8 Bisnis Yang Bisa Dibuka Dirumah

Siapa yang tidak ingin mempunyai bisnis sendiri. Apalagi bisnis yang dijalankan di rumah sendiri. Jika anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak, pasti sangat repot antara membagi waktu bekerja dan bersama keluarga. Apalagi jika anda seorang ibu rumah tangga yang ingin membantu suami mencari penghasilan tambahan. Atau anda seorang mahasiswa yang ingin mencoba mandiri dan bisa membantu orang tua membiayai uang kuliah dan menambah uang jajan. 
Ditambah lagi jika libur panjang tiba dan anda bingung harus melakukan apa di rumah. Jadikan hari anda produktif dan efisien. Tidak perlu harus memilih bisnis yang besar. Mulailah dari yang kecil, karena yang kecil mudah untuk dilakukan dan ditangani. Berikut delapan bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Berikut ulasannya.
a. Laundry
Modal bisnis laundry tidak banyak. Hanya membutuhkan mesin cuci, mesin pengering, setrika dan lainnya. Hanya tinggal menunggu pelanggan datang untuk meminta jasa anda. Walaupun bisnis laundry merupakan bisnis kecil, anda juga harus kreatif dalam memasarkannya. Misal laundry anda menerima pesanan, antar selama daerahnya masih bisa dijangkau, setiap pelanggan yang sudah mencuci 10 kali maka akan mendapatkan gratis laundry 3 kg, dan lainnya. 
Perbanyak pula variasi aroma parfum. Meski bisnis laundry sekarang sudah menjamur dimana-dimana, jadikan hal itu sebagai sebuah tantangan. Zaman sekarang banyak orang yang malas mecuci sendiri bukan karena mereka tidak mau tetapi tidak ada waktu untuk melakukannya. Anda bisa melakukan promosi dengan tetangga sekitar terlebih dahulu. Untuk pembukaan pertama, perkerjakan satu orang dahulu. Jika sudah berhasil, barulah menambah pegawai.
b. Katering
Katering adalah bisnis yang menjanjikan. Soal makan memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari katering kecil dengan menerima pesanan kue untuk ibu-ibu arisan dan pengajian hingga partai besar seperti acara pernikahan. Banyak orang yang lebih suka memesan katering daripada memasak sendiri karena dinilai lebih praktis. Tidak mengeluarkan tenaga dan waktu. Katering biasanya dibutuhkan saat acara pernikahan, pesta ulang tahun, syukuran, rapat dan lain sebagainya. Rajin-rajinlah berpromosi dengan teman, saudara, tetangga dan memasang iklan di media sosial.
c. Les privat
Les privat sangat efektif bagi anda yang masih kuliah atau sedang skripsi. Pekerjaan satu ini biasa dilakukan ketika sore dan jadwalnya pun menyesuaikan dengan jadwal kuliah. Les privat anak SD lebih diminati. Jam belajarnya juga tidak lama, les privat hanya membutuhkan satu hingga dua jam mengajar. Para murid bisa datang sendiri ke tempat anda. 
Tentunya ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya membutuhkan meja dan buku panduan untuk belajar. Untuk meja, bisa menggunakan yang sudah ada di rumah. Anda bisa menaruh murid-murid pada ruang tamu atau ruang kosong yang bisa dimanfaatkan. Tidak perlu ruangan yang luas. Saat ada pertanyaan yang tidak bisa mereka jawab dan anda juga tidak tahu, jawaban tersebut bisa dicari di internet.
d. Isi pulsa
Isi pulsa bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bisa membuka konter di rumah. Biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak. Anda hanya perlu teliti, sabar dan cermat. Pada awalnya nanti pasti banyak yang akan berhutang. Rajin-rajinlah menagihnya meski dia teman sendiri. Bedakan antara bisnis dan teman. 
Bisnis isi ulang pulsa mudah dilakukan karena pembeli sendiri yang akan mencari penjual. Saat ada orang yang membutuhkan pasti mereka akan mencari anda.  Mereka hanya perlu SMS ke nomor anda. Anda bisa berjualan dengan santai, bahkan saat pergi pun masih bisa berjualan. Bisnis ini efektif dilakukan untuk ibu rumah tangga dan mahasiswa.  
e. Pengetikan
Bisnis ini memanfaatkan penggunaa komputer atau laptop secara efektif. Bisnis pengetikan juga bisa dilakukan dimana-mana. Anda bisa menerima jasa pengetikan laporan, tugas dan lainnya. Terutama untuk mereka anak SMP dan SMA yang tidak mempunyai fasilitas komputer. Anda hanya tinggal meminta materi dari mereka dan bertanya mana saja yang akan diketik. 
Anda bisa mematok harga ketikan per lembar. Promosi bisa dilakukan lewat tetangga, teman dan media sosial. Jika perlu bergabunglah ke grup media sosial sekolah-sekolah dan beriklan di sana. Natinya pasti banyak yang membutuhkan jasa ini. Bisnis ini  bisa dikerjakan disela-sela jadwal kuliah dan hari libur. Jangan lupa untuk memberi tarif saat beriklan. 
f. Pembuatan tempe
Tempe, siapa yang tidak suka dengan tempe? Lauk satu ini mempunyai protein yang tinggi dan harganya terjangkau. Proses pembuatan tempe juga tidak susah. Anda hanya perlu membeli kacang kedelai ditempat pengepul. Proses memasaknya tidak lama, hanya perlu waktu sehari hingga pada proses membungkusnya. Sedangkan untuk menunggu kedelai berubah menjadi tempe butuh waktu dua hari. Pembuatannya tidak membutuhkan ruangan yang luas. 
Cara pemasarannya bisa dilakukan dengan menitipkan di warung dekat rumah dan pasar-pasar atau mebuka warung sendiri di rumah. Tapi ingat saat proses pembuangan limbah sebaiknya lakukan dengan benar agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Anda hanya membutuhkan satu hingga dua karyawan saja.  
g. Warung makan
Semua orang pasti membutuhkan makan. Bisnis rumah makan jika berhasil juga menjanjikan. Bisnis ini memiliki untung yang lumayan sebagai bisnis rumahan. Anda bisa mengatur waktu dengan mudah. Teras rumah bisa disulap menajadi rumah makan. Anda bisa membuka warung makan pada pagi hari dengan menjual makanan untuk sarapan pagi. 
Bisa juga membuka warung dari pagi hingga malam. Atau warung makan yang buka pada malam saja. Cukup dengan satu hingga dua karyawan, anda bisa menjalankan bisnis ini. Tentunya dengan rasa dan kualitas yang baik. Pelanggan yang lidahnya sesuai dengan warung anda pasti akan kembali lagi untuk makan di tempat anda. Pastikan juga kebersihan pada warung tersebut. 
h. Isi gallon
Zaman sekarang orang lebih suka membeli air galon karena lebih praktis daripada harus memasak dahulu. Hanya tinggal memesan dan air galon pun datang ke rumah-rumah pelanggan. Isi galon ini adalah usaha yang ringan. Anda bisa membuka isi ulang air galon atau meminta stok dari distribusi resmi. Pelanggan tinggal mendatangi toko atau menghubungi anda untuk layanan pesan antar. 
Bisnis ini bisa ditunggu sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Anda tidak perlu mempuyai karyawan karena bisa melakukannya sendiri. Sangat mudah dan tidak merepotkan. Yang terpenting rajin untuk menekuni bisnis ini walaupun bisnis ini kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *