4 Franchisor UKM Kuliner Sukses di Indonesia

Bisnis franchise semakin berkembang, khususnya di Indonesia. Di tengah himpitan ekonomi, bisnis franchise berhasil membangun kesadaran masyarakat untuk berpikir kreatif. Bisnis yang merupakan bentuk strategi pemasaran ini pun turut memberi harapan bagi para pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tidak memiliki modal yang besar. Satu per satu mulai unjuk gigi dan siap bersaing.

Dewasa ini, banyak pelaku UKM yang akhirnya mempercayakan bisnisnya pada sistem franchise. Bisnis dengan sistem kemitraan ini pun mampu membawa para franchisor muda ini ke pintu gerbang kesuksesan. Terutama para franchisor yang membuka usaha di bidang makanan. Ide demi ide kreatif bermunculan dan membuat bisnis ini semakin kaya akan pelaku UKM yang berani mengambil kesempatan. Siapa saja mereka?



1. Maicih

Dapat dipastikan bahwa merek keripik pedas ini tak asing di telinga Anda. Keripik pedas fenomenal yang berhasil menghantarkan seorang pemuda berusia 27 tahun ke gerbang kesuksesan. Bisnis ini dimulai oleh Axl, seorang pria asal Bandung, pada tahun 2010. Produk utamanya adalah keripik pedas dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang hobi makanan pedas, pasti tidak melewatkan kesempatan untuk mencoba produk homemade ini.

Nama Maicih mempunyai cerita tersendiri. Merek dagang ini terdiri dari dua kata, yakni Mak dan Icih. Kata Mak berasal dari panggilan ibu-ibu pedagang keripik singkong yang akhirnya digabungkan dengan nama kata ‘icih’. Icih berasal dari istilah yang digunakan oleh Bunda Axl untuk menyebut dompet receh. Sesuai dengan namanya yang unik, strategi pemasaran yang dijalankan Axl pun termasuk baru di Indonesia kala itu.

Selain sistem mouth to mouth, Axl juga memasarkan produk fenomenalnya via media sosial, terutama twitter di @infoMaicih. Sistem pemasaran ini pun sukses memperkenalkan produk yang kini sudah dapat ditemukan di berbagai supermarket dan minimarket di Indonesia. Namun sistem ini menjadi unik karena melalui akun tersebut, masyarakat bisa tahu di mana keberadaan mobil yang menjual Maicih berada.

Berkat sistem pemasaran dan penjualan yang unik ini, banyak masyarakat yang berminat untuk menjual produk Maicih. Para calon franchisee ini nantinya akan bergabung di Republik Maicih di bawah naungan PT Maicih Inti Sinergi. Nama bagi para mitra usaha produk Maicih pun terdengar begitu unik, karena sebagai mitra kerja Anda akan disebut sebagai Gubernur, Jenderal, Tim Jendral dan Jendral Junior.

Untuk menjadi Jenderal di Republik Maicih pun tidak sulit. Anda hanya harus mengirim CV, foto berwarna, dan foto kopi identitas ke email maicihSDM@gmail.com dengan subjek Jendral/Tim Jendral – (Wilayah). Setelahnya, Anda cukup bersedia mengikuti sesi wawancara di Bandung, mematuhi SOP, melakukan pembayaran lisensi sebesar 350 ribu rupiah dan menjalankan prosedur pemasaran dari Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Maicih.

Sebagai pionir penjual keripik pedas di Indonesia, Republik Maicih pun terus mengembangkan produknya. Saat ini produk Maicih merambah ke seblak, basreng atau baso goreng dan juga gurilem. Untuk mengetahui ulasan mengenai produk dan informasi mengenai harga serta syarat lainnya untuk menjadi mitra, anda bisa mengunjungi www.maicih.co.id. Selamat mencoba!

2. Kebab Turki Baba Rafi

Bagi Anda pecinta kebab, tentu Baba Rafi bukan merek dagang asing di telinga Anda. Selain banyaknya franchisee yang telah bekerja sama, Kebab Baba Rafi pun merupakan pionir franchise kebab di Indonesia. Jika Maicih berasal dari kota Kembang, Bandung, Kebab Baba Rafi berasal dari kota pahlwan, Surabaya. Bisnis franchise ini didirikan pada tahun 2003 oleh Hendy Setiono.

Kesuksesan Kebab Baba Rafi pun sudah merambah ke dunia internasional. Franchisee Kebab Baba Rafi tak hanya tersebar di seluruh kota di Indonesia, namun juga di negara Malaysia dan Filipina. Bahkan untuk memudahkan pelanggannya, Kebab Baba Rafi membuka gerai online yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Anda pun bisa memesan Kebab Baba Rafi untuk berbagai acara anda.

Selain kebab yang menjadi produk utama, Kebab Baba Rafi juga menawarkan burger, sandwich, roti canai, beverages, dan bidang jasa catering. Bagi yang berminat untuk bergabung bersama dengan Kebab Baba Rafi, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan. Sebut saja seperti penempatan lokasi terbaik yang diriset langsung oleh tim Kebab Baba Rafi, karyawan yang terlatih, 1 unit counter, kebab burner, promotion tools, buku panduan dan lain sebagainya untuk menunjang bisnis Anda. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi www.babarafi.com.

3. Sabana Fried Chicken

Hampir semua orang menyukai masakan ayam goreng, terutama anak kecil. Apalagi ayam fried chicken yang begitu renyah dan menggiurkan. Tidak heran, banyak gerai rumah makan makanan siap saji yang semakin hari semakin bertambah di setiap kota. Selain gerai rumah makan dari perusahaan besar seperti KFC, Mc Donalds dan lain sebagainya, ada pula gerai Sabana Fried Chicken yang tak kalah bersaing.

Sabana Fried Chicken atau biasa disingkat menjadi SFC ini pun menjadi salah satu pengusaha ayam goreng yang diperhitungkan. Tidak heran, banyak pula yang berminat untuk menjadi mitra bisnisnya. Jika anda berminat, Anda hanya cukup membeli franchise Sabana Fried Chicken dengan kisaran harga 13-15 juta rupiah. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi cs.sabanafriedchicken@yahoo.com.

4. Celebrity Pancake Durian

Kesuksesan transformasi karyawan menjadi pengusaha dibuktikan oleh Rosita Nadhya atau akrab dipanggil Ussi. Mantan karyawan salah satu TV swasta ini merupakan salah satu pioner franchise pancake durian. Ide kreatif Ussi ini muncul berkat pancake durian berbentuk risol yang dicobanya di kota Medan. Meskipun tidak menyukai durian, namun ternyata durianlah yang menghantarkannya ke gerbang kesuksesan sebagai pedagang.

Kepercayaan diri yang besar pun akhirnya membawa bisnis yang didirikan pada tahun 2011 membuka peluang franchise di tahun berikutnya. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 mitra yang bergabung menjadi franchisee Celebrity Pancake. Para franchisee ini pun tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Solo, Palembang, Banjarmasin, Pekanbaru dan kota lainnya.  

Untuk menjadi franchisee Celebrity Pancake, Anda hanya perlu membayar lisensi dengan kisaran harga 18 juta rupiah. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapat berbagai fasilitas penunjang bisnis. Ada booth, box freezer, alat raga pemasaran, kotak bungkus dan tak lupa bahan baku pancake sebanyak 400 pcs. Untuk selanjutnya, Anda dapat membeli bahan baku ke pusat dengan minimal pembelian 250 pcs.

Selain mendapat fasilitas, calon franchisee Celebrity Pancake pun diberi keuntungan yang luar biasa. Sebelum memulai bisnisnya, franchisee diberikan workshop tentang bagaimana membuat pancake. Celebrity Pancake pun tak memungut royalti dari keuntungan yang Anda dapatkan. Bahkan Anda diperbolehkan untuk menjual melebihi harga yang ditentukan oleh pusat.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi ke nomor (021) – 2561 7914 atau datang langsung ke toko fisik Celebrity Pancake di Kios Apartement City Park Tower CC 1/38 (depan lobby tower E), Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Selamat Mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *