6 Tips Memulai Bisnis Pakaian

Mungkin Anda sedang mengalami kegundahan hati karena ingin membuka bisnis pakaian yang baik dan benar, namun belum mengetahui apa saja hal penting yang harus diperhatikan dalam proses menuju kesana. Anda harus membaca dahulu 6 hal berikut dalam membuka bisnis pakaian.

Ciptakan markas pribadi

Ketika akan membuka sebuah usaha, yang harus dimiliki adalah pengalaman dan kemampuan mengekspresikan kreasi. Dalam hal ini, jika ingin membuka sebuah industri dalam konveksi atau garmen, Anda bisa memulai dengan membuat sendiri “markas” untuk berkreasi yang nantinya akan membantu Anda dalam menciptakan model dan bentuk baru dalam dunia fashion.

Namun, saat membuka awal sebuah usaha yang bergelut di bidang pakaian, lakukan dengan menciptakan dan membuat pakaian yang banyak digunakan oleh orang-orang dalam kesehariannya, seperti seragam sekolah, pakaian wanita yang trendy, gamis, dan kaos yang biasa dikenakan pria.

Dalam pembuatan pakaian tersebut, Anda bisa memberdayakan beberapa penjahit untuk membantu merintis usaha baru. Kemudian menjualnya pada pedagang eceran atau bisa dimungkinkan untuk menyetok ke semua pedagang di daerah sekitar Anda yang sekiranya berpotensi.

Jalin kerjasama

Jika Anda tidak bisa memulai sendiri usaha baru sendiri, bisa dicari alternatif dengan mencari pihak-pihak yang dapat diajak untuk bekerjasama. Hal tersebut dapat membuat Anda tidak merasa bekerja sendiri dan memiliki partner dalam berkarya. Jika sedang merintis sebuah usaha baru, yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya adalah dengan mencari tahu dan belajar kepada mereka yang sudah lebih dahulu berkecimpung di dunia tersebut.

Dengan tambahan ilmu dan pengalaman yang mereka miliki, akan lebih mudah untuk menyelami jenis usaha yang ingin Anda pilih untuk kembangkan. Kerjasama yang baik adalah yang dapat memberi keuntungan untuk kedua belah pihak. Ingat selalu untuk terus memperhatikan hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh keduanya, karena partner kerja Anda adalah mereka yang akan membantu setiap kesulitan yang dialami dalam merintis sebuah usaha.

Kerjasama ini bisa Anda lakukan dengan vendor pakaian yang besar, yang sudah memiliki nama, yaitu dengan sebuah kesepakatan yang membuat Anda dapat terlibat dalam proses yang ada di perusahaan tersebut. Selain itu Anda harus menjaga hubungan yang baik dengan mereka sehingga kerjasama akan tetap berjalan baik.

Buka toko

Tentu saja jika kita ingin membuka sebuah usaha pada akhirnya akan menjualnya. Penjualan yang baik memang membutuhkan proses untuk berkembang. Jika Anda menginginkan barang dagangan Anda laku dan terus meningkat, bisa membuka toko yang unik untuk bisnis pakaian yang dibuat dan diinginkan.

Misalnya saja, jika ingin menjual pakaian khusus seragam sekolah, sediakan semua jenis seragam sekolah yang ada di daerah Anda, mulai dari seragam TK, SD, SMP, SMA dengan pemasaran yang unik misalnya dengan mengenakan pakaian seragam pada semua pegawai tokonya.

Jika Anda memiliki paket lengkap dalam ketersediaan barang yang dibutuhkan masyarakat, walaupun mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar, toko Anda akan dikenal sebagai salah satu penyedia seragam yang akan dicari dan dituju di kota dan daerah Anda.

Sediakan barang berkualitas

Sekarang ini kehidupan masyarakat terutama yang hidup di perkotaan sudah terkontaminasi dan terafiliasi dengan kebudayaan dan gaya hidup yang selalu harus mengikuti tren. Masyarakat selalu menginginkan tampil beda, fashionable, up to date dan tampak meyakinkan. Hal-hal tersebut dapat ditunjang dengan pakaian yang berkualitas yang harganya biasanya tidak murah.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisnis yang Anda rintis dengan berjualan pakaian yang berkualitas ekspor yang dirancang dengan model dan desain yang tidak pasaran, kemudian diaplikasikan pada kain yang berkualitas baik, nyaman di kulit, serta dijahit oleh penjahit profesional. Dengan perpaduan harga yang tidak mahal, dan hasilnya yang akan terlihat bagus, orang akan lebih tertarik membeli pakaian dari toko Anda.

Sablon dan bordir

Kain yang telah Anda jahit, walaupun memiliki bentuk dan model yang tidak biasa, namun akan lebih menambah nilai jual jika Anda padukan dengan desain dengan alat cetak sablon dan bordir. Anda bisa menambahkan alat bordir dan cetak sablon ini dalam merintis bisnis pakaian. Wanita yang suka mengenakan pakaian modis dan berkelas lebih memilih pakaian yang cenderung memiliki sedikit aksen dan hiasan bordir sederhana namun yang berkelas.

Hal tersebut bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat aksen yang berkelas dan berkualitas. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan merekrut desainer grafis yang akan menciptakan desain dan gambar yang dapat diaplikasikan pada hasil pakaian yang  Anda buat nantinya.

Desain untuk cetak sablon yang banyak diminati biasanya yang bertemakan abstrak dan tidak beraturan. Desain ini diminati karena keluasan dalam berkreasi yang diciptakan desainernya. Dengan menjual pakaian yang memiliki kreasi dan fantasi yang luas, pakaian yang Anda jual juga akan mendapat tempat karena kualitas dan kreasi yang ditawarkan.

Buat website

Hal penting yang harus Anda ingat sebagai pebisnis pemula adalah pemasaran. Anda akan dapat menjual banyak barang dan mendapat keuntungan yang tak sedikit jika pemasaran berjalan dengan baik. Satu hal yang harus diingat, Anda perlu mengidentifikasi obyek yang akan dituju untuk produk dagangan Anda.

Buatlah semacam bagan yang akan menunjukkan bagaimana produk Anda dapat diterima oleh masyarakat yang seperti apa dengan cara yang bagaimana sehingga nantinya bisa terus berkembang dan sesuai dengan target yang diinginkan. Website menjadi satu jalan efektif yang bisa diambil karena sekarang ini orang-orang lebih menyukai segala hal yang berbau online dan instan.

Anda bisa memasarkan pakaian Anda dengan membuat website sendiri yang berisikan proses serta contoh produk yang telah dibuat, desain apa saja yang ditawarkan, serta bisa juga dicantumkan jasa pemesanan desain dan pakaian yang diinginkan. Hal tersebut  akan terlihat mudah dan mengundang orang-orang semakin tertarik membeli pakaian yang ditawarkan.

Memulai sebuah bisnis, apalagi yang menyangkut pakaian akan terlihat mudah dan menyenangkan dijalani jika mengetahui cara, tips, dan trik dalam menjalankannya. Hal yang selalu harus diingat adalah jangan pernah mengabaikan kualitas dan pelanggan. Kualitas ini akan menjadi ciri khas produk Anda, sedangkan pelanggan akan selalu setia dengan produk jika Anda tetap mempertahankan kualitas. Selamat berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *