5 Tips Memulai Bisnis Mainan

Berbicara tentang mainan anak memang tidak ada habinsya. Meski mereka sudah memiliki puluhan mainan namun tetap saja keinginan untuk memiliki mainan lain tidak bisa dibendung. Oleh karena itu, bisnis mainan merupakan bisnis yang mempunyai masa depan yang cerah. Ditambah lagi jumlah anak-anak di Indonesia diperkirakan akan terus bertambah. Berikut tips memulai bisnis mainan.

1. Stok mainan yang bervariatif
Lengkapi toko Anda dengan koleksi mainan yang lengkap. Semakin lengkap mainan yang tersedia maka akan semakin banyak pula pelanggan yang datang. Bekerja-samalah dengan distributor yang menawarkan harga rendah namun berkualitas. Koleksi mainan yang lucu dan unik. Mulai dari maianan anak perempuan maupun laki-laki dan mainan khusus bayi.
Alangkah lebih baik jika menyediakan mainan tradisional Indonesia. Hal ini untuk memperkenalkan pada anak-anak zaman sekarang tentang mainan dari warisan nenek moyang kita. Anda bisa menyetor mainan dari penjual mainan tradisional yang masih ada. Hitung-hitung Anda juga membantu mereka agar mata pencahariannya tidak hilang, sekaligus melestarikan budaya tradisional kita. Mungkin anak-anak zaman sekarang tidak tahu namun melalui orang tua, mereka bisa tahu. Atau bahkan orang zaman dulu yang teringat masa kecilnya ketika melihat mainan tradisional bisa bercerita dan memperkenalkannya.
2. Mainan yang mendidik dan menarik
Mainan yang edukatif bisa menjadi ajang bermain sambil belajar untuk anak-anak. Jadi waktu main mereka tidak terbuang begitu saja. Bermain namun juga bermanfaaat. Zaman sekrang banyak mainan yang dibuat untuk sarana belajar yang dikemas secara menarik. Mainan juga bisa merangsang otak untuk berfikir logika dan kreatifitas. Mainan semacam ini laris di pasaran terutama untuk sekolah-sekolah sebagai sarana pembelajaran. Jadi tidak hanya menjual mainan anak-anak yang biasa saja. 
Berbobot, berkualitas dan bermanfaat seperti itulah gambarannya. Sediakan yang seperti itu sebaiknya periksa terlebih dahulu mainan tersebut. Apakah bermanfaat atau hanya biasa saja. Satu hal yang perlu diketahui cari mainan yang tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan manusia. Mungkin dampaknya tidak akan terlihat pada awalnya. Namun akan menimbulkan efek di kemudian hari. Memang sulit untuk menentukannya atau membedakan, sebaiknya Anda banyak membaca mengenai hal ini. 

Hati-hati dengan produk luar negeri seperti buatan China karena produk ini banyak mengandung bahan berbahaya. Meskipun harganya murah dan terjangkau tetap harus waspada. Lebih baik mencari para pengusaha lokal mainan anak-anak yang tentunya aman dan edukatif. Selain itu para pengusaha lokal juga mendapat tempat untuk pemasaran secara luas. Utamakan produk dalam negeri daripada luar negeri. Agar mainan Indonesia tidak lagi dibanjiri oleh produk luar negeri. Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dengan bermain, otak mereka akan terasah dengan baik. Tidak ada yang sebaik imajinasi anak-anak. Memang seperti itulah dunia anak-anak, hanya bermain dan bermain.   
3. Ikuti perkembangan mainan anak-anak
Penting sekali mengikuti trend mainan anak-anak. Terus perbarui dalam menyediakan mainan. Biasanya jika sedang musim salah satu mainan, banyak pembeli yang mencarinya. Namanya juga anak-anak rasa ingin memiliki mainan yang sama sudah wajar. Jika ada produk baru yang diluncurkan segera pilih untuk menjadi koleksi toko Anda. namun tetap harus memperhatikan bahwa mainan itu mendidik dan menyenangkan. Tren mainan selalu berubah seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. 
Cari terus informasi mengenai mainan yang sedang trend agar mainan yang tersedia tidak ketinggalan zaman. Tidak sulit untuk mencari informasi tersebut, biasanya pembeli atau penjual asongan akan mencarinya. Dengan begitu para pembeli adalah sarana informasi yang tepat. Terkadang  trend mainan tercipta karena lingkungan misalnya saat ini sedang maraknya kartun A, kartun B dan lainnya maka banyak permintaan untuk menyediakan mainan dengan nuansa yang ada pada kartun tersebut atau nuansa dengan tokoh kartun tersebut. 
4. Tempat usaha yang nyaman dan luas
Tempat yang luas sangat penting untuk menata mainan. Mengingat pembeli Anda anak-anak yang sulit untuk diam, mereka akan berlari-lari atau bermain di dalam ruangan. Dengan ruangan yang luas bisa menghindari risiko kecelakaan baik itu untuk karyawan maupun para pembeli. Ruangan yang luas juga mempermudah pembeli untuk melihat dan memilih mainan. Jika tempat yang sediakan terlalu sempit akan mempersulit para pembeli untuk memilih dan pastinya tidak leluasa dalam memilih karena harus berdesakan dengan pembeli lain.
Tempat yang sejuk juga menjadi kenyamanan pembeli, jika ruangan dengan AC terlalu mahal bisa menggunakan kipas angin yang diletakkan di setiap sudutnya. Agar pembeli tidak merasa gerah dan betah di dalam ruangan. Sediakan tempat duduk yang nyaman untuk sekedar menunggu atau duduk saja. Jangan lupa untuk menyediakan area pakir yang luas. Agar laju kendaraan yang masuk dan keluar bisa berjalan secara leluasa. Kenyaman adalah hal yang pertama bagi pelanggan. Pemilihan interior yang unik dan nyaman juga menjadi daya tarik pembeli. Pilihlah desain dengan nuansa anak-anak yang penuh dengan warna cerah dan lucu. Hindarkan barang yang berbahaya yang bisa menyakiti anak-anak seperti benda tumpul maupun benda berat yang berbahaya. 
5. Pilih lokasi toko yang strategis dan ramai

Pemilihan lokasi toko yang strategis juga penting. Terkadang ada daerah yang dikenal karena banyak toko menjual mainan anak-anak, Anda bisa mendirikan toko dalam kawasan tersebut. Mungkin banyak yang berpikir terlalu banyak saingan namun ada keuntungan lainnya yaitu kepopuleran daerah tersebut sudah melekat pada masyarakat. Pilihan tempat lain yaitu berada dalam kawasan sekolah TK dan SD. Keuntungannya banyak anak-anak yang berlalu lalang melewati toko Anda. Pastinya mereka juga melihat bahwa toko tersebut menjual mainan. Tempat ramai juga bisa didapatkan di pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi para pembeli yang berniat untuk berbelanja atau hanya sekedar jalan-jalan saja. 
Sebaiknya jangan memilih tempat yang letaknya dekat langsung dengan perempatan jalan besar dan lalu lintas yang padat. Karena hal ini akan menyulitkan pembeli untuk melintasi dan berkunjung ke toko Anda. Cari tempat yang lokasinya mudah dicapai dan tidak rawan dengan kecelakaan. Keuntungan mendapat lokasi yang ramai adalah banyak orang yang melihatnya ketika melintasi jalan tersebut.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *