8 Kuliner Terbaik di Bogor

Kuliner dari berbagai daerah memang sangat berbeda-beda tergantung dari tempat asal kuliner tersebut. Banyak kuliner yang terdapat di berbagai daerah terutama di daerah Indonesia. Di Indonesia memiliki banyak kuliner yang bermacam-macam sesuai dengan daerah masing-masing. Mulai dari daerah Sabang hingga Merauke jelas semuanya memiliki kuliner khas tersendiri.

Begitupun di hampir setiap daerah serta kota yang terdapat di Indonesia juga masing-masing memiliki makanan serta berbagai kuliner khas tersendiri. Ada banyak kuliner khas yang sangat beraneka ragam serta bervariasi di Indonesia hingga sampai ke kancah kota. Di Indonesia, kota juga memiliki berbagai kuliner khas yang sangat membedakan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain di seluruh wilayah Indonesia.

Misalnya di kota Bogor. Kota ini memiliki beragam kuliner yang sangat berbeda dari yang lain serta kulinernya sangat beragam baik mulai dari kuliner yang rendah hingga kuliner yang sangat dikenal baik di seluruh daerah Indonesia maupun di sekitarnya. Berbagai kuliner di kota Bogor ini sangat banyak diminati oleh orang-orang yang mengunjungi kota Bogor ataupun masyarakat di dalamnya. Berikut merupakan kuliner-kuliner di kota Bogor antara lain:

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan salah satu makanan khas dari kota Bogor yang terletak di Jalan Binamarga Bogor. Makanan ini adalah salah satu makanan lokal yang sangat diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Bogor. Asinan Bogor ini disajikan dengan kuah yang asam dan lebih nikmat jika disantap dengan kerupuk kuning serta kacang goreng. Asinan Bogor ini dikelola oleh Ibu Yenny yang merupakan warga asli dari kota Bogor.

2. Es Sekoteng Boper

Mungkin sudah banyak yang mengenal serta sudah banyak yang tahu dengan kuliner ini. Es Sekoteng Bogor ini merupakan salah satu minuman yang sangat khas dari kota Bogor yang juga menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat. Saat Anda mengunjungi daerah Bogor, maka jangan sampai melewatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Kuliner ini sering dikenal dengan sebutan Boper. Boper singkatan dari Bogor Permai dimana jajanan ini berada di daerah Bogor Permai. Di tempat ini, Anda akan disuguhi hidangan Sekoteng dalam bentuk es yang terbuat dari campuran kelapa muda, sekoteng serta alpukat. Sangat nikmat apabila dipadukan dengan serutan es, gula cair serta susu kental yang manis.

3. Sate Sumsun dan Ginjal Pak Oo

Kuliner khas ini berasal dari daerah Bogor tepatnya di Jalan Surya Kencana Nomor 193 Bogor dimana pengelola kuliner ini lebih dikenal dengan sebutan Pak Oo. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas dari kota Bogor dengan menyajikan sate yang tergolong sate unik, yaitu sate sumsum dan ginjal sapi. Sate ini dibuat serta dihidangkan sebagaimana sate-sate lainnya yaitu dengan menggunakan tusuk yang pemasakannya dengan cara dipanggang.

Kuliner ini merupakan salah satu kuliner yang terunik di daerah Bogor, Jawa Barat. Banyak para masyarakat Bogor yang menjadikan kuliner ini sebagai kuliner favorit mereka dengan berbagai tempat mereka datang. Jika Anda tertarik untuk mencicipi kuliner ini maka Anda dapat langsung datang ke Bogor serta dapat langsung menanyakan kepada pemiliknya asal ide dari pembuatan kuliner unik ini.

4. Cungkring

Cungkring merupakan salah satu makanan khas dari daerah Bogor yang berada di Jalan Gang Aut. Kuliner ini menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Bogor. Makanan ini terbuat dari kikil dan kepala kambing, yang disajikan dengan kuah dan sambal kacang. Cungkring ini sangat nikmat jika disantap dengan lontong.

Kuliner ini sangat mudah untuk didapatkan. Jika Anda tertarik untuk mencicipi makanan ini maka dapat langsung datang ke daerah Bogor tepatnya di Jalan Gang Aut. Banyak sekali hal-hal unik yang dapat dipetik dari kuliner-kuliner khas daerah Bogor. Bagi orang Bogor tentunya ini menjadi hal yang biasa namun bagi orang luar menjadi hal yang perlu dilestarikan. Untuk itu, menjadi warga ataupun masyarakat Bogor harus bangga akan kuliner yang unik-unik.

5. Toge Goreng

Makanan ini terdengar sangat asing karena mustahil jika Toge di goreng dan dijadikan sebagai makanan kuliner. Namun untuk daerah Bogor hal ini justru menjadi makanan yang khas untuk daerah ini. Bahkan Toge Goreng menjadi salah satu makanan kuliner wisata ketika ada orang ataupun turis luar negeri yang datang ke daerah Bogor ini.

Walaupun nama aslinya dari Toge Goreng, namun makanan ini berbahan dasar Toge yang bukan digoreng melainkan dengan direbus dan dicelupkan ke dalam air. Proses pembuatannya tergolong unik serta sangat lezat jika disantap dengan ketupat dan mie kuning. Toge Goreng ini merupakan jenis kuliner yang sangat diminati oleh para penunjung Kota Bogor. Hampir semua restoran yang terdapat di daerah Bogor menyediakan Toge Goreng.



6. Bakso Gulung Bragi

Ini merupakan salah satu makanan khas daerah Bogor yang berupa bakso. Makanan khas ini berada di Jalan Palyu, Bantarjati, kota Bogor. Makanan ini berbahan dasar Bakso yang berbentuk lonjong. Rasanya sangat nikmat dan dengan daging yang kenyal di mulut serta bakso tersebut dihidangkan dengan cara digulung dengan kembang tahu yang sangat enak serta dapat menambah citra rasa Bakso yang sangat khas.

7. Pizza Kayu Bakar

Pizza kayu bakar merupakan salah satu makanan khas daerah Bogor yang terletak di Jalan Pangrango No. 21 Kota Bogor. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh sejumlah orang Bogor penggemar pizza. Ini adalah masakan sekaligus makanan pizza yang asli datang dari Indonesaia dengan ala masakan khas Indonesia.

Pizza Kayu bakar merupakan pizza yang dibuat dengan dipanggang di atas tungku dengan lelehan keju di atasnya. Lelehan ini yang membuat lidah bergoyang serta tidak sabar untuk sebera menyantapnya. Pizza ini tersedia di Kedai Kita tepatnya berlokasi di Jalan Pengrango No. 21 Kota Bogor. Saat di akhir pekan, kota Bogor kerap dikunjungi banyak pengunjung yang ingin menikmati pizza Bogor ini. Pizza Kayu Bakar ini juga merupakan salah satu wisata kuliner khas dari kota Bogor.

8. Es Pala

Es Pala merupakan salah satu makanan khas daerah Bogor yang berada di Jalan Suryakencana tepatnya di Gang Aut. Kuliner ini merupakan kuliner yang sangat diminati oleh para masyarakat Bogor karena kelezatannya. Es Pala ini disajikan dengan gula serta potongan pala tipis-tipis yang menambah kekhasnya kuliner ini. Es ini sangat cocok di lidah serta sangat enak jika dimakan saat siang. Selain di daerah sekitar Jalan Suryeencana, es ini juga dapat ditemukan di restiran de’Leuit yang berada di lokasi Jalan Pakuan Bogor.

Demikian sekilas informasi mengenai kuliner di daerah Bogor Jawa Barat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *