat luas. Ya, pengenalan produk bisnis anda baik barang ataupun jasa dapat dilakukan dengan melakukan promosi. Promosi adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk baik barang ataupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli hingga mengkonsumsi atau menggunakan produk bisnis kita.
Karena tujuannya adalah menarik perhatian masyarakat agar dapat mendongkrak penjualan produk, maka aktivitas promosi haruslah dilakukan dengan seunik dan sekreatif mungkin. Aktivitas promosi tentu akan lebih diminati apabila dilakukan dengan cara yang berbeda dan unik. Di luar itu, banyak sekali cara untuk melakukan promosi, baik secara langsung ataupun melalui suatu media perantara.
Beberapa media perantara yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk bisnis antara lain adalah media elektronik ataupun media cetak. Media yang selanjutnya kita sebut sebagai media promosi ini, setidaknya dapat menjadi patokan anda dalam mengemas cara anda untuk mempromosikan produk bisnis. Promosi produk bisnis melalui media televisi tentu berbeda caranya dengan mempromosikan produk bisnis melalui media cetak atau koran. Begitu juga halnya dengan cara mempromosikan produk bisnis melalui media internet. Semuanya tentu berbeda. Berbedanya karakteristik media promosi, tentu berbeda pula cara mempromosikan produk bisnis anda.
Pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan menjelaskan mengenai media-media yang dapat digunakan menjadi media promosi. Apa saja? Mari kita simak bersama-sama!
1. Televisi
Media televisi adalah media yang paling termasyhur di antara media-media lainnya. Hal ini dikarenakan media televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam bentuk audio (suara) dan visual (gambar). Perpaduan audio dan visual tersebutlah yang menjadikan seseorang lebih tertarik untuk menonton televisi dibandingkan dengan mengkonsumsi media-media lainnya. 
Penyampaian pesan melalui gambar gerak dan audio yang mendukung juga menjadikan pesan lebih mudah tersampaikan. Masyarakat pun akan lebih mudah mencerna pesan-pesan yang diterima melalui media televisi. Kekurangan dari mempromosikan produk bisnis anda melalui media televisi antara lain adalah harganya yang relatif mahal. Ya, beriklan di televisi paling tidak menghabiskan jumlah hingga ratusan juta pada setiap detiknya. Berminat?
2. Koran
Koran adalah salah satu media cetak yang masih digandrungi hingga saat ini, meskipun era elektronik telah menguasai pasar media. Namun hingga saat ini, koran masih diminati oleh sebagian besar masyarakat. Koran juga masih dinilai efektif sebagai media promosi suatu perusahaan dalam memasarkan produk bisnisnya. Hal ini dikarenakan ada segmentasi-segmentasi tertentu yang masih setia membaca koran meskipun dunia virtual terus melebarkan sayapnya.
Mempromosikan produk bisnis melalui koran dapat dikemas dengan cara beriklan pada iklan kolom baris, ataupun membuat suatu advertorial atau tulisan iklan. Advertorial dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk bisnis anda, karena selain bacaannya yang bermanfaat, tulisan anda dalam mengiklankan produk bisnis juga pasti dibaca oleh para penggemar koran.
3. Website
Majunya media internet membuat website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan produk bisnisnya. Melalui website, anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap dengan spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, anda bisa mengiklankan atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang khusus sebagai media promosi dari produk bisnis anda, ataupun website orang lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website orang lain sebagai media promosi, anda dapat mengemas promosi dalam bentuk iklan yang muncul di halaman website orang lain tersebut.
4. Majalah
Majalah merupakan salah satu media cetak yang juga masih digandrungi oleh kalangan-kalangan tertentu. Seperti yang kita ketahui, biasanya majalah memiliki berbagai macam segmentasi seperti remaja, ibu rumah tangga, wanita karir, bapak-bapak dan lain sebagainya. Dengan adanya segmentasi ini, anda dapat dengan mudah menentukan majalah mana yang paling tepat untuk mempromosikan produk bisnis anda hingga tepat sasaran. Sesuaikan segmentasi majalah dengan segmentasi produk bisnis anda. Beriklanlah melalui iklan advertorial ataupun iklan bergambar yang unik dan menarik pada majalah yang anda pilih.
5. Jejaring sosial
Maraknya media internet yang terus mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat mempromosikan barang atau jasa yang anda tawarkan melalui jejaring sosial kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya.
6. Spanduk
Mempromosikan produk bisnis anda agar lebih meluas dengan sasaran orang-orang yang melewati suatu jalan, adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk melakukan hal ini, anda dapat memilih media spanduk dalam mempromosikannya. Spoanduk dirasa cukup efektif dengan menempatkannya di jalan-jalan dengan radius setiap sekian kilometer. Hal ini akan menjadikan siapapun yang melewati jalan tersebut akan membaca spanduk anda dan mengenal produk bisnis yang anda tawarkan melalui pesan dalam spanduk tersebut.
7. Baliho / billboard
Baliho atau billboard adalah bentuk media promosi di jalan yang lebih besar dari spanduk. Namun, bila spanduk hanya menghabiskan biaya yang cukup efisien, pada baliho ternyata tidak. Untuk menyewa suatu baliho dalam waktu tahunan, jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini tentu menyesuaikan dengan bentuk, lokasi serta ukuran dari baliho yang tersedia. Ya, beriklan melalui baliho tentu memerlukan pertimbangan khusus, kecuali bagi produk bisnis yang segmentasinya besar dan meluas.
8. Brosur
Media promosi melalui brosur juga dirasa tepat bagi produk bisnis yang memiliki segmentasi tertentu. Anda dapat membagi-bagikan brosur ini pada wilayah orang-orang yang menjadi segmentasi dari produk anda. Brosur dirasa tepat karena cukup murah dan efisien. Arahkan orang yang diberikan brosur untuk membaca brosur yang diberikan. Dengan demikian, promosi anda melalui brosur pun akan berjalan dengan efektif.
Berikut adalah 8 media yang dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk bisnis. Tentu dalam menentukan media mana yang dipilih untuk mempromosikan produk bisnis, anda terlebih dahulu harus menentukan siapa segmentasi produk bisnis anda. Dari penetapan segmentasi tersebut, anda dapat menentukan media mana yang paling dekat dengan kalangan yang merupakan tujuan segmentasi pasar. Dengan demikian, produk bisnis yang dipromosikan akan jatuh tepat pada sasaran. Sudah bersiapkah untuk mempromosikan produk bisnis anda? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *