10 Cara Memilih Obat Herbal yang Tepat

Saat ini telah banyak ditemukan obat herbal baik yang dikemas dalam bentuk kapsul ataupun sejenisnya. Obat herbal ini berasal dari bahan-bahan alami tanpa mengandung bahan kimia sedikitpun. Banyak obat herbal yang sekarang beredar di masyarakat baik dalam bentuk penawaran ataupun yang berkembang di media sosial. Obat herbal sering ditawarkan dalam jumlah yang relatif sedikit karena memang produksinya tidak banyak serta membutuhkan waktu yang lama untuk memproduksinya.

Banyak para pelanggan obat herbal yang sudah menggunakan khasiatnya yang manjur serta dapat dipertanggungjawabkan. Namun ada juga obat herbal yang hanya dalam produk yang palsu atau hanya sebagai ajang penipuan. Obat-obat seperti ini dijual secara ilegal tanpa memiliki izin dari pamerintah yang berwenang. Mereka yang memperdagangkan produk palsu seperti ini biasanya hanya untuk memperoleh keuntungan saja tanpa memperhatikan pembeli yang rugi membeli produk yang ditawarkannya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan saat akan memilih serta membeli produk herbal supaya terhindar dari penipuan. Produk yang ilegal sebenarnya memiliki ciri-ciri khusus yang dapat diamati secara jelas jika orang yang akan membeli benar-benar mengamatinya. Selain itu, produk yang tidak jelas siapa pembuatnya ini juga selain merugikan pembeli juga sangat berbahaya bila dikonsumsi karena tidak ada jaminan aman dari penjual produk. Berikut merupakan cara dalam memilih obat herbal supaya terhindar dari penipuan:

Pilih obat herbal kemasan yang sudah berlabel izin dari POM

Obat herbal yang tidak palsu serta terjamin keamanannya adalah obat herbal yang sudah memiliki label izin dari POM atau dari pihak yang berwenang dalam penanganan produksi misalnya MUI atau badan yang lain. Dengan demikian maka sudah tidak takut lagi ingin membeli atau mengkonsumsi karena jelas telah ada pertanggungjawaban keamanannya.

Obat herbal yang sperti ini biasanya juga banyak terjual di apotek terdekat. Untuk lebih meyakinkan produk yang dibeli dengan distributor penawaran maka sebaiknya dicek di apotek terlebih dahulu. Jika obat tersebut tidak ditemukan di apotek jelas sangat memungkinkan bahwa obat tersebut ilegal serta izin dalam kemasan adalah izin yang palsu.

Kenali penyakit yang diderita

Sebelum membeli obat herbal untuk penyembuhan maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengenali penyakit yang diderita terlebih dahulu. Dengan mengenali penyakit maka akan mudah untuk menentukan jenis obat yang dicari tanpa khawatir akan terkena tipuan. Selain itu, dapat menentukan obat yang paling cocok serta paling aman untuk dikonsumsi sehingga obat saat masuk ke dalam tubuh, maka reaksinya akan aman tanpa ada bahaya sedikitpun.

Pastikan komposisi bahan obat herbal bagus

Hal selanjutnya supaya terhindar dari penipuan obat herbal adalah memastikan komposisi bahan obat herbal yang akan dikonsumsi. Perhatikan bahwa bahan-bahan tersebut benar-benar ada. Untuk lebih julasnya maka dapat dicek di internet tentang istilah-istilah yang digunakan dalam bahan pembuatan obat herbal tersebut yang sekiranya tidak diketahui. Hal ini untuk memastikan apakah aman bahan-bahan untuk pembuatan obat yang akan dikonsumsi.

Jika terdapat bahan yang benar-benar Anda tidak tahu serta merasa asing atau merasa bahan tersebut berbahaya ketika mendapat informasi dari internet, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi obat herbal tersebut demi keamanan serta kesehatan. Hal ini berarti distributor yang menjual obat herbal tersebut merupakan ajang penipuan semata. Anda perlu was-was terhadap gerak-gerik distributor ketika Anda membaca komposisi bahan. Jika distributor kelihatan berbeda saat ada yang membaca seputar komposisinya berarti memang obat tersebut hanya sebagai ajang penipuan semata.

Cek masa kadaluarsa

Langkah selanjutnya yang dapat diamati adalah mengecek masa kadaluarsa atau tanggal kadaluarsa. Jika tidak terdapat tanggal kadaluarsa di dalam kemasan atau tidak tertera tanggal kadaluarsa maka sebaiknya jangan dibeli karena tidak tahu kapan masa kadaluarsa. Bisa jadi obat herbal yang ditawarkan sudah kadaluarsa atau memang tidak mengenal istilah kadaluarsa yang ini jelas sangat membahayakan.

Jangan memilih produk dengan kemasan yang sudah rusak

Sebelum membeli produk herbal, pasikan bahwa produk yang ingin dibeli memuliki kemasan yang masih utuh atau setidaknya masih rapat. Hal ini julas produk tersebut belum tersentuh atau kontak dengan tangan secara langsung namun jika semua kemasan yang ditawarkan sangat mencurigakan atau memang sangat tidak memungkinkan untuk dikonsumsi maka produk herbal tersebut jangan dibeli. Dengan ini maka akan meminimalisasi terjadinya penipuan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Beli di tempat yang telah terdaftar atau direkomendasikan

Biasanya produk herbal yang sudah diizinkan oleh pihak yang berwenang tersebut akan dijual di tempat-tempat tertentu dan sudah banyak yang menjualnya termasuk di apotek. Setidaknya apotek sudah menyediakan karena ini jelas produk sangat aman dan bukan lagi sebagai ajang penipuan. Biasakan membeli produk herbal yang sudah terdaftar di tempat-tempat tertentu atau yang sudah direkomendasikan. Dengan demikian, maka keamanan akan lebih terjaga serta lebih bertanggung jawab.

Teliti sebelum membeli

Sebelum membeli produk herbal eceran sebaiknya hal yang perlu diperhatikan adalah meneliti produk terkebih dahulu baik meneliti tempat produksinya, kemasannya, waktu produksinya serta waktu kadaluarsa serta hal-hal yang penting untuk menghindari penipuan serta lebih aman untuk dibeli tanpa mengandung risiko yang besar. Dengan meneliti berbagai macam hal-hal penting serta sudah yakin bahwa produk tersebut aman maka dapat Anda konsumsi. Namun jika produk masih meragukan maka sebaiknya jangan dikonsumsi demi keamanan.

Hindari obat herbal yang dijual murah

Sangat mustahil bila obat herbal dijual dengan sangat murah karena pembuatan obat herbal selain susah juga membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga rata-rata harga obat herbal sangat mahal. Jika ada orang yang menawarkan obat herbal dengan harga yang murah maka ini perlu dicurigai serta sudah pasti produk yang ditawarkan illegal serta belum mempunyai izin dari pihak yang berwenang. Atau kemungkinan produk yang dijual adalah produk yang kadaluarsa serta penjual hanya menginginkan keuntungan yang akan didapatkan saja.

Konsultasi kepada para ahli obat herbal atau dokter

Jika Anda mendapatkan keraguan saat memilih atau mengkonsumsi obat herbal maka sebaiknya konsultasi kepada dokter yang ahli di bidang obat herbal. Hal ini dilakukan karena untuk memastikan obat herbal yang dikonsumsi benar-benar aman atau bahkan sangat membahayakan tubuh jika dikonsumsi.

Perhatikan peringatan efek samping dari obat herbal yang dituju

Setelah semuanya diperhatikan, maka hal yang penting yang harus diperhatikan juga adalah efek samping dari obat yang dikonsumsi. Carilah obat herbal yang sekiranya tidak mempunyai efek samping yang merugikan. Biasanya efek samping ini sering juga menyebabkan tubuh semakin menyusut kesehatannya.

Demikian sekilas uraian tentang cara memilih obat herbal supaya terhindar dari penipuan. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimaksih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *