33 Fakta Menarik Tentang Honda

Honda merupakan salah satu merk kendaraan bermotor yang sangat terkenal di Indonesia. Sebagai bukti, Anda dapat dengan mudah menemukan gerai-gerai atau tempat service khusus kendaraan hasil produksi Jepang ini. Sebagai salah satu merk yang paling disukai, Honda memiliki fakta-fakta menarik yang perlu Anda tahu. Apa sajakah fakta-fakta tersebut?
1. Perusahaan yang kita kenal sebagai Honda Motor Co., Ltd. Ini memiliki nama lain , yaitu Honda Giken Kogyo Kabushiki—gaisha.
2. Perusahaan ini didirikan pada bulan Okttober tahun 1946 dan resmi pada tanggal 24 September 1948 di Hamamatsu, Jepang.
3. Honda Sōichirō, pendiri Honda, memang memiliki mindat di bidang mesin dan pengalaman bekerja sebagai mekanik di Art Shokai Garage, namun tidak mengikuti sekolah tekniknya hingga lulus. Ia sering mengunjungi pabrik-pabrik di Jepang untuk lebih memahami kualitas dari mesin.
4. Sebelum mendirikan Honda, Honda Sōichirō pernah mendirikan Tōkai Seiki yang menjadi supplier piston rings untuk Toyota.
5. Pada tahun 1949, Honda membuat sepeda motor pertama mereka yang dinamakan Model D. Dan produksi kendaraan lain pertamanya disebut T360 pada tahuhn 1963, kendaraan tersebut adalah jenis pick-up truck. Pada tahun yang sama, Honda juga membuat mobil pertamanya yang merupakan mobil sports bernama S500.
6. Setelah kematian Honda Sōichirō pada tahun 1990-an, Honda mengalami penurunan yang serius. Posisinya terancam oleh Mitsubishi Motors yang pada saat itu merupakan produsen kendaraan yang lebih besar.
7. Pada tahun 2012, Honda telah memproduksi kendaraan sebanyak 4.110.000 buah, temasuk kendaraan mewah, skuter, dan motor.
8. Sejak tahun 1959, Honda telah menjadi pabrik motor terbesar dan produsen mesin pembakaran internal terbesar di dunia dengan hasil produksi sebanyak 14 juta mesin pembakaran internal setiap tahun.
9. Pada tahun 2001, Honda juga menjadi produsen mobil terbesar kedua di Jepang dan kedelapan di dunia setelah General Motors, Volkswagen Group, Toyota, Hyundai Motor Group, Ford, Nissan, dan PSA pada tahun 2011.
10. Honda juga merupakan produsen mobil mewah berdedikasi pertama, Acura, pada tahun 1986.
11. Selain memproduksi kendaraan bermotor seperti motor dan mobil sebagai sumber keuntungan utama, Honda juga memproduksi peralatan lain seperti peralatan kebun, mesin pembangkit listrik,  dan lain-lain.
12. Honda telah terlibat dalam penelitian robot pintar sejak tahun 1986 dan telah merilis robot ASIMO pada tahun 2000.
13. Honda juga telah pergi ke luar angkasa dengan pembuatan mesin GE Honda Ero pada tahun 2004 dan Honda HA-420 HondaJet yang mulai produksinya pada tahun 2012.
14. Honda memiliki tiga perusahaan gabungan yang terletak di China, yaitu Hnda China, Dongfeng Honda, dan Guangqi Honda.
15. Honda telah menginvestasikan dana pendapatannya sebesar 5,7% atau sekitar 6,8 miliar US Dollar untuk penelitian dan pengembangan.
16. Pada tahun 2003, Honda merupakan produsen mobil Jepang pertama yang menjadi eksportir bersih dari Amerika Serikat. Honda mengekspor sebanyak 108.705 mobil dan Acura, sementara mengimpor hanya sebanyak 88.357 kendaraan.
17. Kantor pusat Honda berada di Minato, Tokyo, Jepang. 
18. Saham dari Honda diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo dan Bursa Efek New York.
19. Honda memiliki pabrik perakitan di berbagai negara di seluruh dunia, yaitu di China, Amerika Serikat, Pakistan, Kanada, Inggris, Jepang, Belgia, Brazil, Meksiko, Selandia Baru, Malaysia, Indonesia, India, Filiphina, Thailand, Vietnam, Turki, Taiwan, Peru, dan Argentina.
20. Pada tahun 2010, sebanyak 89% kendaraan Honda dan Acura yang dijual di Amerika Serikat dibuat di pabrik yang ada di Amerika Serikat.
21. Total pendapatan Honda pada tahun 2007 sebesar 1.681.190 juta Yen di Jepang, 5.980.876 juta yen di Amerika Utara, 1.236.757 juta yen di Eropa, 1.283.154 juta yen di Asia, dan 905.163 juta yen di daerah lain.
22. American Honda Motor Company terletak di Torrance, California; Honda Canada, Inc. berlokasi di Markham, Ontario; Honda of Canada Manufacturing berlokasi di Alliston, Ontario; Honda Siel Cars dan Hero Honda Motorcycles di India; Guangzhou Honda dan Dongfeng Honda di China; Boon Siew Honda di Malaysia; dan Honda Atlas berada di Pakistan.
23. Setelah mengalami beberapa pergantian pemimpin, kini Honda dipimpin oleh Takanobu Ito sejak tahun 2009.
24. Honda merupakan produsen motor injeksi paling irit.
25. Sepeda motor produksi Honda dinobatkan sebagai merk sepeda motor yang paling disukai oleh para pengguna internet di Indonesia dalam ajang Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand 2013 yang diselenggarakan oleh Lembaga Riset Pemasaran MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diterima untuk ketiga kalinya.
26. Mobil produksi Honda selalu mengembangkan teknologi pada produk-produknya. Teknologi tersebut pertama-tama akan ditawarkan sebagai optional equipment, kemudian apabila terbukti laris dan memang berfungsi sebagaimana mestinya, teknologi tersebut akan dijadikan standar. Contohny adalah anti lock brakes, power streering yang sensitif dan cepat, serta multi-port fuel injection pada awal tahun 1980-an.
27. Bersama dengan Toyota Corolla, Civic—yang merupakan hasil produksi Honda—merupakan mobil yang paling sering dipesan di Amerika Utara.
28. Civic, Accord, dan Prelude, merupakan kendaraan Honda yang dijual di Amerika Utara hingga tahun 1990-an.
29. Honda memproduksi Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida, yang bersaing dengan Toyota Prius.
30. Pada tahun 2006, The Light Duty Ridgeline memenangkan Penghargaan Truck of the Year dari majalah Motor Trend. Setelah didesain ulang, Civic juga dinobatkan sebagai “Car of the Year” dari majalah Motor Trend pada tahun yang sama.
31. Sejak produksinya pada tahun 1955, Honda telah menjadi produsen motor terbesar di Jepang.
32. Produksi motor Honda mencapai puncaknya pada tahun 1982. Honda memproduksi hingga hampir mencapai tiga juta motor dalam setahun. Namun, pada tahun 2006 produksinya menurun hingga sekitar 550.000 dan jumlah produksinya tetap lebih banyak jika dibandingkan dengan para kompetitornya.
33. Di Amerika, orang-orang yang mengendarai motor memiliki citra diri sebagai keras dan pemberontak, namun melalui kampanye marketing yang inovatif—yang diciptakan bersama agen dari Grey Advertising—yang berbunyi “You meet the nicest people on a Honda”, akhirnya motor Honda dianggap sebagai motor yang dibuat untuk semua orang. Kampanye ini sangat sukses dan bertahan selama tiga tahun. Pada tahun 1963 saja, Honda telah menjual sebanyak 90.000 motor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *