36 Fakta Menarik Tentang Garuda Indonesia

1. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional dan terbesar di Indonesia.

2. Presiden Soekarno memberikan nama “Garuda” dengan inspirasi dari satu baris sajak bahasa Belanda gubahan pujangga Raden Mas Noto Soeroto di zaman kolonial yaitu “Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden”  yang berarti ‘Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu’.

3. Presiden Soekarno menghadiri upacara peresmian Garuda Indonesia sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS). 

4. Garuda Indonesia dilarang menerbangi rute menuju Eropa pada tahun 2007 karena kecelakaan. yang menimpanya yaitu pesawat A300 jatuh di Sibolangit, Sumatera Utara dan menewaskan seluruh penumpangnya. Setahun kemudian, Garuda Indonesia baru menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA yang menyebutkan bahwa maskapai penerbangan ini memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional.

5. Garuda Indonesia bergabung dengan aliansi SkyTeam sebagai anggota yang ke 20 dan berlangsung di Denpasar pada tanggal 5 Maret 2014.


6. Garuda Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama dengan Liverpool FC Inggris dan menjadi sponsor resminya.. 

7. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan “World Best Economy Class” dan “World Best Economy Seat Class”. 

8. Garuda Indonesia berada di peringkat ke-8 sebagai maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax.

9. Rute penerbangan Garuda Indonesia dengan Boeing 777-300ER ke Amsterdam dilayani secara nonstop.

10. Pesawat perdana Garuda Indonesia Douglas DC-3 Seulawah di Taman Mini Indonesia Indah adalah sumbangan rakyat Aceh.

11. Garuda Indonesia membeli tiga pesawat turboprop Lockheed L-188C Electra yang dinas aktif pada bulan Januari 1961 dan diberi nama “Pulau Bali”, “Candi Borobudur” dan “Danau Toba”.

12. Sejak tahun 1963, Garuda Indonesia telah menyediakan rute penerbangan bernama “Emerald Route” yang menuju Tokyo dengan pesawat L-188 dengan perhentian di Hongkong. 

13. Garuda Indonesia maskapai pertama di Asia Tenggara yang mengoperasikan pesawat jet subsonik pada tahun 1964 dengan tiga pesawat Convair 990A yang diberi nama “Majapahit”, “Pajajaran” dan “Sriwijaya”. Dengan pesawat ini pula Garuda membuka penerbangan antarbenua dari Jakarta ke Amsterdam melewati Medan, Bombay, Beirut dan Roma.

14. Garuda Indonesia merupakan salah satu pengguna McDonnell Douglas DC-9 pertama di Asia untuk menghubungkan kota di Indonesia

15. Garuda Indonesia merupakan operator terbesar Fokker 28 dengan jumlah 63 unit pesawat yang pernah dioperasikan pada tahun 1980. 

16. Garuda Indonesia merupakan konsumen perdana dan Airlines Partner dalam proyek Airbus A300B4-220FFCC yang berawakkan kokpit 2. Pesawat tersebut didesain Wiweko Soepono (Dirut Garuda Indonesia saat itu)  dan desainnya terus berpengaruh dalam industri penerbangan.

17. Citilink dibentuk tahun 2000-an sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia yang menyediakan penerbangan biaya murah dari Surabaya ke kota-kota lain di Indonesia. 

18. Peristiwa internasional yang sangat merugikan Garuda Indonesia antara lain adalah Serangan 11 September 2001, Bom Bali I dan Bom Bali II, wabah SARS, dan Bencana Tsunami Aceh 26 Desember 2004.

19. Boeing 737 pernah jatuh di Yogyakarta ketika akan mendarat pada tahun 2009. Hal ini mengakibatkan sanksi Uni Eropa yang melarang semua pesawat maskapai Indonesia menerbangi rute Eropa. 

20. Setelah perbaikan besar-besaran dan misi inspeksi oleh tim pimpinan Frederico Grandini di rute Jakarta – Amsterdam, pada tahun 2010 Garuda Indonesia diperbolehkan kembali terbang ke Eropa.

21. Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa harga saham Garuda bernilai Rp.750 per saham dan mengurangi penawaran saham dari 9,362 miliar lembar ke 6,3 miliar lembar saham pada tahun 2011. 

22. Pada 27 April 2012, CT Corp melalui PT Trans Airways membeli 10.9% saham Garuda Indonesia di harga Rp620 per lembar dengan total sebesar Rp 1,53 triliun. Harga ini lebih rendah dari harga terendah yaitu Rp395 per lembar, tapi masih dibawah harga IPO sebesar Rp750 per lembar.

23. Anak perusahaan Garuda Indonesia adalah:
– PT Citilink Indonesia (Citilink)
– PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF AeroAsia)
– PT Aero Wisata (AeroWisata)
– PT Abacus Distribution Systems Indonesia 
– PT Aero Systems Indonesia 

24. Unit bisnis strategis Garuda Indonesia adalah:
– Garuda Indonesia Training Center
– Garuda Indonesia Cargo 
– Garuda Sentra Medika
– Quantum Leap Program

25. Quantum Leap adalah rencana terbesar yang pernah dibuat Garuda Indonesia. Rencana ekspansi lima tahun ini mencakup rencana re-branding maskapai dengan mengubah livery maskapai, memperkenalkan seragam staf baru,menggandakan armadanya dari 62 menjadi 116 pesawat dan menaikkan 10,1 juta penumpang per tahun menjadi 27.6 juta dalam periode yang sama serta menaikkan pertambahan jumalah rute domestik maupun internasional dari 41 menjadi 62. Rute ekspansi di awali dari pembukaan rute ke Amsterdam, dengan transit di Dubai oleh pesawat Airbus A330-200. Pada tahun 2014, Penerbangan non-stop menggunakan pesawat Boeing 777-300ER direncanakan akan dimulai menuju ke beberapa rute dunia seperti London, Frankfurt, Paris, Roma, Madrid dan Los Angeles serta kota lainnya dipertimbangkan untuk dibuka kembali.

26. Logo baru Garuda Indonesia dikembangkan oleh konsultan merek Landor Associates dengan ide dasar bernama “sayap alam” . Logo baru ini dibuat untuk mengganti logo lama dengan harapan untuk dapat “menangkap semangat keramahan Indonesia dan profesionalisme”. Garuda Indonesia menggunakan logo baru pada sirip Airbus A330-200 tanggal 10 Juni 2009 setelah mengganti logo lama yang dipakai lebih dari 27 tahun. 

27. Seragam baru bagi pramugari Garuda Indonesia didesain dengan inspirasi dari kebaya tradisional Gondosuli dengan motif batik lereng dilengkapi dengan kebaya warna biru gaya Kartini. Seragam baru pramugara adalah jas abu-abu, kemeja biru dan dasi bermerek, yang didesain oleh Josephine Komara. 

28. “Garuda Indonesia Experience” adalah konsep pelayanan baru Garuda Indonesia yang mengusung aspek kebudayaan, masakan, dan keramahan Indonesia. Layanan ini menawarkan Mini Nasi Tumpeng Nusantara dan jus martebe(markisa dan terong belanda) sebagai menu baru yang berkelas.

29. Garuda In-Flight Magazine adalah majalah resmi terbitan Garuda Indonesia. Majalah ini diterbitkan di bawah lisensi untuk Garuda Indonesia oleh PT Indo Multi Media dan memiliki oplah 60.000 eksemplar yang didistribusikan pada seluruh penerbangan Garuda Indonesia. Garuda In-Flight Magazine memiliki lebih dari 900.000 pembaca per bulan

30. Pada tahun 2010, 5000 jemaah haji terlantar di Arab Saudi akibat terbatasnya pintu keberangkatan di bandara yang mengganggu jadwal peberbangan Garuda Indonesia.

31.  Garuda Indonesia Virtual memiliki 416 pilot, yang 83% yang aktif.

32. Sydney, Melbourne dan Perth adalah kota yang paling sering menyambut penerbangan Garuda.

33. CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar membersihkan toilet untuk menginspirasi para stafnya agar semakin rajin.

34. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang bergabung dengan SkyTeam.

35. Garuda Indonesia terpilih sebagai pesawat terbaik di dunia pada tahun 2010 dan dipuji sebagai maskapai penerbangan bintang-4.

36. Pesawat pertamanya Garuda Indonesia DC-3, disita dalam Revolusi Nasional Indonesia, saat konflik bersenjata muncul antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1945. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *