40 Fakta Menarik tentang Path

Update tentang sosial-sosial media yang sedang nge-hits dan diminati remaja semua kalangan? Berarti Anda pasti tahu mengenai sosial media yang satu ini. Path, sosial media yang biasa digunakan untuk post foto dan gambar, check in lokasi, chatting, dan banyak fitur menarik lain. Yang membuat Path berbeda dari sosial media lain adalah jumlah temannya yang dibatasi. Setiap akun hanya bisa memiliki teman hingga 500 pengguna (dulu hanya 150). Hal ini ditujukan agar setiap pengguna Path dapat merasa bebas untuk mem-post-kan apa saja karena yang melihat hanyalah orang-orang yang benar-benar mengenal mereka. Tetapi, selain menjadi pengguna setia dari sosial media yang satu ini, apakah Anda tahu mengenai fakta-fakta menarik dari Path?

1. Aplikasi sosial media ini diluncurkan baru pada bulan November 2010 lalu.

2. Perusahaan yang berada di San Fransisco, California, ini didirikan oleh Shawn Fanning dan Dave Morrin, mantan eksekutif Facebook.

3. Menurut Dave Morin, sebagai co-founder dan CEO, mengatakan bahwa Path dibuat sebagai sebuah jaringan dengan kualitas tinggi yang dapat membuat para penggunanya nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.

4. Path dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah jurnal yang interktif bagi penggunanya.

5. Sasaran pertama dari Path adalah pennggemar sosial media yang menggunakan iPhone, kemudian mulai berkembang untuk para pengguna Android, iPad, dan Windows Phone.

6. Salah satu saingan dari Path adalah Instagram.

7. Yang menjadikan aplikasi ini menjadi lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada adalah status privasinya.

8. Alasan dari pembatasan jumlah teman di Path adalah adanya penelitian psikologi yang mengatakan bahwa tiap orang memiliki jumlah maksimal kontak sosial yang bisa diterapkan.

9. Path juga menyarankan pengguna yang ada di kontak telpon dan email Anda.

10. Pada bulan Februari 2012 Path pernah dikritik karena mengakses dan menyimpan data dari kontak telpon pengguna tanpa sepengetahuan dan izin dari pengguna.

11. Bulan Februari 2013, Path didenda sebesar $800,00 oleh FTC karena menyimpan data dari pengguna. Path juga diminta untuk melakukan evaluasi atas kebijakan privasi setiap dua tahun sekali selama dua puluh tahun ke depan.

12. Pada akhir tahun 2011, pengguna Path meningkat drastis—dari 30.000 hingga lebih dari 300.000 pengguna hanya dalam beberapa minggu, tidak sampai sebulan.

13. Pada bulan Agustus 2013, Path bekerja sama dengan Apps Viddy, Picstitch, Strava, WordPress, Bible, Papelook, Miil, Manga Camera, dan Otaku. Anda dapat menemukan pilihan “Share on Path” pada situs-situs tersebut.

14. Perusahaan yang menjadi rekan API pertama dari Path adalah Nike.

15. Pada awal dibentuknya, Path menerima sumbangan sebesai 2,5 juta US Dollar dari beberapa donatur seperti Ron Conway, Index Ventures, First Round Capital, Ashton Kutcher, Kevin Rose, Marc Benioff, dan Chris Kelly.

16. Pada bulan Februari 2011, Path juga berhasil menggalang dana dari Kleiner Perkins Caufield & Byers, Index Ventures, dan Digital Garage dari Jepang sebesar 8,5 juta US Dollar.

17. Pada bulan Januari 2014, Path lagi-lagi berhasil menggalang dana sebesar 25 juta US Dollar dari Bakrie Group Indonesia, Kleiner Perkins Caufield & Byers, Index Ventures, Greylock Partners, Insight Venture Partners, Redpoint Ventures, dan First Round Capital.

18. Pengguna Path dapat menunggah momen mereka ke dalam beberapa jejaring sosial lain seperti Foursquare, Facebook, Tumblr, dan Twitter.

19. Path menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh stiker dan beberapa pilihan saringan untuk video dan foto yang merupakan fitur berbayar.

20. Path juga menawarkan fitur untuk mengunggah foto dan video untuk di-share kepada pengguna lain.

21. Kelebihan lain yang dimiliki Path adalah tidak adanya kolom iklan dan promosi yang menjadikan jejaring sosial ini lebih terfokus kepada pengguna sendiri.

22. Akhir-akhir ini Path telah melakukan desain ulang terhadap aplikasi ini dan menarik dua juta orang lainnya dalam dua bulan untuk menjadi pengguna aplikasi ini.

23. Negara dengan pengguna Path terbanyak adalah Indonesia, dengan jumlah pengguna lebih dari empat juta orang.

24. Menurut Andreas Bezamat-Homer, pengguna Path di Indonesia memiliki nilai kreativitas dan selera humor yang cukup tinggi.

25. Para pengguna Path di Indonesia rupanya sangat memanfaatkan fitur update status berisi cuplikan musik di Path yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lagu yang sedang ia dengar.

26. Berbeda dengan pengguna Indonesia, pengguna asal Amerika Serikat lebih sering menggunakan fitur untuk membagikan foto atau gambar.

27. Keputusan Path untuk meningkatkan batas jumlah teeman dari 150 orang menjadi 500 orang dilandasi oleh banyaknya permintaan dari penggunanya, terutama beberapa pengguna yang berasal dari Indonesia

28. Setiap bulannya, Indonesia menyumbang sebanyak 30 persen trafik Path secara global.

29. Sebanyak 50% pengguna aktif harian Path adalah (rata-rata) pengguna yang berasal dari Indonesia

30. Trafik pengguna Path asal Indonesia bahkan mengalahkan trafik dari negara asal Path sendiri, yaitu Amerika Serikat yang berada di posisi kedua.

31. Pengguna Path didominasi oleh perempuan berusia 19 hingga 29 tahun sebagai pengguna aktif terbesar Path

32. Amerika dan Indonesia sama-sama menyumbang trafik aktivitas di Path sebanyak 30%, sedangkan gabungan dari negara lain sebanyak 40%.

33. Menurut Dave Morin, pengguna Path asal Indonesia mudah sekali akrab dengan hal baru yang inovatif. Bahkan, jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, Indonesia adalah negara dengan masyarakat yang paling cepat beradaptasi dengan teknologi baru. Inilah yang menjadi alasan pengguna Indonesia suka dengan Path.

34. Peringkat terbanyak pengguna Path berasal dari pengguna Android dan iOS.

35. Pada tahun 2014, Dave Morrin menargetkan akan menyediakan Path untuk perangkat BlackBerry 10.

36. Sebagai negara dengan pengguna BlackBerry terbesar, Indonesia dijadikan target pasar oleh Path yang akan menyambangi BlackBerry.

37. Path saat ini memiliki sekitar 50 orang karyawan yang berbasis di San Fransisco, Calfornia, Amerika Serikat.

38. Path juga memiliki kantor di Tokyo, Jepang, yang berfungsi untuk memantau pasar Asia.

39. Pada tahun 2013, Path dan Pinterest terlibat perseteruan untuk memperebutkan hak paten huruf “P” yang akan mereka gunakan sebagai logo.

40. Sejak tanggal 24 Juli 2013, Path sudah mengajukan perpanjangan izin untuk mengklaim logo incarannya itu untuk 90 hari ke Kantor Merek Dagang Amerika Serikat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *