4 Tips Mendirikan Bisnis Rental

Jumlah kendaraan bermotor di perkotaan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Penambahan jumlah kendaraan bermotor ini sepertinya akan sangat sulit dibendung karena kebutuhan kita akan transportasi dengan cepat dan mudah juga semakin meningkat. Apalagi ditambah dengan semakin mudahnya pembelian kendaraan bermotor. Hanya dengan menyetor uang muka yang bisa jadi hanya sekitar sepuluh persen dari harga asli kendaraan, Anda sudah bisa membawa pulang kendaraan tersebut.
Seperti mobil, dengan uang kurang dari sepuluh juta saja Anda bisa membawa pulang mobil tersebut. Namun, ditengah mudahnya transaksi jual beli kendaraan bermotor yang dalam hal ini mobil, masih banyak masyarakat yang kadang tidak mau repot harus membayar cicilan dan sebagainya sehingga mereka menggunakan jasa penyewaan mobil. Ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Disini bisnishack.com akan memberikan tips-tipsnya sebagai berikut :
1. Cari kendaraan
Hal awal yang harus dilakukan ketika ingin membuka usaha rental mobil adalah Anda perlu mencari mobil yang akan direntalkan. Tidak perlu banyak, sesuaikan saja dengan modal yang dimiliki. Bila Anda hanya memiliki dana untuk membeli satu buah mobil, maka dengan satu mobil itu harus Anda optimalkan penggunaannya sehingga pendapatan pasif Anda akan meningkat dengan cepat.
 Sebenarnya akan lebih baik, di awal Anda memiliki dua atau tiga mobil yang akan disewakan. Namun usahakan untuk tidak membeli mobil dengan sistem kredit, apabila Anda memang masih sangat pemula di dalam bisnis rental mobil tersebut, karena hal ini akan membebani biaya operasional Anda. Belum lagi bila ternyata pelanggan bulanannya kurang, maka mobil Anda bisa ditarik oleh pemilik mobil karena tidak bisa membayar angsuran. Membeli secara kredit juga relatif lebih mahal daripada membeli secara tunai.
Jenis mobil yang akan Anda beli sebaiknya adalah jenis-jenis mobil keluarga dengan harga yang tidak terlalu mahal seperti Avanza atau Xenia. Karena jenis mobil ini dapat menampung lebih banyak penumpang selain itu mobil ini juga terasa pas dalam masalah ukuran dan sejenisnya.
Jangan membeli mobil keluarga sejenis alphard atau yang sekiranya sekelas dengannya. Harga mobil alphard dan sekelasnya terlalu mahal sehingga balik modalnya akan sangat lama. Belum lagi perawatan mobil sejenis alphard yang tentunya bisa memakan biaya yang mahal. 
2. Pilih lokasi
Lokasi tempat Anda membuka kantor penyewaan mobil juga merupakan hal yang penting. Pilih lokasi yang terletak di perkotaan, di dekat perkantoran, atau pemukiman penduduk yang mudah dijangkau. Pemilihan lokasi di daerah yang dekat dengan persinggahan kendaraan publik seperti stasiun atau bandara akan lebih strategis lagi.
Jika Anda memiliki modal yang cukup sebaiknya membuka kantor dengan tempat parkir yang luas, mungkin Anda harus melakukan itu, karena itu akan memudahkan Anda dan pelanggan. Ukuran parkir yang luas yang dapat menampung semua mobil yang disewakan membuat pelanggan dapat memilih sendiri mobil yang akan disewakan. Walaupun begitu, membangun usaha rental dengan kantor dan tempat parkir berbeda, juga bisa dilakukan walau sedikit merepotkan. 
Anda perlu menyiapkan satu orang untuk setiap satu mobil yang Anda parkir terpisah dengan kantor Anda. Mintalah mereka untuk selalu stand by membawa mobil ke kantor ketika Anda hubungi atau bisa juga pelanggan diantar untuk mengambil mobilnya sendiri, tapi pastikan di kantor sudah  ada yang menjaga atau kantor tersebut bisa ditutup, sementara Anda dan pelanggan mengambil mobil.
Pastikan motor atau kendaraan apapun yang pelanggan titipkan selagi meminjam mobil, aman. Kendaraan itu bisa dititipkan di tempat parkir mobil sebelumnya. Bila memang tempat parkir mobil Anda sebelumnya tidak banyak dilalui orang, Anda bisa mengunci stang kendaraan pelanggan yang dititipkan tersebut. 
Anda juga bisa menggunakan rumah hunian untuk memarkirkan mobil bila memang halamannya mencukupi, atau Anda dapat memasukkan kantor rental tersebut ke dalam komples hunian Anda agar lebih aman.
3. Iklan
Setelah kendaraan sewa dan tempat usaha siap, segera pasarkan usaha sewa mobil ini untuk mengoptimalkan kedatangan calon pelanggan. Yang paling utama adalah memasang banner atau sejenisnya di depan toko. Bila kantor usaha berada di rumah, pasang banner itu di  depan rumah. 
Setelah kebutuhan informasi di kantor usaha terpenuhi, informasikan lewat media massa ataupun media elektronik. Untuk awal, bisa menggunakan iklan baris di koran lokal dimana tarif beriklan di koran lokal biasanya relatif murah dan respon masyarakat yang diterima juga cukup cepat.
Iklan baris di koran lokal memang tidak bisa banyak menampilkan informasi, sehingga cantumkan informasi secara singkat,padat dan jelas, jangan lupa nomor telepon yang bisa dihubungi sehingga calon pelanggan langsung menghubungi nomor yang tertera disana. Informasi itu bisa berupa harga yang murah, atau misalkan mobil bisa diantar, dan semacamnya.
Untuk media elektronik yang tidak terlalu mahal bisa menggunakan radio lokal. Radio-radio lokal saat ini masih banyak yang menyediakan jasa iklan. Internet juga bisa menjadi sarana iklan yang jangkauannya luas, namun memang harus mandiri untuk bisa mengurangi biaya, seperti beriklan di situs-situs jual beli yang menyediakan layanan iklan gratis. Atau bisa juga Anda membuat iklan di blog pribadi atau teman terdekat yang sekiranya tidak menarik biaya iklan.
Jangan lupa untuk mengabarkan ke setiap teman terdekat ataupun kenalan mengenai usaha sewa mobil Anda. Biarpun mereka mendengar informasi ini sambil lalu, suatu hari nanti ketika mereka benar-benar membutuhkan, mereka tentu akan mencari Anda.
4. Optimalkan kendaraan
Apabila kendaraan menganggur, ada baiknya juga bila sekalian dibuka kursus setir mobil. Minimal sekali saja, Anda yang menjadi instruktur, dengan asumsi Anda telah mampu menyetir mobil dan memiliki SIM A. Ini juga bentuk pemanfaatan kendaraan sewa ketika tidak atau belum ada pelanggan yang menyewa mobil tersebut.
Pengoptimalan kendaraan sewa dengan kursus setir mobil ini akan lebih baik lagi ketika ada instruktur pembina pelanggan yang ingin belajar menyetir. Tapi pastikan Anda sudah mengurus semua perizinan yang dibutuhkan ketika hendak membuka pelatihan setir mobil. Untuk optimalisasi lebih jauh, Anda bisa menawarkan jasa supir kepada pelanggan yang ingin meminjam mobil yang akan mengantarkan peminjam ke tujuan mereka. Di awal, mungkin cukup sediakan satu atau dua sopir yang sedia ketika dihubungi. Atau bahkan Anda sendiri bisa menjadi sopir bagi pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *