39 Fakta Menarik Tentang Yahoo

Siapa yang tidak tahu Yahoo!? Pasti semuanya sudah tahu. Kalian pasti pernah membuat email menggunakan akun Yahoo. Situs yang dimiliki sangat membantu penggunanya dalam mencari informasi dan berita terbaru. Kalian juga bisa menggunakan akun ini untuk berbisnis. Meski memiliki banyak pesaing seperti Google namun tidak menghentikan langkanya untuk berkembang dan menjadi nomor 1. Berikut fakta menarik mengenai Yahoo!:

1. Pada awalnya Yahoo!  Bernama Jerry Yang and David Fillo World Wide Web namun diganti karena namanya terlalu panjang.

2. Singkatan dari Yahoo! adalah Yet Another Hierarchical Oficious Oracle yang artinya sebuah tempat bertanya yang paling tahu segalanya yang disusun secara bertingkat dan sistematis.

3. Yahoo! Inc didirikan pada januari 1994 dan resmi dibentuk pada tanggal 1 Maret 1994 oleh Jerry Yang dan David Fillo.

4. Pada tanggal 16 Juli 2012 Jerry Yang dan David Fillo mengangkat Marrisa Meyer sebagai CEO dan Presiden Yahoo!.

5. Jerry Yang memegang 3,69% saham dan David Fillo memegang 6% saham Yahoo!.

6. Setelah dipimpin Marissa Meyer Yahoo! Mengalami perkembangan yang pesat. Pada september 2013 tercatat 800 juta penggunjung yang mengunjungi halaman Yahoo!

7. Untuk menyegarkan tampilannya tahun 2013 Yahoo! Berganti logo. Kali ini huruf Y dan O paling belakang terlihat lebih besar. Dan logo kali ini lebih langsing namun masih dalam balutan warna ungu.

8. Marrisa Mayer adalah lulusan Master of Science dari Stanford University.

9. Pendapatannya perbulan berkisar sekitar 3 triliun rupiah.

10. Yahoo! adalah pelopor pertama yang menyediakan layanan berkirim pesan dengan email dan tidak dibatasi jumlah penggunanya.

11. Sebelum beralih ke Yahoo! Inc Marissa Mayer menjabat sebagai eksekutif Google.

12. Selama 5 tahun terakhir Yahoo! telah megangkat satu CEO setiap tahunnya.

13. Yahoo! mengklaim hampir setengah miliar pengunjung ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.

14. Awalnya Jerry dan David membuat situs ini untuk dirinya sendiri namun kemudian sadar bahwa situs ini bisa digunakan oleh siapa saja.

15. Karena belum memiliki modal mereka memanfaatkan komputer-komputer di universitas mereka. Kemudian data disimpan pada komputer Jerry Yang dengan nickname Akebono, sedangkan mesin pencari berada di komputer David Fillo dengan nickname Konishiki.

16. Tahukah kamu bahwa kedua nikcname tersebut diambil dari nama pegulat Hawaii pujaan mereka?

17. Pada satu bulan pertamanya Jerry dan David berhasil menarik 1 juta peggunjung per harinya yang menyebabkan portabel kampus mengalami penurunan. Hingga akhirnya pihak kampus menyuruh mereka untuk membangun sendiri usahanya.

18. Sebagian dari pendapatan mereka digunakan untuk pembangunan sekitar universitas yang telah banyak membantunya.

19. Yahoo! Inc berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

20. Terkenal akan portal web dan mesin pencari atau Yahoo! Search, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groubs, Yahoo! Answers. Juga situs dan layanan periklanan, berbagi video, olahraga fantasi, peta dan media sosialnya.

21. Tanggal 8 Maret 1998 Yahoo! Meluncurkan Yahoo! Pager setahun kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messengger.

22. Juli 2013 berhasil mengakuisisi Overture Services. Inc dan anak Althavista dan Alltheweb.

23. Untuk menyempurnakan Yahoo! Search pada 17 Januari 2006 mengakusisi sebuah mesin pencari SearchFox.

24. Ada situs khusus yang dirancang untuk wanita berusia 25- 54 tahun untuk mencari informasi dan saran secara online yaitu Shine yang sekarang berganti menjadi She. Disini kaum wanita bisa saling bertanya dan berbagi cerita tentang hal-hal yang berkaitan dengan wanita.

25. Yahoo! Autos, Yahoo! Shopping, Yahoo! Real Estates, Yahoo! Travel adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan data yang relevan, melakukan transaksi komersil dan pembelian online.

26. Yahoo! menyediakan situs yang memungkinkan pengguna untuk membuka toko onlinenya sendiri secara profesional yaitu Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, Yahoo! Store.

27. Bagi para pebisnis juga bisa mengiklankan produknya pada link Bisnis Yahoo! Seperti Sponsored Search, Local Advertising dan Product/Travel/Directory.

28. Bukan rahasia lagi jika Yahoo! dan Google bersaing untuk lebih terdepan dan tercanggih. Yang penting persaingan mereka dilakukan secara sehat dan sportif.

29. Yahoo! lebih senior dari Google, Yahoo! didirikan pada 1 Maret 1995 sedangkan Google berdiri pada 7 September 1998.

30. Para pendidiri Yahoo! dan Google adalah sama-sama lulusan dari Stanford University. Saat Yahoo! masih berkembang para pendidri Google sedang merampungkan PhDnya.

31. Yahoo! lebih fokus pada layanan berita dan email.

32. Yahoo! OMG diciptakan untuk mendukung olahraga khususnya sepak bola. Di situs ini para penggila sepak bola dapat bertukar informasi dan tentunya mendapat informasi terbaru.

33. Dalam Yahoo! Messenger terdapat fitur video conference yang digunakan oleh 3 orang atau lebih untuk bertatap muka. Sangat mempermudah penggunanya untuk berkomunikasi jarak jauh.

34. Jika Youtube sudah dibeli oleh Google maka sebentar lagi Yahoo! juga akan memiliki fitur yang serupa. Kabarnya Yahoo! melakukan penawaran besar pada para selebritis Hollywod agar beralih menggunakan situs terbarunya. Tentunya ini untuk mendongkrak kepopuleran Yahoo!.

35. Mulai Juni 2014 pengguna Flickr tidak bisa lagi log-in lewat Facebook dan Google. Pengguna harus membuat akun di Yahoo! agar bisa log-in. Hal ini dilakukan agar Yahoo! tidak lagi bergantung pada media layanan lainnya.

36. Domain yahoo.com dibentuk pada 18 Januari 1995.

37. Memiliki 25 lokasi yang tersebear di di benua Eropa, Asia, Australia, Amerika Latin, Kanada dan Amerika Serikat.

38. Yahoo! Celebrity dibentuk agar para pengguna dapat mengetahui berita terkini dan terbaru dari selebriti faforit masing-masing.

39. Yahoo! telah menghentikan layanannya seperti Geocities, Yahoo! 3600, Yahoo! Mash Beta, Yahoo! Photos, Yahoo! Tech, Farechase, My Web, Audio Search, Pets, Live, Kickstar, Briefcase, Yahoo! For Teachers dan Yahoo! Go.  

Bagaimana? Sekarang kalian sudah sedikit banyak tahu tentang Yahoo!? Tidak hanya menggunakan bebera situsnya saja namun sebaiknya juga tahu tentang faktanya. Dari uraian diatas Yahoo! memang telah mengalami perombakan. Baik itu situs maupun sistem organisasi perusahaannya. Apalagi setelah berganti ketua, banyak dobrakan yang telah dilakukannya. Meski Merrisa Mayer seorang wanita nyatanya dia mampu bersaing dengan para laki-laki. Berkat Yahoo! kita dapat melancarkan bisnis, berkomunikasi, berbagi berita dan informasi. Terima kasih Yahoo!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *