4 Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis dalam Menggunakan Website

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak pebisnis yang memilih website sebagai media untuk menjalankan usaha. Bagi pebisnis yang ingin menghemat dana usaha memilih menggunakan website karena tidak perlu menyewa tempat usaha. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang sudah mempunyai tempat usaha dan masih menggunakan website untuk mengembangkan bisnis. Penggunaan website untuk bisnis memanglah tidak sulit dan dapat mendatangkan banyak manfaat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pelaku bisnis yang memanfaatkan website untuk bisnis.
1. Huruf (font)  yang menarik dan jelas

Bagi para pengguna website untuk bisnis, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan huruf. Gunakanlah huruf yang menarik karena dapat berguna untuk menjaga suasana hati para pengunjung website supaya tidak merasa bosan saat membaca. Terutama jika target konsumen adalah kaum remaja, jenis huruf seperti Comic Sans Ms, Calibri, atau Courier New sebagai pilihan. Hindari menggunakan huruf formal dan membosankan seperti times new roman karena mudah memberi efek bosan dan cepat mengantuk ketika sedang membaca.
Penggunaan huruf yang menarik juga tidak boleh mengesampingkan fungsi utama tulisan yaitu untuk mudah dibaca. Agar tulisan mudah dibaca pilihlah jenis huruf yang jelas. Meskipun jenis huruf seperti Chiller atau Algerian merupakan jenis huruf yang menarik, tetapi bagi sebagian orang tulisan dengan jenis huruf seperti ini sulit untuk dibaca.Pemilihan huruf yang menarik dan jelas sangat penting karena huruf merupakan hal pertama di website yang diperhatikan oleh pengunjung website. Untuk itu, jika tulisan membosankan dan sulit dibaca maka pengunjung website akan malas untuk membuka dan membaca postingan di website Anda.

2. Mudah diakses oleh pelanggan
Selain pemilihan huruf yang menarik dan jelas, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menggunakan website untuk tujuan bisnis adalah kemudahan website tersebut untuk diakses. Pengunjung website akan merasa malas membuka alamat website Anda jika website susah untuk diakses.Kesulitan mengakses website bisa disebabkan oleh beberapa hal. 
Pertama, alamat website yang sulit untuk dihafal. Gunakanlah alamat website yang mudah diahafal seperti nama merk atau nama perusahaan Anda. Hindari menggunakan angka atau simbol-simbol agar alamat mudah untuk dihafal. Pastikan juga bahwa alamat website Anda tidak mirip dengan alamat website lain. Karena bukan tidak mungkin calon konsumen Anda salah menghafal dan lari ke website lain.
Kedua, sebisa mungkin gunakan kapasitas website yang tidak terlalu besar sehingga pengunjung tidak harus terlalu lama menunggu proses pemuatan website (loading). Hal ini mungkin tidak akan berpengaruh bagi masyarakat perkotaan yang memilik akses internet yang cepat, tetapi tidak semua daerah di Indonesia dapat mengakses internet dengan kecepatan seperti di kota-kota besar. Jika ingin mencapai konsumen dari berbagai daerah sebaiknya perhatikan hal ini.
Ketiga, jangan pasang terlalu banyak iklan. Memasang terlalu banyak iklan di website Anda membuat website susah diakses karena sering terjadi salah tekan sehingga pindah ke jendela baru. Kejadian seperti ini sering terjadi dan menjadikan konsumen merasa sebal dan malas untuk mengunjungi website. Terlebih ketika terdapat iklan-iklan yang kurang sesuai untuk dipasang misalnya yang berbau pornografi.
Keempat, pastikan website tidak sering mengalami gangguan. Permasalahan pada website sehingga website tidak bisa dibuka sangat berpengaruh untuk menjaga agar para konsumen tidak pergi. Biasanya gangguan terjadi pada alamat website gratis. Untuk meminimalisasi gangguan yang mungkin terjadi, gunakanlah website berbayar.
3. Identitas atau logo yang menarik dalam website

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu penggunaan identitas yang menjadi ciri khas website. Buatlah logo tertentu dalam website sebagai identitas yang membedakan website Anda dengan website orang lain. Website yang memiliki logo tertentu akan lebih mudah dihafal oleh pengunjung website.
Buatlah logo berupa gambar dengan warna yang menarik. Sesuaikan bentuk dan warna dengan bisnis Anda. Letakan logo pada setaip halaman website untuk memastikan setiap pengunjung melihat dan menghafal logo tersebut. Karena logo merupakan identitas yang membedakan dengan website lain maka jangan buat logo yang menyerupai logo yang pernah dibuat atau digunakan oleh orang lain. Hindari logo yang mengandung sara, seperti lambang palu dan clurit atau lambang-lambang keagamaan. 

4. Respon yang cepat
Setiap website menyediakan kolom tanya jawab/komentar untuk merespon sebagai bentuk komunikasi dua arah antara pengunjung website dengan pengelola website itu sendiri. Pengunjung yang telah meninggalkan komentar terkadang memerlukan balasan untuk komentar-komentar yang telah mereka tulis. Saling berbalas komentar merupakan hal yang penting dilakukan agar website ramai dikunjungi. Begitu pula yang terjadi pada website bisnis. Terkadang terdapat beberapa hal yang kurang jelas yang ingin ditanyakan oleh pengunjung website, lalu mereka meninggalkan komentar. Pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung tersebut sebaiknya ditanggapi dengan cepat sebagai bentuk pelayanan yang baik untuk konsumen. 
Menjaga citra yang baik pada konsumen adalah hal penting dalam bisnis. Pastikan untuk tidak membuat konsumen marah atau kecewa akan pelayanan yang diberikan. Berikan respon yang cepat dan gunakan kalimat yang ramah dan sopan sehingga konsumen tidak merasa tersinggung. Ketika pelanggan merasa puas tidak jarang mereka meninggalkan komentar berupa pujian atau ucapan terima kasih yang mana akan berdampak bagus untuk para pelanggan lain sehingga semakin percaya.
Respon yang cepat juga harus diberikan untuk para konsumen yang ingin membeli produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Disarankan untuk memberi jaminan maksimal waktu untuk merespon. Misalnya jaminan bahwa komentar-komentar akan dibalas dalam waktu kurang dari 24 jam. Pemberian jaminan seperti ini memang berguna untuk meninggkatkan pelayanan terhadap pelanggan namun juga harus disertai dengan komitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan
Dalam menjalankan bisnis melalui website, tidak hanya komentar baik yang ditinggalkan pelanggan. Beberepa pelanggan mungkin meninggalkan komentar-komentar yang kurang baik atau keluhan terhadap pelayanan atau hal-hal lain. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tetap berikan respon yang sopan ketika menjawab komentar tersebut. Demikian 4 hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan web sebagai media berbisnis. Selamat berkarya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *