5 Produk Hiasan Rumah Unik

Kebutuhan adalah salah satu aspek yang menggerakkan manusia agar mau bekerja, untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kebutuhan merupakan cerminan dari tingkat kebudayaan masyarakat. Semakin tinggi tingkat kebudayaan, maka semakin tinggi tingkat kebutuhannya. Ini disebabkan karena kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama.

Di Indonesia, kebutuhan dikelompokkan menjadi tiga yaitu kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang sifatnya wajib dipenuhi, artinya jika tidak dipenuhi maka manusia akan mengalami kesulitan, misalnya sandang, pangan , papan dan pekerjaan. Sekunder adalah kebutuhan yang dapat memengaruhi kehidupan manusia, misalnya pendidikan, rekreasi. Sedangkan tersier adalah kebutuhan tidak wajib dipenuhi, yaitu mobil, komputer, dan lain-lain.

Tentu setelah kebutuhan pokok terpenuhi, manusia cenderung memenuhi kebutuhan lain, contohnya kebutuhan untuk mempercantik rumah dengan berbagai macam aksesoris dan hiasan rumah. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keuntungan dengan berbisnis hiasan rumah ini. Karena merupakan salah satu kebutuhan manusia, terlebih jika tinggal dalam lingkungan yang tinggi kebudayaannya. Berikut ini adalah beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk menghias dan mempercantik rumah Anda:

1. Bunga berbahan dasar kulit jagung

Bunga merupakan salah satu penghias rumah yang tidak asing lagi keberadaannya. Hiasan dari bunga tersebut bisa berupa bunga hidup atau bunga mati. Bunga mati yang sering digunakan bisa terbuat dari plastik atau dari bahan lain. Salah satu bahan yang bisa dijadikan hiasan adalah olahan dari kulit jagung.

Hiasan bunga berbahan kulit jagung ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena hiasan ini telah banyak ditemui di rumah, perkantoran, dan tempat-tempat umum lainnya serta telah dijual yang pangsa pasarnya tidak hanya dalam negeri melainkan telah merambah ke pasar luar negeri.

Kulit jagung yang bisa di warnai dengan berbagai warna ini semakin memberikan nilai ekonomis yang tinggi dan menarik minat konsumen. Selain bahannya yang mudah dijumpai, cara pembuatannya pun terbilang mudah, tentu dengan syarat mengetahui teknik pembuatannya dan memiliki ketekunan dan keuletan dalam menggeluti usaha berbahan kulit jagung ini.

2. Vas bunga pasir

Vas bunga yang merupakan pelengkap dari hiasan bunga ternyata telah menjelma sebagai salah satu hiasan yang mempercantik rumah. Di era yang semakin berkembang ini vas bunga telah di modifikasi dan dikreasikan seunik mungkin, agar bisa bertahan di pasar lokal maupun bertahan di pasar global.

Salah satu kreasi vas bunga yang berbahan ramah lingkungan adalah vas bunga dengan hiasan pasir. Bahan baku dari vas bunga ini tentu tetap menggunakan tanah liat, namun penghiasnya adalah pasir. Pada umumnya, vas bunga akan dihias dengan cat berwarna atau dilukis menggunakan kuas. Namun hal tersebut bisa dimodifikasi menggunakan pasir, yang telah diayak halus dan bisa diwarna sesuai selera.

Jika ingin mencoba usaha ini, ada baiknya melakukan observasi dan mengetahui berbagai referensi, agar selain memperkaya wawasan, Anda juga mengetahui teknik-teknik pembuatan hiasan vas bunga menggunakan pasir, agar usaha Anda segera bisa dikenal oleh masyarakat luas.

3. Taplak meja dan tas berbahan Eceng Gondok

Eceng Gondok merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah rawa-rawa yang mengapung memenuhi permukaan rawa. Populasi pertumbuhan Eceng Gondok sangat pesat, sehingga mampu memenuhi berhektar-hektar rawa. Hal tersebut membuat tanaman ini dianggap sebagai hama yang menganggu nelayan dalam mencari ikan dan membuat rawa menjadi dangkal.

Namun siapa sangka Eceng Gondok yang dipandang sebelah mata ini, memiliki nilai jual yang menjanjikan. Pertumbuhan Eceng Gondok yang pesat menjadi keuntungan bagi pengrajin Eceng Gondok karena bahan baku yang melimpah ruah. Salah satu, produk hiasan rumah berbahan Eceng Gondok adalah taplak meja.

Jenis hiasan rumah yang cara pembuatannya dikeringkan lalu dipilin ini, merupakan salah satu kerajinan yang diminati banyak konsumen. Dan telah merambah di pasar Internasional. Anda tentu harus melakukan obervasi guna mengetahui jenis-jenis atau motif-motif taplak meja yang sedang naik daun dan menjadi incaran konsumen.

4. Lampu hias berbahan tempurung kelapa

Kelapa adalah salah satu tanaman yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Sebut saja fungsi akar dan batangnya serta kayu dan janur (daun kelapa) berguna untuk hiasan di pernikahan dan sebagai wadah ketupat, daging buah kelapa untuk santan, air buah kelapa digunakan sebagai minuman, dan tempurung kelapa atau biasa disebut batok kelapa juga bisa digunakan untuk hiasan rumah.

Dewasa ini, telah muncul berbagai hiasan berbahan tempurung kelapa, antara lain sebagai sebagai lampu hias, pengganti gelas, dan banyak kreasi lain. Hampir di seluruh Indonesia pohon kelapa tumbuh subur, terutama disekitar pinggir-pinggir pantai. Karena kelebihannya yang mudah ditemukan ini, tempurung kelapa disulap menjadi hiasan rumah yang laris manis di pasaran lokal maupun global.

Dengan keuntungan tersebut, bagi yang ingin mencoba usaha ini tidak usah khawatir kehabisan pasokkan bahan baku. Anda hanya perlu mencari banyak referensi mengenai hisan berbahan tempurung kelapa, agar mengetahui model yang sedang diminati para konsumen.

5. Bingkai foto dari sedotan

Jika Anda mengenal sedotan hanya digunakan sebagai alat untuk minum air atau menyedot air, ternyata Anda bisa memanfaatkan sedotan sebagai hiasan rumah yang indah. Yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang tergolong unik dengan berbagai macam kreasi.

Oleh karena itu, Anda bisa berkreasi membuat bingkai foto dengan menggunakan sedotan yang dibuat dengan berbagai ukuran dan warna, yang bisa dikreasikan menggunakan kertas karton sebagai penyangga foto. Mengingat foto adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpan kenangan yang kini keberadaannya menjadi salah satu kebutuhan manusia.

Jika Anda tertarik mengenal lebih jauh usaha berbahan dari sedotan, maka melakukan observasi dan mencari berbagai referensi sangatlah diperlukan guna mengetahui model bingkai foto yang sedang diminati konsumen.

Meskipun kebutuhan akan hiasan rumah bukan merupakan kebutuhan primer yang mendesak dan wajib dipenuhi, namun tidak bisa dipungkiri tuntutan perkembangan jaman membuat hiasan rumah menjadi alat yang dapat menunjang status sosial bagi sebagian orang yang harus dipenuhi. Namun apapun itu, sepanjang tidak melewati batas dan kebutuhan pokok telah terpenuhi, maka tidak ada salahnya memenuhi kebutuhan penunjang lainnya.

Demikian artikel tentang tips yang dapat dilakukan untuk menghias dan memanjakan rumah Anda. Karena rumah merupakan surga bagi penghuninya, maka tidak ada salahnya rumah yang selama ini menjadi teman hidup Anda harus dimanjakan. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *