4 Cara Memasarkan Produk Anda

Terdapat beberapa aspek dan tahap yang perlu dipenuhi dalam berbisnis waralaba. Tulisan ini akan membahas salah satu diantaranya, yaitu bagaimana cara untuk menjual produk sehingga mendatangkan banyak pembeli. Hal ini sangat penting karena tujuan bisnis waralaba adalah untuk menjual suatu produk. Tidak hanya sekedar menjual, Anda harus berinovasi dan berkembang sehingga nantinya akan mencapai titik penjualan tertinggi yang membuat Anda sukses.
Anda pasti menemukan bahwa ada beberapa produk yang tidak terlalu bagus, tetapi memiliki begitu banyak orang yang membelinya. Banyak juga waralaba makanan dan minuman yang Anda pikir biasa saja, tetapi sangat laku dijual di pasaran. Dari sinilah Anda harus mencoba untuk belajar bagaimana teknik pemasaranatau penjualan dari produk yang nanti akan dijual dan tidak kalah laku dengan produk-produk lainnya yang sudah memiliki merek terkenal.
Sebelum masuk pada penjelasan teknis. Pastikan produk Anda berkualitas sehingga dapat memberi kesan yang baik bagi para calon pembeli yang nantinya akan membuat mereka membeli kembali dan menjadi pelanggan tetap. Setelah meyakinkan diri bahwa produk waralaba yang Anda miliki layak jual dan sesuai dengan kebutuhan, waktunya untuk menjual produk tersebut dengan cara yang benar karena belum tentu kualitas baik bisa laku untuk dijual.
1. Nama
Pemilihan nama suatu produk menjadi sangat penting dalam proses jual-beli produk. Kenali pasar sesuaikan dengan produk apa yang akan dijual. Para pembeli menyukai sesuatu yang dianggap baru dan tidak biasa. Anda tidak akan menjual teh manis dengan nama ‘teh manis’ bukan? Buat pembeli merasa tertarik untuk membeli, buat pembeli merasa penasaran dengan produk yang akan dijual, misalnya Anda bisa menamainya dengan Teh-Bu (Teh Tebu).
Untuk menarik pelanggan dengan jumlah yang banyak bisa menggunakan sebuah nama yang mewakili filosofi produk yang ditawarkan. Tetapi perlu diingat kembali bahwa produk yang Anda miliki adalah untuk dijual, filosofi yang layak disukai dan dapat membuat seseorang untuk membeli sangat penting untuk dipertimbangkan. Misalnya Anda adalah seorang yang mencintai negara, dan ingin produk Anda dibeli oleh berbagai kalangan, untuk produk teh, bisa dinamai dengan Teh Nusantara.
Nama sebuah merek produk diusahakan untuk sekreatif mungkin tetapi mudah dimengerti oleh para pembeli, sehingga pembeli tahu produk apa yang nanti akan mereka konsumsi. Kreatif memiliki arti membuat seseorang mau membeli produk dan senang dengan nama produk yang segar, jenaka, mudah diucapkan, dan berbeda dari produk yang lainnya. Lebih penting lagi adalah nama produk yang mudah diingat sehingga pembeli tidak akan lupa dengan produk yang Anda miliki.
Anda juga bisa merepresentasikan produk yang akan dijual pada nama produk tersebut, seperti Keripik Melek yang memang akan membuat mata terbelalak ketika memakannya. Jika pebisnis adalah orang yang lebih spontan, nama suatu produk tidak perlu ada sangkut-pautnya dengan hal apapun, Anda bisa memberi nama semaunya. Tetapi inti dari pemilihan nama adalah lebih kepada usaha agar para pembeli mengenali produk yang dijual. 
2. Media jual-beli
Pada zaman seperti sekarang ini, berbisnis waralaba dengan cara yang tradisional sulit sekali mendapatkan tempat. Anda harus mengikuti zaman dalam cara melakukan penjualan produk. Sekarang adalah zaman serba internet, segala hal termasuk jual-beli sudah melalui media internet. Selain membuka satu toko untuk berjualan, Anda juga harus melakukan penjualan melalui internet karena di sana jug lah para pembeli berada.
Ikutilah perkembangan yang sedang popular seperti menggunakan media sosial. Dari sana Anda bisa menawarkan produk waralaba. Selain mudah untuk dicari, media internet mudah untuk dikunjungi khususnya bagi para pembeli yang senang untuk keluar dari rumah. Lalu lengkapilah bisnis waralab dengan layanan pengiriman atau dikenal juga dengan delivery untuk menambah jumlah pembeli yang berada di luar jangkuan toko Anda berada.
3. Iklan
Iklankan dan promosikan! Tidak akan pernah ada yang tahu jika Anda memiliki suatu produk tetapi tidak pernah mengenalkan kepada orang-orang. Anda bisa membuat sebuah leaflet atau banner, buat semenarik mungkin dan seceria mungkin karena itu akan mengundang pembeli dan memberi kesan positif orang-orang untuk membeli dan mengenal bahwa produk Anda buka lah produk yang negatif dangan pengiklanan seperti itu.
Jika memiliki modal yang berlebih, bisa menyewa artis untuk mempromosikan produk Anda. Orang-orang memiliki kecenderungan untuk meniru, apalagi meniru orang-orang yang memiliki kedudukan di suatu masyarakat, oleh karena itu banyak sekali produk yang menggunakan jasa artis sebagai cara promosinya. Atau membuat sebuah video iklan berdurasi 1 menit untuk ditayangkan di televisi.
Tetapi tidak semua bisnis waralaba memiliki modal yang besar, jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki modal terbatas, gunakanlah media sosial sebagai media untuk beriklan. Selain gratis, banyak orang yang membaca iklan yang dipasang sehingga untuk mengingatkan bahwa penduduk Indonesia adalah peringkat tertinggi pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan lainnya. Media sosial menjadi sara iklan terbaik Anda yang mudah dan gratis!
Anda juga bisa menggunakan program promo untuk mengenalkan produk yang ditawarkan kepada para pembeli. Selain itu juga bisa memberikan beberapa souvenir (oleh-oleh) atau potongan harga di awal bisnis waralaba yang dijalankan. Setelah orang-orang mau membeli produk Anda yang ditemani dengan bonus ataupun harga miring, setelah itu dengan kualitas produk yang baik, maka setelah mengenali produk Anda, para pembeli akan kembali meski dengan harga yang kembali normal seperti seharusnya.
4. Pertahankan
Pertahankan prestasi produk pada level yang optimal. Buat citra positif agar produk tetap baik. Tidak ada yang lebih efektif dalam mendatangkan para pelanggan dan pembeli baru selain konsistensi pada kualitas produk dan pelayanan yang Anda berikan. Jika hal-hal tersebut terpenuhi maka akan ada timbal balik yang baik dan lebih ampuh lagi, yaitu promosi dengan sistem mulut ke mulut. Produk Anda akan diperbincangkan dan dikenal oleh publik.
Demikian artikel tentang cara menjual produk waralaba yang efektif. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi yang ingin menjalankan bisnis waralaba. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *