35 Fakta Menarik Tentang Gillette

Laki-laki pasti familiar dengan nama ini. Sebagai merek pisau cukur untuk pria, Gillette memang sukses dalam bidangnya dan merek ini memang sangat terkenal di berbagai kalangan. Ditambah produk ini juga sangat mudah didapatkan, seperti di supermarket, minimarket, bahkan warung sekalipun biasanya menjual pisau cukur merek ini. Dibalik kesuksesan dari Gillette, fakta-fakta apa saja kah yang perlu kita ketahui? Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari Gillette.
1. Gillette merupakan salah satu produk perawatan pribadi dari Procter & Gamble (P&G).
2. Procter & Gamble di Cincinnati didirikan pada tahun 1837 dan menjual sabun dan lilin kepada tentara pemerintah Amerika Serikat selama perang sipil.
3. Gillette merupakan salah satu merek yang dimiliki oleh The Gillete Company yang berlokasi.
4. The Gillette Company didirikan oleh King C. Gillette pada tahun 1901 sebagai produsen pisau cukur yang aman.
5. King Camp Gillete lahir pada tanggal 5 Januari 1855 di Fond du Lac, Wisconsin.
6. Ayah dari King Camp Gillette yang bernama George Wilcott Gillette merupakan seorang postmaster, redaktur koran mingguan, dan seorang pemikir yang inventif. Sifat senang berinovasi dan menciptakan sesuatu dipercaya merupakan sifat turunan dari ayahnya.
7. Sifat King C. Gillette yang menyukai segala sesuatu yang efisien dan membenci membuang-buang waktu, diperkirakan merupakan sifat yang ditularkan dari ibunya yang beernama Fanny Lemira Camp yang memiliki sifat tenang, disiplin, dan mengendalikan rumah tangganya.
8. King C. Gillette dan keluarganya pernah pindah ke Chicago, Illinois, dan kemudian pindah kembali ke Kota New York setelah terjadi kebakaran yang besar dan menghabiskan semua harta benda milik keluarganya.
9. Sebelum menjadi seorang inventor dari alat cukur, ia adalah seorang salesman.
10. Produk alat ccukur Gillette disebut sebagai “Gillette Safety Razor” karena memang produknya yang aman digunakan untuk mencukur.  Ditambah pada masa itu mencukur dianggap sebagai kegiatan yang mengganggu dan kadang berbahaya.
11. King C. Gillette mengajukan aplikasi merek dagang untuk produk-produknya yang berupa pisau cukur, sabun, dan sikat cukur kepada United States Patent dan Trademark Office secara bersamaan dengan nama perusahaan Gillette Safety Razor Company.
12. Gillette menggunakan hak paten dan penggunaan merek dagangnya ini pertama kali pada tanggal 16 Mei 1908. Kini merek dagang dari ketiga barang tersebut sudah tidak berlaku lagi.
13. The Gillette Company bergabung dengan P & G pada tahun 2005 dan sejak itu, The Gillette Company sendiri sudah tidak ada lagi. Penggabungan dua perusahaan ini menciptakan perusahaan terbesar di bidang perawatan diri dan produk kebutuhan rumah tangga.
14. Global Gillette adalah aset-aset milik The Gillette Company. Pada bulan Juli tahun 2007, Global Gillette dibubarkan dan dimasukkan ke dalam dua divisi dari Procter & gamble, yaitu Procter & Gamble Beauty dan Procter & Gamble Household Care.
15. Gillette South Boston Manufacturing Center disebut juga sebagai Gillete World Shaving Headquarters.
16. Gillette yang terletak di Boston menghabiskan biaya hingga 600 juta US Dollar per tahun untuk periklanan.
17. Slogan yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah “The Best a Man Can Get”.
18. Alat cukur Gillette pertama yang merupakan pisau sekali pakai ini mulai dijual pada tahun 1903.
19. Pada tahun 1947, Gillette mengenalkan model barunya yang bernama “Super Speed”. Model ini diperbarui kembali pada tahun 1954 dengan versi yang berbeda dan dapat digunakan untuk mencukur lebih mudah.
20. Tehmatic merupakan pisau cukur tunggal yang diperkenalkan pertama kali pada pertengahan tahun 1960-an, sedangkan Trac II merupakan alat cukur dengan dua buah pisau pertama di dunia yang ditunjukkan pertama kali pada tahun 1971.
21. Keinginan perusahaan untuk membuat produk yang lebih mahal dengan klaim “produk terbaik yang pernah ada” membuat Gillette terlibat dalam masalah pada tahun 2005.
22. Proses produksi alat cukur dari Procter & Gamble kini sedang diawasi karena adanya dugaan kolusi antara produsen dan pengecer dalam menentukan harga.
23. Menurut Daily Mail di Inggris, orang-orang dalam Procter & Gamble mengaku bahwa biaya yang diperlukan untuk pisau cukur Fusion hanya sebesar 0,05 Poundsterling, namun nyatanya barang tersebut dijual seharga 2,43 Poundsterling per buah.
24. Pada tahun 1999, sebagai sebuah perusahaan, Gillette dihargai sebesar 43 miliar US Dollar. Sedangkan untuk nama atau merek “Gillette” itu sendiri dihargai sebesar 16 miliar US Dollar.
25. Bentuk-bentuk promosi yang dilakukan untuk para konsumennya—terutama remaja pria—antara lain dengan menjadi sponsor di event olahraga seperti Major League Baseball, England National Rugby League Team, dan Rugby League for Nations.
26. Beberapa atlet yang disponsori oleh Gillette antara lain Roger Federer, Tiger Woods, Shoaib Malik, Derek Jeter, Thierry Henry, Kenan Sofuoglu, Park Ji-Sung, Rahul Dravid, dan Michael Clarke.
27. Procter & Gamble merupakan salah satu perusahaan dengan nilai merek yang paling mahal di dunia.
28. Gillette mengontrol sekitar 75% pasar, khusus di produk alat cukur.
29. Dalam bukunya yang berjudul The Man and His Wonderful Shaving Device—King C. Gillette yang ditulis oleh Russel B. Adams, Jr., King C. Gillete mengatakan bahwa ia tidak pernah berpikir akan menjadi seorang penemu alat cukur dan memiliki sebuah perusahaan besar dengan namanya terpampang di depannya. Malah ia dulu sempat berpikir akan menjadi seorang reformis sosial atau ahli ekonomi.
30. Disebut dalam majalah Fortune, pada Perang Dunia I, Gillette men-supply 3,5 juta pisau cukur dan 36 juta pisau ke pasukan Amerika Serikat.
31. King C. Gillette mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden perusahaan karena usianya yang semakin tua dan kondisinya yang menurun pada bulan April 1931.
32. King C. Gillette meninggal di Los Angeles pada tanggal 9 Juli 1932.
33. Menurut laporan yang ada, Gillette membayar 40 juta Poundsterling atau sekitar 75,4 juta US Dollar kepada pemain sepak bola internasional, David Beckham, sebagai kontrak untuk membuat David Beckham menjadi tokoh dari Gillette.
34. Procter & Gamble mempekerjakan sekitar 110.000 tenaga kerja di seluruh dunia dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 141 miliar US Dollar.
35. Gillette mepekerjakan sebanyak 28.400 tenaga kerja di seluruh dunia dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 45 miliar US Dollar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *