5 Cara Tepat Untuk Mendapatkan Mentor Bisnis

Dibalik suksesnya para pengusaha, ada mentor bisnis yang handal untuk membantunya tetap berhasil dalam perjalanannya. Mereka tidak ragu untuk merogoh kantong yang dalam untuk membayar mentor bisnis. Mereka sadar tidak semua keahlian dan pengetahuan dimilikinya. Mentor memberikan banyak saran baik untuk kinerja diri sendiri maupun kinerja tim. Anda sadar bahwa setiap masalah tidak bisa dihadapi sendiri dan tidak semua orang terdekat bisa secara pasti membantu memberi solusi pada masalah yang sedang dihadapi. Maka dari itu dibutuhkan mentor yang handal dan cerdas. Berikut 5 cara tepat untuk mendapatkan mentor bisnis
1. Bergabung dengan komunitas yang memiliki kegiatan mentoring
Carilah komunitas yang memiliki sifat keanggotaan secara terbuka. Biasanya di komunitas ini banyak ilmu yang bisa didapatkan. Anda juga akan belajar bersama dengan orang lain. Manfaat bergabung dengan komunutas ini adalah akan mendapat teman baru dan bisa berbagi pengalaman dan cerita. banyak pengusaha sukses maupun yang baru memulai usahanya bergabung dengan komunitas mentoring.
Salah satu manfaatnya adalah siapa tahu Anda bisa bertemu dengan pengusaha yang bergerak di bidang yang sama. Jadikan ia kawan dan terus lakukan kontak dengannya.  Ikuti setiap kegiatan yang telah ditetapkan. Akan lebih baik lagi jika tidak pernah ketinggalan mengikuti kegiatan komunitas tersebut. Biasanya setiap  pertemuan akan membahas hal yang berbeda.
Dalam membahas setiap topik selalu diadakan sesi tanya jawab. Angggota berkesempatan untuk bertanya. Dalam sesi ini Anda bisa bertanya mengenai masalah yang sedang dialami. Pastinya mereka akan menjawab dan memberi solusi. Dengan begini masalah akan cepat selesai. Jangan malu untuk bertanya dan jujurlah dengan keadaan yang sedang dialami, misalkan pelanggan yang sepia tau kendala bisnis lainnya. Usahakan untuk sebisa mungkin bergabung dengan komunitas lebih dari satu. Ilmu yang akan didapatkan pasti akan lebih banyak.  
2. Mengikuti seminar
Seminar adalah cara lain untuk menambah wawasan. Informasi mengenai  seminar bisa didapatkan melalui komunitas yang diikuti. Biasanya salah satu dari anggota komunitas dipercaya untuk mempublikasikan. Manfaatkan media sosial untuk mencari informasi mengenai seminar. Bergabunglah dengan grup mentor atau sejenisnya di media sosial untuk menadapatkan informasi seminar secara berkala. Ada seminar yang berbayar ada pula yang secara cuma-cuma. Banyak acara seminar yang akan memberikan sertifikat pada peserta. Cari saja acara seminar yang diadakan di tempat terdekat sehingga tidak perlu perjalanan jauh untuk menempuhnya. Biasanya seminar akan memberikan buku kecil dan pulpen sebagai fasilitas tambahan.
Usahakan datang tepat waktu agar mendapat kursi paling depan. Alangkah baiknya Anda mencatat setiap hal penting yang disampaikan oleh pembicara. Kadang dalam satu bulan ada banyak sekali undangan seminar. Namun jangan semua seminar Anda ikuti, cukup beberapa saja yang dirasa penting dalam bisnis. Jadwalkan seminar yang telah didaftar pada kegiatan harian. Hal ini dilakukan untuk mengindari jadwal yang bentrok. Minimal Anda mengikuti seminar 3 kali dalam satu tahun.
3. Menyewa mentor secara khusus
Menyewa mentor secara khusus jauh lebih baik karena Anda akan didampingi secara privat. Langkah demi langkah untuk memajukan perusahaan akan berjalan lebih lancar. Setiap ada masalah atau sesuatu yang tidak Anda tahu bisa ditanyakan kepada mentor. Mereka juga bisa mencarikan jalan keluar setiap kali mengalami kesulitan. Mengapa perlu menyewa mentor? Karena mereka ibaratkan konsultan pribadi.
Mentor akan memberi motivasi yang bermanfaat. Kemungkinan besar seorang mentor memiliki relasi yang luas dengan para pengusaha. Keahlian yang tidak Anda ketahui bisa ditutup seimbang oleh mentor, karena mereka sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dan memiliki pengetahuan yang luas.
Para pengusaha besar membutuhkan mentor tidak hanya untuk bediskusi, memberi arahan, saran dan motivasi tetapi  bisa membuat bisnis Anda menjadi sukses. Mereka bisa menjadi alarm Anda ketika melakukan kesalahan. Tim yang kuat dan memiliki motivasi tinggi sangat penting untuk pejalanan bisnis. Carilah mentor yang memiliki kemampuan yang tidak sama dengan Anda sehingga bisa saling melengkapi. Temui mereka dan jadilah murid yang bersahabat.
4. Menjadi follower pengusaha sukses
Menjadi follower para pengusaha sukses sangat penting untuk terus memacu semangat bisnis Anda. Para pengusaha yang sukses tidak akan ragu untuk membagi pengalamannya. Jadilah follower pengusaha sebanyak-banyaknya. Jalin hubungan dengan mereka siapa tahu nantinya mereka akan menjadi rekan bisnis. Anda bisa mendapatkan trik dari mereka pada jejaring sosial.  Simak setiap kegiatan terbarunya.
Anda bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari pengalamannya. Banyak motivasi yang akan diberikan. Pengusaha yang rendah hati sangat suka membagi pengalamannya dan ide menariknya. Nilai lebih lainnya, mereka sangat dipercaya karena sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Orang yang sukses kebanyakan berawal dari masa yang sangat sulit dalam hidupnya. Mereka tentunya juga pernah bangkrut, perjalan bisnis mereka tidak selalu berjalan mulus. Banyak rintangan yang telah dilaluinya dengan susah payah.
Dari mereka Anda bisa memetik pelajaran berharga, mengetahui risiko sebelum bertindak dari cerita kegagalan yang pernah dialami pengusaha sukses. Banyak kalimat motivasi yang bisa menjadi penyemangat. Mereka mudah memberi motivasi pada followernya karena berpegalaman lebih awal dari pada Anda.
5. Membaca
Membaca adalah jendela dunia, membaca adalah kegiatan yang luar biasa. Anda pastinya tahu bahwa membaca akan membawa pengalaman yang berbeda. Perbanyaklah membaca ketika menganggur agar waktu berjalan dengan produktif. Pelajari ilmu yang telah didapatkan, jangan hanya sebagai bahan bacaan saja. Buku yang perlu dibaca bagi pebisnis misalnya buku wirausaha, bisnis, kisah perjalanan pengusah sukses, kiat-kiat menjadi pengusaha sukses, dan lainnya yang dapat membangun diri menjadi pebisnis sukses.
Zaman  sekarang membaca tidak harus dengan buku, bisa dengan koran, majalah bisnis, dan internet. Keunggulan internet yaitu bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru. Membaca bisa juga dilakukan sebelum berangkat ke kantor. Ketika bangun tidur, otak masih berada dalam keadaan yang sangat segar, maka akan lebih mudah untuk menerima wawasan.
Tentunya dangan membaca, hari Anda akan dimulai dengan penuh semangat. Mengapa membaca itu penting? Salah satunya adalah perubahan ekonomi dan politik. Berubahnya kondisi ekonomi penting untuk diketahui agar bisa bertindak lebih cepat terutama yang berhubungan dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti krisis atau kebijakan pemerintah yang baru. Membaca tidak akan merugikan dan membuang waktu. Faktanya membaca dapat mengasah ingatan dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *