6 Cara Promosikan Usaha Anda

Punya usaha baru dan ingin mendapatkan banyak pelanggan atau menginginkan produk usaha Anda menjadi bahan pembicaraan oleh target pemasaran, itu bisa didapatkan dengan cara mempromosikan usaha pada sasaran yang tepat melalui media yang tepat dan waktu yang tepat. Karena sebuah promosi tidak hanya harus terlihat menarik dan bagus namun juga harus tepat sesuai dengan kebutuhan.
Jika memiliki usaha yang dibangun sendirian, Anda bisa mendapatkan tips dengan cara membaca dan mencari refrensi dalam bentuk promosi yang tepat dari usaha-usaha yang sudah berhasil mempromosikan produk keluarannya. Namun terkadang sebuah promosi tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang karena terkesan ketinggalan zaman. Orang jadi ikut membeli produk tersebut karena ada temannya yang sudah lebih dahulu membeli. Tentunya kalau begitu waktu dan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk sebuah promosi akan menjadi sia-sia.
Promosi tidak harus terlihat, memerlukan dana besar apalagi sampai sebuah promosi yang merupakan tahapan awal bisa membebani usaha Anda kedepannya. Hal itu jelas sangat tidak di anjurkan karena yang terpenting dalam sebuah promosi adalah menarik perhatian orang yang melihat dan membuat mereka penasaran. Ketika itu terjadi orang akan datang dan melihat produk Anda, mereka tidak akan datang sendirian, mereka kemungkinan besar pasti akan membawa teman. Berikut cara promosi sederhana yang tepat yaitu:
1. Media sosial
Internet sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat dalam era modern saat ini. Banyaknya pengguna internet bisa dijadikan sebagai media promosi produk. Caranya adalah dengan membuat sebuah media sosial, disana Anda bisa menampilkan semua foto produk namun jangan lupa foto yang ditampilkan harus memiliki kesan yang menarik sehingga menarik mata calon pembeli.
2. Bagikan produk 
Bagikanlah produk usaha Anda secara Cuma-cuma namun dengan ketentuan agar tidak merugi. Misalkan menjual produk pakaian wanita, lihat target pemasaran produk ada didalam wanita dengan tipe apa. Jika produk ditujukan untuk wanita karir, Anda bisa memberikan produk secara gratis kepada beberapa kerabat yang merupakan wanita karir dan mintalah mereka memakainya saat bekerja. Dengan begitu bisa saja ada orang yang tertarik karena melihat produk secara langsung.
3. Mudahnya bertransaksi
Pembeli tentunya sangat menginginkan cara yang praktis untuk bertransaksi dalam membeli sesuatu. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan memberikan cara transaksi yang menarik, misalkan memberikan gratisan ongkos kirim dan selalu menggunakan jasa pengiriman pelayanan satu malam sehingga pembeli tidak harus menunggu telalu lama, ini bisa sangat berguna untuk usaha online shop. 
Kemudian diskon atau potongan harga adalah hal yang sangat menarik di telinga pembeli, jadi usahakan Anda mencantumkan diskon untuk produk pada kelas harga tertentu terutama yang berharga cukup mahal. Beli satu gratis satu, siapa sih yang tidak tertarik dengan hal ini, semua orang tentunya pasti akan langsung melihat kepada produk yang di promosikan dengan tulisan beli satu gratis satu.
4. Pernak-pernik
Pernak-pernik yang berhubungan dengan produk dagangan bisa dijadikan sebagai media promosi. Saat ada seseorang yang membeli produk, Anda bisa memberikan mereka sebuah hadiah kecil berupa pernak-pernik, misalkan stiker yang menarik sehingga bisa saja pelanggan akan menempelkannya di tempat-tempat yang bisa di lihat oleh orang banyak, contohnya kaca mobil.
5. Jalin komunikasi  
Komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah hubungan, begitu pun pentingnya komunikasi dalam membangun hubungan dengan para pelanggan Anda. Jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka karena itu bukan merupakan hal yang sulit saat ini, Anda bisa menggunakan media sosial seperti twitter, facebook dan lain-lain. Pastikan para pelanggan selalu mendapatkan informasi terkini tentang produk dari tipe dan varian hingga harga.
Selain itu komunikasi ini penting agar para pelanggan tau betul tentang jam operasional toko Anda buka dan kapan toko libur, sehingga tidak akan ada pengunjung yang merasa kecewa karena menemukan toko yang sedang tutup saat mereka datang. Komunikasi juga bisa menjadi jalan untuk bertukar pikiran dengan para pelanggan agar bisa menciptakan inovasi yang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu juga bisa dijadikan ajang kritik dan saran tentang produk yang anda hadirkan. Hal ini akan membantu dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.
6. Perlombaan bagi para pelanggan setia
Perlombaan bagi para pelanggan yang setia bisa diwujudkan dengan membuat sebuah kelompok membership. Setiap pelanggan bisa bergabung dengan kelompok ini dan akan mendapatkan keuntungan sendiri, misalkan salah satunya adalah mendapatkan diskon khusus. Gunakanlah para membership sebagai peserta lomba yang akan diselenggarakan untuk tujuan promosi.
Contoh perlombaan menarik yang di lakukan bersama dengan para membership adalah sebuah perlombaan foto, trend foto saat ini adalah foto selfie. Buatlah sebuah kontes foto selfie dengan menggunakan produk usaha Anda, kemudian hadiah yang di terima bagi pemenang adalah menjadi model untuk produk baru keluaran anda yang akan segera datang. Bayangkan dengan cara ini Anda bahkan tidak harus mengeluarkan biaya apapun untuk seorang model.
Tidak hanya itu Anda juga bisa membuat sebuah perlombaan yang sangat memungkinkan membuat sebuah iklan menarik dengan gratis. Anda bisa membuat perlombaan sebuah kontes video iklan bagi para membership dengan hadiah akan mendapatkan produk keluaran terbaru yang akan segera datang secara Cuma-cuma.

Coba bayangkan dengan itu sudah bisa mendapatkan setumpuk video iklan yang menarik, walaupun harus memberikan produk terbaru dengan Cuma-Cuma, namun itu bukanlah sebuah kerugian karena selain mendapatkan pembuatan iklan gratis, Anda tidak harus berpikir keras untuk menyiapkan sebuah konsep iklan yang menarik.

Semua hal diatas bisa menjadi sangat menguntungkan bagi anda yang perlu di ingat adalah pelanggan bukan hanya seorang pembeli yang mendatangkan keuntungan, namun juga bisa dijadikan seorang teman yang bisa ikut serta membantu membangun usaha anda kedepannya. Pelanggan mungkin merupakan seorang raja dan harus mendapatkan pelayanan terbaik tetapi bukan tidak mungkin jika mereka juga bisa menjadi keluarga usaha anda. 
Demikian artikel tentang tips mempromosikan produk Anda. Semoga dari uraian artikel  inspirasi bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *