3 Macam Bisnis Online Shop yang Terkenal

Peluang usaha menjadi online shop mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang yang bergabung di dunia bisnis. Untuk memulai bisnis online shop tidak memerlukan modal namun bisa mendapatkan hasil yang berlimpah. Siapapun bisa mengikuti bisnis online shop ini. Dengan tidak adanya persyaratan atau ketentuan yang berlaku untuk mendirikan online shop, maka semakin banyak masyarakat dan dari berbagai kalangan mencoba menjalankan bisnis online shop. Online shop menjadi salah satu media yang dijadikan sebagai ajang untuk proses jual-beli.
Bisnis online shop mulai diperhitungkan oleh para penjual yang ingin menjajakan barang dagangannya. Selain mudah, bisnis online shop ini juga praktis dalam proses pelaksanaannya. Cukup dengan menggunakan foto yang menarik. Foto barang dagangan ini disediakan oleh penjual atau pebisnis. Foto tersebut diperbaiki menjadi sebagus mungkin agar menarik perhatian para pembeli yang melihatnya. Kemudian foto barang dagangan tersebut disebar luaskan menggunakan berbagai media sosial yang sering digunakan seperti facebook, blog, twitter, dan media sosial lainnya.
Begitu banyaknya media sosial belakangan ini sangat membantu dalam proses penyebar luasan foto barang dagangan dari para penjual. Adapun beberapa media sosial yang sering digunakan oleh online shop yaitu: facebook, twitter, instagram, line, dan blackberry masangger atau yang sering disingkat dengan BBM. Dengan perkembangan zaman seperti ini diharapkan pula dapat meningkatkan perekonomian dan rata-rata penghasilan bangsa. Bukan hanya perekonomian saja yang diharapkan meningkat namun kecerdasan serta kesadaran masyarakat dalam teknologi juga sangat diharapkan meningkat.
Bermacam-macam barang yang tersedia dan dijajakan melalui online shop. Selain barang yang beragam, online shop juga mempermudah proses transaksi dimana penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung, saat kesepakatan mengenai barang yang akan dibeli sudah disetujui, maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pembeli adalah mengirimkan uang yang ditujukan untuk nomor rekening online shop tersebut.

Jumlah uang yang dikirim sesuai dengan harga yang telah disepakati sebelumnya mengenai barang tersebut, tetapi jika pembeli berada diluar kota atau daerah yang jauh dari lokasi online shop tersebut maka pembeli harus membayar lebih dari harga barang sebenarnya untuk ongkos kirim barang, karena menggunakan jasa pengiriman barang atau paket.

Proses jual beli melalui online shop ini sangat menguntungkan. Selain penjual yang tidak perlu modal untuk berjualan, pembeli juga sangat diuntungkan karena tidak perlu bepergian jauh untuk sekedar berbelanja. Adapun beberapa barang yang biasa ditemui ketika Anda berbelanja di online shop, di antaranya:
1. Pakaian
Pakaian sering juga disebut sebagai sandang yang merupakan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Pakaian juga sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Manusia dapat dinilai melalui cara berpakaiannya. Pakaian merupakan alat penutup tubuh yang sangat melekat dengan diri kita. Banyak orang yang tidak sembarangan dalam berpakaian.
Berbagai jenis macam pakaian yang sering diperjual belikan melalui online shop seperti: celana, baju anak, kemeja, kaos, jaket, sepatu, sandal, baju tidur, dan masih banyak lagi. Biasanya foto barang dagangan ini selalu disertai dengan keterangan bahan, ukuran, dan harga. Dengan keterangan seperti itu maka pembeli dapat dengan mudah mengetahui kualitas dari barang yang diinginkannya. Minat dan antusiasme para pembeli terhadap pakaian yang dijajakan melalui online shop ini cukup besar. Terlihat dari jenis pakaian yang sering dipakai oleh para mahasiswa itu merupakan salah satu barang yang dijual melalui online shop.
2. Makanan
Makanan yaitu bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan, atau biji-bijian yang mengandung berbagai macam vitamin dan kandungan lain di dalamnya yang diperbolehkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh yang sehat. Makanan juga merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia.

Tidak sembarangan makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat karena makanan merupakan inti dari kesehatan tubuh sehingga jika memakan makanan sembarangan akan berdampak pada kesehatannya yang ditandai dengan mudahnya terserang penyakit dan lain sebagainya. Beberapa jenis makanan yang sering dijajakan melalui online shop ini seperti: obat-obatan, teh pelangsing, makanan dalam kemasan yang tidak mudah ditemui (produk luar negeri), kue, dan lain-lain.

Berbeda halnya menjajakan makanan di online shop dengan menjajakan pakaian di online shop. Ketika Anda ingin menjajakan makanan, Anda memerlukan strategi khusus untuk meyakinkan para pembeli. Karena tidak banyak masyarakat yang tertarik pada makanan tanpa mengetahui dengan jelas apa kandungan dan bahan yang ada didalam makanan tersebut.

Begitu selektifnya pembeli yang akan membeli makanan di online shop. Dengan begitu para online shop harus memiliki cara lain untuk menarik perhatiannya seperti mencantumkan kandungan gizi pada foto makanan yang dijajakan, pemberian label halal pada jenis makanan yang ingin dijajakan serta memasang harga yang cukup murah untuk sebuah makanan.

3. Kosmetik
Barang dagangan yang satu ini sangat sering ditemui oleh masyarakat melalui online shop. Barang dagangan ini dijajakan khusus untuk wanita. Wanita yang selalu ingin berpenampilan berbeda, lebih cantik dari sebelumnya pasti akan mudah tergiur dengan produk-produk kosmetik yang menjanjikan perubahan yang lebih baik. Ketika wanita akan membeli suatu produk kosmetik, maka yang dilihat pertama kali adalah kegunaannya. Maka tidak sedikit wanita yang memiliki peralatan kosmetik dengan jumlah banyak.
Ada beberapa kosmetik yang dijajakan melalui onlione shop seperti: body lotion, pelembab, lulur, dan cream pemutih lainnya. Banyak wanita yang sangat mengidam-idamkan kulit putih sehingga produk kosmetik seperti inilah yang menjadi target utama mereka. Selain kegunaan produk kosmetik yang menggiurkan, harga yang ditawarkan dalam online shop pun relatif murah sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan dalam produk ini lebih besar.
Berbisnis online shop memang mudah, praktis, dan tidak memerlukan modal sehingga bisnis online shop ini terkenal dimana-mana. Sering kali bisnis online shop ini disebut sebagai bisnis kepercayaan karena tidak adanya transaksi langsung antara penjual dan pembeli. Banyak online shop yang jujur dan sungguh-sungguh dalam berbisnis. Namun tidak sedikit pula yang melakukan kecurangan-kecurangan atau penipuan yang mengatas namakan online shop. Jika akan berbelanja di online shop sebaiknya kenali terlebih dahulu pemilik online shop tersebut, dan tetaplah cerdas dalam berbelanja.
Demikian sekilas uraian tentang menjamurnya bisnis online shop. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pembaca. Sekian, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *