7 Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif Dalam Berbisnis

Berbisnis adalah hal yang mengasyikkan. Banyaknya hal yang dipelajari dalam berbisnis, tentu memikirkan adanya pola pemikiran yang positif bagi siapapun yang menjalaninya. Pikiran yang positif, tentu akan menghasilkan sesuatu yang positif pula. Termasuk diantaranya adalah menghadapi kendala – kendala yang menerpa bisnis anda.
 
Konsisten dalam mengembangkan pola pikir positif dalam menjalankan bisnis, seringkali sulit dilakukan. Terkadang, pikiran negatif seringkali mengacaukan pikiran anda untuk menyikapi apapun yang terjadi dalam bisnis anda. Kali ini, bisnishack.com akan memberikan sedikit tips untuk mengembangkan pola pikir yang positif dalam menjalankan bisnis. Berikut ulasannya.

 
1.    Biasakan untuk selalu bersyukur
Bersyukur adalah salah satu cara untuk membentuk sikap dan pikiran yang positif pada diri anda. Termasuk dalam menjalankan bisnis, anda pun harus menerapkan rasa yang senantiasa mensyukuri atas apa yang didapatkan. Bisa jadi, pikiran yang negatif adalah pikiran yang berasal dari obsesi untuk meghasilkan sesuatu dengan ekspetasi yang tinggi dari bisnis anda.

Terlalu padatnya pikiran untuk mencapai obsesi itu, menjadikan anda tentu merasa dihantui oleh target – target yang mengepung pikiran sendiri, sehingga menyebabkan pikiran – pikiran negatif pada diri sendiri pun muncul. Untuk mengantisipasi hal ini, tanamkanlah jiwa bersyukur pada diri anda. Syukurilah apa yang dimiliki saat ini, begitu juga dengan berbagai hal yang telah dilewati sebelumnya. Pastikan bahwa anda merasa diberkahi oleh Tuhan, dan anda akan dengan mudah membentuk pikiran negatif dalam pikiran dan diri sendiri.


 
2.    Ingatlah bahwa banyak orang yang tidak seberuntung anda
Salah satu wujud bersyukur yang paling sederhana, antara lain dengan mengingat, menyadari dan meresapi jiwa anda sendiri bahwa di sekeliling anda, cukup banyak orang – orang yang nasibnya tidak seberuntung anda. Prinsip pikiran seperti ini juga dapat diterapkan ketika menghadapi kegagalan dalam bisnis. Sederhana saja, anda bisa melihat orang –orang di sekitar, di jalanan, di pasar, atau dimana saja. Banyak di antara mereka yang tidak bisa berbisnis ataupun tidak bisa membangun usaha bisnis. 
Entah karena tidak memiliki sejumlah modal untuk membangun bisnis, tidak memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya, setidaknya dapat membuat merasa lebih beruntung dan wajib mensyukurinya pada Tuhan yang Maha Esa. Dengan menyadari bahwa banyak orang yang nasibnya tidak seberuntung anda dalam menjalankan hidup, anda pun akan senantiasa bersyukur dan membangun pikiran positif dalam diri sendiri.

3.    Ucapkan pikiran positif berulang – ulang

Pikiran negatif terkadang memang membelenggu pikiran positif  dan dapat mengacaukan langkah – langkah dalam membangun bisnis. Untuk menghadapi hal ini, jadikanlah diri sendiri dapat membuang pikiran negatif tersebut sejauh mungkin. Salah satu cara agar pikiran positif dapat senantiasa terbangun dalam diri sendiri, adalah dengan cara mengucapkan pikiran positif yang ingin dibangun. Bila merasa pesimis atas bisnis yang dijalani, katakanlah “Saya pasti bisa!” atau “Saya tidak akan menyerah.”. Dengan kata – kata penyemangat tersebut, setidaknya dapat membangun pikiran positif pada diri anda dalam menjalankan bisnis.

4.    Kembangkan sikap optimis pada diri sendiri

Dalam menjalankan bisnis, anda memang harus selalu bersikap optimis. Mengingat bahwa berbisnis erat kaitannya dengan keberanian memutuskan sesuatu, keberanian mengambil resiko, keberanian untuk memberikan yang berbeda dari hal – hal yang ada pada umumnya, maka sifat optimis harus senantiasa dikembangkan dalam diri anda.

Yakinlah bahwa anda dapat mencapai target – target bisnis yang telah ditetapkan dengan bijak. Jadikanlah bahwa diri anda dapat selalu memberikan yang terbaik dan menjadi yang lebih baik dari sebelumnya dalam menjalankan langkah – langkah bisnis. Sikap optimis pasti akan membawa anda menuju pikiran positif yang selanjutnya akan memudahkan dalam menjalankan bisnis.

5.    Tiap kali ada pikiran negatif yang mendekat, segeralah antisipasi secepatnya

Munculnya pikiran negatif baik sebagai reaksi akan suatu hal yang menghampiri bisnis, rasanya cukup wajar bila ditemui. Namun yang terpenting adalah, bagaimana mengatur pikiran anda untuk menjauhkannya dari pikiran – pikiran yang negatif yang memiliki kemungkinan bersarang di benak. Bila pikiran negatif tidak segera dijauhkan dari pikiran anda, khawatir pikiran tersebut akan menghambat langkah – langkah dalam menjalankan bisnis.
   
Bila pikiran negatif telah menghampiri anda, segeralah antisipasi secepatnya untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut. Lakukan hal – hal yang membuat bahagia sehingga dapat kembali menumbuhkan rasa semangat dan sikap positif atas apapun yang menghambat bisnis. Pastikan bahwa anda dapat mengenali diri sendiri, sehingga anda dengan mudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengusir jauh – jauh pikiran negatif yang bersarang di benak.


6.    Lakukan hal yang membuat senang dan semangat setiap pikiran negatif menghampiri
Salah satu cara yang dinilai cukup efektif dalam membuang pikiran negatif dari diri anda, adalah melakukan hal – hal yang sekiranya dapat membuat merasa senang. Melakukan hal – hal yang membahagiakan diri setidaknya dapat mengurangi beban pikiran dalam mengerjakan sesuatu. Bahagiakanlah diri melalui kegiatan tersebut, sehingga dapat menumbuhkan semangat melalui kegiatan tersebut. Ketika pikiran kita bahagia, maka semangat yang ada dalam diri kita pun turut meningkat.

Hal ini mungkin juga berlaku bagi anda dalam menjalankan bisnis. Lakukan apapun yang menjadikan anda bahagia, untuk memicu semangat dan menumbuhkan pikiran yang positif dalam menjalankan bisnis. Melakukan hobi, berlibur, atau sekedar menikmati waktu luang dengan duduk santai adalah beberapa contoh yang dapat dilakukan untuk mengusir pikiran negatif yang menghampiri.

7.    Konsultasikan bisnis dengan orang yang ahli

Bila pikiran negatif tak kunjung juga pergi setelah melakukan berbagai hal yang sekiranya telah membahagiakan diri sendiri, ada kalanya harus mengkonsultasikan bisnis dengan konsultan atau orang yang ahli di dalamnya. Hal ini bermula karena anda terlalu berat dalam memikirkan bisnis, namun kurang bisa mengidentifikasi kendala apa saja yang sedang terjadi di dalamnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, anda perlu membagi pikiran untuk dipecahkan masalahnya bersama – sama, salah satunya mungkin selain dengan rekan kerja, tetapi juga dengan konsultan ataupun orang yang ahli dalam menangani bisnis. Berbagi cerita yang dialami untuk merumuskan jalan keluarnya bersama – sama, setidaknya dapat membantu meringankan beban pikiran. Selain itu, anda pun akan mendapat suntikan semangat dan dukungan dari orang lain untuk selalu optimis dalam menjalankan bisnsi.


 
Tujuh tips di atas adalah tips untuk mengembangkan pola berpikir positif dalam berbisnis. Ada suatu kutipan yang menyebutkan bahwa masa depan adalah apa yang dibayangkan dari masa lalu. Jika di masa lalu berisi bayangan mengenai hal-hal negatif, maka masa depan adalah wujud dari pikiran negatif tersebut. Agar hal ini tidak terjadi, mulailah untuk berpikir positif setiap saat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *