8 Pertanyaan Penting yang Bisa Membuat Pegawai Bahagia

Bertanya kepada karyawan dengan intensitas waktu yang sangat sedikit tidak akan membuat karyawan Anda merasa senang. Justru Anda akan terlihat seperti seorang pimpinan yang kurang memperhatikan karyawan Anda, lebih tepatnya mungkin kurang peduli. Kuncinya adalah Anda harus sering bertemu karyawan, mengontrol pekerjaan mereka secara langsung, dan menanyakan hal-hal yang kiranya dapat membuat meeka lebih produktif.
Apakah Anda sebagai seorang pimpinan sering sekali bertanya kepada karyawan Anda? Jika tidak, Anda telah melakukan kesalahan yang amat besar. Itu berarti Anda tidak memperhatikan karyawan Anda dengan baik. Jika Anda tidak mengetahuai apa yang dipikirkan dan diinginkan oleh karyawan Anda, tentunya itu akan menghambat kemajuan bisnis Anda.
Setiap perusahaan harus mempunyai kreatifitas untuk selalu membuat satu kemajuan dalam setiap harinya. Perasaan senang dan nyaman dari setiap karyawan Anda akan selalu mempengaruhi hal itu. Jika karyawan Anda merasa senang dan nyaman pasti pekerjaan yang dihasilkan akan baik. Tentunya akan menghasilkan keuntungan yang besar untuk perusahaan Anda.
Cobalah untuk lebih detail memperhatikan karyawan Anda. Buat mereka merasa senang. Kesalahan setiap perusahaan adalah biasanya mereka melakukan rapat hanya setiap akhir pekan atau akhir bulan, bahkan ada yang melakukan setiap akhir tahun. Bayangkan Anda melakukan hal tersebut, hanya setahun sekali Anda bertemu dan bertanya kepada karyawan Anda tentang pekerjaan mereka. Tentunya mereka bekerja setiap hari bukan setiap akhir tahun. Perasaan akan selalu berubah setiap harinya mengingat masalah selalu dihadapi setiap kali kita membuka mata. Masalah akan selalu terus muncul.
Ulasan kerja dalam setahun sekali sangatlah tidak cocok untuk dilakukan seseorang yang ingin maju dalam dunia bisnis. Apalagi dalam bisnis evaluasi selalu dibutuhkan mengingat persaingan selalu terjadi dan semakin ketat. Anda seharusnya memperhatikan hal ini. Strategi bisnis harus selalu diubah dan selalu mencoba hal baru jika Anda menemukan masalah yang dianggap sangat berat.
Demi kemajuan bisnis Anda, Anda harus meluangkan banyak waktu Anda untuk berbagi dengan karyawan-karyawan Anda. Lakukanlah pertemuan-pertemuan kecil untuk setiap divisi. Pertemuan bisa dilakukan setiap hari atau dua hari sekali setiap akan memulai pekerjaan dan diakhir pekerjaan. Hal ini akan lebih efektif, dan pertemuan ini tidak harus memerlukan waktu yang lama. Seperlunya saja, apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dibutuhkan.
Jika pertemuan-pertemuan kecil sudah Anda lakukan, maka Anda harus segera melakukan pertemuan besar dari seluruh divisi untuk evaluasi seluruhnya. Hal ini sangatlah membantu. Dalam melakukan hal ini tentunya Anda harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan mendasar untuk semua karyawan Anda. Dan diharapkan karyawan Anda tetap merasa nyaman dengan pertanyaan Anda, bahkan akan merasa senang.
Di bawah ini Bisnishack akan berbagi dengan Anda tentang bagaimana Anda sebagai pimpinan harus memberikan pertanyaan yang membuat karyawaan Anda merasa senang.
1. Apakah Divisi Anda Menemui Kesulitan?
Pertanyaan mendasar ini sangatlah berpengaruh untuk menumbuhkan rasa senang karyawan terhadap diri Anda. Mereka akan merasa terbantu dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Biasanya karyawan baru akan merasa takut bertanya jika mereka menemukan kesulitan. Dengan Anda bertanya mereka akan berfikir bahwa Anda adalah seorang pemimpin yang peduli.
2. Bagaimana Persiapan Untuk Hari Ini atau Besok?
Pertanyaan ini juga akan sangat berpengaruh kepada besarnya rasa senang karyawan Anda. Mereka akan berfikir bahwa Anda selalu membutuhkan mereka. Karyawan Anda akan berfikir bahwa Anda seorang pemimpin yang baik dan selalu menanti kedatangan mereka dan kesiapan mereka. Ini adalah hal yang baik untuk Anda lakukan.
3. Sebutkan Satu Hal yang Harus Dihilangkan Agar Anda Menjadi Lebih Produktif?
Ini sama halnya Anda menanyakan masalah serius yang sedang karyawan Anda tentang perusahaan Anda. Hal ini harus Anda lakukan karena dapat mengurangi tingkat kesetresan karyawan Anda. Lebih baiknya Anda menanyakan ini kepada semua karyawan Anda dan mengumpulkan semua jawaban, lalu buatlah daftar masalah mereka. Setelah itu maka segera lakukan apa yang harus Anda lakukan. Hilangkan satu hal atau masalah yang dirasakan oleh kebanyakan karyawan Anda.
4. Apakah Manajemen disini Sangat Transparan?
Pertanyaan ini tidak perlu Anda tanyakan kepada semua karyawan Anda. Cukup beberapa saja untuk menghindari berita-berita yang kurang baik. Jika Anda telalu banyak bertanya kepada semua karyawan, ditakutkan ada kesan bahwa manajemen dalam perusahaan Anda berjalan kurang baik. Akan tetapi pentingnya pertanyaan ini adalah Anda dapat megetahui pikiran karyawan Anda tentang transparansi dari perusahaan Anda. Hal ini juga bermanfaat untuk karyawan karena dengan mereka menjawab pertanyaan Anda, mereka akan merasa lega jika mereka menemukan satu masalah tentang transparansi manajemen.
5. Apakah Anda Cocok Dengan Menu Makan Siang Disini?
Sangat perlu Anda tanyakan karena tidak semua karyawan Anda suka dengan masakan yang dimasak oleh tukang masak dalam kantor Anda. Selera makan setiap orang berbeda-beda. Ada sebuah anggapan bahwa makanan dapat menumbuhkan rasa senang dan semangat seseorang dalam bekerja. Jadi kita dapat membuat perubahan daftar menu makan siang dengan mempertimbangkan jawaban dari karyawan Anda demi terciptanya suasana yang kondusif saat bekerja.
6. Apa Pendapat Anda Dengan Kepemimpinan Disini?
Setiap karyawan mempunyai cara yang berbeda dalam menilai suatu kepemimpinan. Mereka mempunyai masing-masing pikiran tentang kepemimpinan dalam sebuah perusahaan. Anda pastinya harus menanyakan hal ini kepada karyawan Anda. Karena bisa jadi karyawan Anda kurang setuju dengan gaya kepemimpinan Anda. Tentunya Anda harus bisa menerima apapun yang dikatakan karyawan Anda dan selalu mengucapkan terimakasih diakhir jawaban karyawan Anda. Dengan seperti ini karyawan Anda akan merasa nyaman dan tenang.
7. Apakah Anda Nyaman Kerja Disini?
Setiap orang mempunyai tingkat kenyamanan yang berbeda. Anda tidak bisa melihat kenyamanan karyawan Anda hanya dengan mata saja. Akan tetapi Anda harus bertanya kepada mereka. Setelah Karyawan Anda mengungkapkan apa yang mereka rasakan, segeralah memberi solusi. Hal itu akan membuat karyawan Anda merasa senang.
8. Dapatkah Anda Menuliskan Hal Apa Saja yang Anda Punyai Untuk Memajukan Perusahaan Ini?
Dengan Anda bertanya hal seperti ini, karyawan Anda bernar-benar berfikiran bahwa membutuhkan masukan dan ide-ide dari mereka. Hal ini sangatlah jarang dilakukan oleh seorang pimpinan. Maka jika ingin tetap eksis dalam dunia bisnis. Bertanyalah, berintrospeksilah, dan buat karyawan Anda merasa mereka sangat dibutuhkan. Maka karyawan Anda akan merasa bahagia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *