5 Peluang Bisnis Waralaba Dengan Penghasilan Besar

Bisnis waralaba merupakan salah satu bentuk bisnis yang sedang digemari beberapa waktu belakangan ini. Bisnis jenis ini merupakan bisnis yang tergolong mudah dijalankan karena beberapa merek waralaba terkemuka sudah menyediakan standar tersendiri untuk diikuti, sehingga tidak perlu melakukan pengelolaan yang efektif untuk bisnis ini. Pada umumnya pengusaha hanya tinggal menyediakan modal dan menjalankan usaha ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pemilik waralaba tersebut.
Beberapa bisnis waralaba bahkan memberikan kontrak yang mengharuskan membeli bahan baku untuk sebuah usaha yang dijalankan pada perusahaan tertentu dengan menjamin kemudahan untuk mendapatkan bahan baku. Selain itu, nama besar dari beberapa bisnis waralaba juga menjamin kemudahan dalam melakukan promosi, bahkan membebaskan seorang pengusaha untuk mempromosikan barang dagangannya.
Berbagai macam bidang saat ini dapat dijadikan bisnis. Melihat fakta tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa bisnis waralaba pun kini merambah di semua sektor bisnis. Berikut ini merupakan sektor-sektor bisnis yang memiliki peluang waralaba dengan penghasilan yang cukup menggiurkan di antaranya:
1. Toko Kelontong
Toko kelontong saat ini menjadi bisnis dengan pertukaran uang dalam jumlah besar. Beberapa toko modern menawarkan berbagai macam produk dalam negeri yang tidak dapat ditemukan ditoko kelontong tradisional pada umumnya. Selain dari beragamnya pilihan produk, toko jenis ini juga menawarkan kenyamanan dalam berbelanja baik dari segi kebersihan, keamanan, serta kemudahan dalam mengakses toko tersebut.
Beberapa toko kelontong sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas kursi dan meja di sekitarnya sehingga membuat pelanggan betah berlama-lama mengobrol dan melakukan interaksi sosial. Melakukan kegiatan di sekitar toko kelontong akan mendorong keinginan dari konsumen untuk membeli produk dari toko tersebut, hal ini tentu akan menambah keuntungan bagi pemiliki toko.
2. Makanan Cepat Saji (Fast Food)
Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Bagaimana tidak? Makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat dicegah pemenuhannya. Pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin lama semakin meningkat seiring berjalannya waktupun ikut mendorong bertambahnya kebutuhan akan penyediaan makanan yang lebih banyak.
Gaya hidup masyarakat, terutama dikota besar yang menuntut semua untuk dikerjakan serba cepat dan praktis mendorong pertumbuhan bisnis waralaba di bidang kuliner terutama makanan cepat saji atau yang lebih populer dengan sebutan fast food. Selain cita rasa yang memang terjaga kualitasnya karena mengikuti standar internasional yang sudah tersedia, restoran makanan cepat saji juga memberikan kemudahan bagi para konsumen yang ingin mendapatkan makanan dengan cepat. Tersedianya fasilitas layanan cepat turut mendorong konsumen untuk lebih memilih makan di restoran cepat saji dibandingkan dengan restoran tradisional.
Bagi pihak pengelola, bisnis restoran makanan cepat saji memberikan kemudahan berupa pasokan bahan baku yang terjamin karena adanya kerja sama dengan pihak penyedia bahan. Selain kemudahan mendapatkan bahan baku, pengelola juga dituntut untuk memenuhi standar tertentu yang berlaku pada semua restoran cepat saji yang berada di bawah satu merek dagang tertentu sehingga pihak pengelola tidak perlu lagi menerapkan sistem yang efektif karena hal tersebut sudah disediakan oleh pemilik usaha waralaba tersebut.
3. Pusat kebugaran atau Fitness Centre
Kegiatan yang begitu padat menuntut masyarakat untuk menjaga kesehatan agar dapat tetap melakukan aktivitas. Kesadaran masyarakat akan kesehatan belakangan ini pun semakin meningkat. Seiring dengan fakta tersebut, kebutuhan masyarakat akan fasilitas untuk menjaga kesehatan merekapun ikut meningkat.
Meskipun pertumbuhan pusat kebugaran didorong oleh kebutuhan masyarakat akan kesehatan, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini “ngegym”, istilah yang populer digunakan saat ini untuk mewakili aktivitas olahraga di fitness centre, sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Program yang ditawarkan oleh pusat kebugaran saat inipun tergolong variatif mulai dari olahraga kebugaran, kelas bela diri, hingga program diet lengkap dengan instruktur dan konsultan kesehatan pribadi.
Beberapa pusat kebugaran terkemukapun kini telah melebarkan sayapnya. Tidak hanya menawarkan jasa untuk menunjang program kesehatan para pelanggan, namun mereka juga menawarkan produk fashion seperti tas, pakaian olahraga, serta makanan seperti minuman dan makanan untuk membantu program diet yang tentu saja bertujuan untuk menunjang kegiatan di pusat kebugaran tersebut.
4. Transportasi
Berpindah dari suatu kota kekota lain untuk urusan bisnis dan keperluan pekerjaan beberapa tahun belakangan menjadi hal yang lumrah dilakukan. Hal tersebut memberikan peluang bisnis baru bagi para penyedia transportasi. Tantangan yang muncul adalah bagaimana cara untuk mengantarkan penumpang hingga ke tujuan dengan nyaman dan dalam jangka waktu yang singkat.
Tidak hanya untuk keperluan bisnis, para wisatawan yang ingin berlibur memanfaatkan jasa transportasi massal juga turut menggunakan jasa transportasi. Isu yang muncul sebagai pertimbangan dalam memilih jasa transportasi bagi para wisatawan biasanya adalah biaya. Melihat fakta tersebut, pelaku jasa transportasi saat ini berlomba-lomba menyediakan transportasi murah. Tidak hanya mengantarkan penumpang, beberapa waralaba penyedia transportasi juga dilengkapi dengan jasa pengaturan wisata mulai dari paket wisata, transportasi, penginapan, hingga pemandu wisata kini sudah bisa didapatkan melalui beberapa waralaba yang pada awalnya hanya bergerak di bidang penyedia jasa transportasi. Peluang di bidang penyediaan jasa transportasi masih terbuka luas mengingat masih ada beberapa rute yang belum dapat dilayani.
5. Fashion
Sebagai suatu kebutuhan pokok manusia, bisnis di bidang pakaian dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih bisnis waralaba. Pakaian saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penutup kulit dari dingin ataupun terik sinar matahari, tetapi juga sebagai sarana pembentukan citra. Pergeseran tersebut membuka peluang untuk melakukan inovasi dalam rangka bersaing untuk mendapatkan konsumen.
Bukan hanya pakaian, aksesoris seperti kalung, gelang, cincin dan lain-lain kini sudah menjadi bagian dari kelengkapan sehari-hari bagi beberapa orang. Paduan antara pakaian dan aksesoris diharapkan menimbulkan citra tertentu pada diri seseorang. Aksesoris pun dapat disandingkan dengan pakaian sebagai suatu kesatuan fashion.
Waralaba di bidang fashion biasanya berbentuk produk waralaba yang berarti pengelola hanya mendapatkan hak untuk mendistribusikan produk, bukan membuat produk dengan merek dagang tertentu. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi para pengelola karena pihak pengelola tidak perlu berinovasi dalam hal desain, tapi hanya tinggal memikirkan bagaimana cara pemasarannya.
Dalam praktiknya, bisnis waralaba sangat bergantung pada gaya yang berlaku di masyarakat. Berikutnya kesuksesan dari suatu bisnis waralaba sangat bergantung pada kecermatan calon pengelola dalam memilih bisnis mana dan strategi yang akan dijalankannya dalam bisnis tersebut.
Demikian sekilas uraian tentang peluang bisnis waralaba dengan penghasilan besar. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pebisnis khususnya pebisnis online shop. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *