6 Hal Harus Siap Sebelum Bisnis Rias Pengantin

Bisnis rias pengantin! Ya, bisnis ini terdengar sepele, namun keberadaannya dirasa sangat penting untuk kelangsungan sebuah acara-acara penting dalam hidup seseorang. Pernikahan dan wisuda adalah beberapa contohnya. Berbeda dengan bisnis lainnya, menjalankan bisnis rias pengantin tentu memiliki strategi dan tantangan tersendiri dalam pelaksanaannya. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis rias pengantin? Berikut beberapa hal yang dirasa penting bagi anda dalam membangun bisnis rias pengantin yang telah dirangkum oleh bisnishack.com. Mau tau? Mari kita simak bersama-sama!
1. Selalu ikuti tren tata rias pengantin
Dalam menjalankan bisnis rias pengantin, tentu anda menjual kualitas dari riasan pada wajah seseorang. Kualitas riasan tersebut dapat dinilai dari bagus atau tidaknya selera dalam ‘melukis’ imajinasi pada wajah klien. Untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan selera riasan, anda harus dapat mengikuti tren tata rias pengantin yang sedang berkembang pada saat ini. 
Mengikuti tren tata rias yang sedang berkembang, dapat diperoleh dari buku, majalah-majalah fashion, ataupun media internet yang dapat dicari referensinya mengikuti keinginan anda. Yang jelas, anda memperbanyak referensi-referensi untuk mendapatkan masukan dan dasar kreativitas untuk mengembangkan karakter pada wajah yang akan anda rias.   
2. Siapkan tata rias yang lengkap
Dalam memulai bisnis rias pengantin, anda juga perlu menyiapkan perlengkapan tata rias yang lengkap. Anda perlu menyadari bahwa perlengkapan tata riaslah yang menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis ini. Perlengkapan tata rias yang lengkap menjadi ‘alat perang’ dalam mencari pundi-pundi uang melalui bisnis tata rias pengantin.
Lengkapi dan perbaharuilah perlengkapan tata rias selengkap mungkin, mulai dari pensil alis, bedak tabor, foundation, mascara, eye shadow, dan lain-lain. Sediakanlah perlengkapan tata rias selengkap-lengkapnya, bahkan untuk perlengkapan tata rias yang tidak dimiliki oleh orang-orang biasa. Anda sebagai pelaku bisnis di bidang tata rias, tentunya harus memiliki perlengkapan make up yang jauh lebih lengkap secara mendetail daripada orang-orang yang hanya sekedar menjalankan hobinya untuk bermain make up. Semakin lengkap perlengkapan tata rias, semakin besar pula kesempatan untuk berkreasi di wajah klien-klien anda, serta semakin meningkat pula kualitas tata rias yang akan dibuat.
3. Gunakan produk rias yang berkualitas tinggi
Seperti yang kita ketahui, bahwa di pasaran tersedia banyak sekali macam produk rias yang beredar, mulai dari yang berkualitas rendah, berkualitas sedang hingga berkualitas tinggi sekalipun. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen serta kualitas yang ditawarkan dari produk bisnis anda, anda pun harus meningkatkan pula kualitas produk rias yang anda gunakan. Memang, harga jual dari jasa rias tentu akan menjadi mahal, mengingat harga beli produk rias berkualitas tinggi juga mahal di pasaran. Namun, hal ini tidak akan merugikan, dibandingkan harus menawarkan make up dengan kualitas rendah pada konsumen-konsumen. Dan yang lebih fatal lagi, make up tersebut dapat membahayakan wajah klien-klien anda karena make up yang digunakan berkualitas rendah.
4. Tambahkan koleksi busana pengantin yang terbaru
Selain perlengkapan make up yang perlu diperhatikan kualitasnya, anda juga perlu memperhatikan mengenai koleksi busana pengantin yang akan disediakan. Seperti yang kita ketahui, menjalankan bisnis tata rias pengantin biasanya satu paket dengan penyewaan baju atau busana pengantin maupun busana pesta. Adanya paket seperti ini merupakan pemanfaatan peluang yang didapat di pasaran. Untuk memaksimalkan keduanya, yaitu tata rias dan koleksi busana, anda juga perlu memperhatikan busana-busana pengantin yang menjadi koleksi anda. Sediakan banyak pilihan dan dalam jumlah yang banyak, agar klien anda dapat lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan. 
Untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, juga perlu mengikuti tren busana pengantin yang sedang in pada saat ini. Anda perlu secara rutin memperbaharui koleksi busana pengantin yang cukup mewakili satu musim model tertentu. Ya, dengan banyaknya pilihan busana pengantin yang terbaru, klien-klien anda akan bersemangat untuk memilih usaha anda sebagai usaha jasa utama yang dipilih dibandingkan dengan usaha jasa rias pengantin yang lain yang menjadi kompetritor anda.
5. Carilah karyawan yang paham akan tata rias
Seperti yang kita ketahui bahwa menjalankan bisnis tata  rias pengantin tidak dapat dilakukan oleh seorang diri, apalagi bila ramai pesanan serta banyaknya jumlah orang yang harus dirias dalam satu waktu tertentu. Untuk itu, anda perlu mencari karyawan khusus untuk membantu dalam menjalankan bisnis ini. Karena bisnis anda berbentuk jasa yang memanfaatkan keahlian tata rias wajah, anda pun tidak dapat mencari karyawan secara sembarangan. Anda harus mencari karyawan yang benar-benar memahami dunia make up dan tata rias wajah. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi penurunan kualitas pada jasa tata rias wajah yang ditawarkan.
Untuk merekrut karyawan yang memang benar-benar memahami tata rias wajah dan make up, anda dapat mencarinya melalui rekomendasi dari salon-salon kenalan anda, ataupun merekrutnya melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari jurusan tata busana ataupun tata rias wajah. Orang-orang yang memiliki hobi di bidang make up juga dapat dipekerjakan pada bisnis yang ditawarkan ini.
6. Rutinlah berlatih merias untuk mengembangkan kreatifitas
Karena bisnis yang dijalankan bergerak di bidang jasa, maka bukan hal yang tak mungkin apabila harus rajin melatih kemampuan atau skill untuk melakukan jasa tersebut. Begitu juga dnegan bisnis jasa tata rias. Meskipun langkah-langkahnya selalu sama, ada baiknya anda harus selalu melatih diri untuk merias wajah seseorang dan melakukan eksperimen serta inovasi-inovasi baru di dalamnya. Anda bisa melakukan eksperimen dan inovasi tersebut dengan berlandaskan pada referensi-referensi make up yang digunakan seperti dari internet, buku ataupun majalah tata rias atau fashion. 

Dengan mencoba melakukan hal-hal baru pada setiap momen latihan anda merias wajah, anda dapat mengembangkan kreatifitas dalam menata riasan wajah seseorang dengan berbagai macam jenis dan model. Semakin banyak jenis dan model tata  rias wajah yang ditawarkan, tentu semakin pesat pula perkembangan bisnis tata rias anda nantinya. Menarik bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *