25 Ide Bisnis Cemerlang untuk Remaja

Usia memang bukan penentu dalam memulai sebuah bisnis. Meskipun anda tergolong muda, bahkan masih cenderung anak-anak, anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang dewasa untuk memulai sebuah bisnis. Namun seringkali orang tua anda yang menghalangi niat untuk berbisnis. Mereka beranggapan bahwa usia yang terlalu kecil membuat anda tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik.
Nah, inilah saatnya anda merubah pola pikir dari orang tua anda. Coba ceritakan keinginan anda secara perlahan kepada orang tua dan yakinkan mereka bahwa anda betul-betul mampu untuk menjalankan bisnis impian tersebut. Tunjukkan bakat tersebut dihadapan mereka agar percaya. Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai bisnis ini mengganggu program pendidikan formal anda ya! 
Sovenir buatan tangan 
Sepulang sekolah atau kuliah, tentunya anda akan memiliki banyak waktu luang. Juga, tidak mungkin anda berada disekolah seharian kecuali jika ada event khusus bukan? Di waktu luang yang anda miliki ini, daripada jalan-jalan menghamburkan uang, atau bersantai di kamar tidur tanpa melakukan apapun, lebih baik anda membuka jasa pembuatan souvenir.
Pekerjaan ini pun dapat dilakukan dengan santai sambil mendengarkan musik di dalam kamar, atau sambil bersantai menonton televisi. Tentu saja, sebelum membuka usaha sovenir buatan tangan, anda harus belajar cara-cara membuat sovenir serta mencari inspirasi dari internet, majalah, dan lainnya. Coba tawarkan jasa ini ke teman-teman terdekat atau saudara yang hendak mengadakan sebuah event. 
Jasa pembungkus kado
Setiap orang pasti memiliki hari ulang tahun. Di hari ulang tahun, umumnya keluarga serta teman-teman terdekat akan memberikan hadiah ucapan selamat di hari bahagia tersebut. Sebuah peluang bagus bagi anda tersedia dari hal ini. Cobalah membuka usaha jasa pembungkus kado yang tentunya harus unik dan berbeda dari yang lain.
Usaha ini pun relatif mudah dan tidak memerlukan modal yang besar. Cukup membeli beberapa kertas kado yang berkualitas serta memiliki gambar unik, serta beberapa gunting dan hiasan untuk kado tersebut. Lalu, tawarkan jasa ini melalui radio kampus, majalah sekolah, serta teman-teman sekelas anda. Semakin unik kreasi bungkus kado anda, tentu semakin banyak orang yang tertarik.
Servis reparasi komputer
Bagi anda yang mencintai elektronik, inilah pekerjaan sambilan yang cocok sembari bersekolah. Daripada anda hanya membetulkan alat-alat elektronik dirumah saja, lebih baik anda juga menawarkan jasa tersebut kepada tetangga disekitar rumah, ataupun pihak sekolah dan kampus. Pastikan anda benar-benar mengerti tentang seluk beluk komputer. 
Rajin-rajinlah mengotak-atik komputer sendiri serta mengikuti berita terbaru seputar elektronik. Awalnya, mungkin saja orang tidak percaya karena usia anda yang terlalu muda. Jangan mudah menyerah dan kalau mau, berikan jasa servis kecil satu kali secara gratis untuk membuktikan kemampuan anda. Perlahan, orang-orang akan percaya dan memakai jasa yang anda tawarkan.
Pengasuh binatang peliharaan
Anda mencintai binatang peliharaan? Bila jawabannya ya, maka anda bisa menjadi pengasuh binatang peliharaan. Banyak sekali orang-orang yang memiliki binatang peliharaan dirumahnya, namun tak memiliki waktu untuk mengajak main atau memberi makan binatang tersebut. Sedangkan jika binatang tidak terawat, tentu mereka akan sakit dan bahkan mati. 
Tugas anda sangat mudah disini. Cukup memberi makan binatang peliharaan tersebut, mencuci bersih badannya, serta mengajak main. Apalagi anda mencintai binatang peliharaan, tentu saja pekerjaan ini sangat menyenangkan. Serta, anda dapat mendapatkan uang dari pekerjaan tersebut. Coba ingat-ingat setiap teman anda yang memiliki binatang peliharaan, lalu mulai tawarkan jasa ini dari sekarang. 
Social marketing
Sebagai anak muda jaman sekarang, apalagi anda juga membaca artikel ini, tentunya pasti mengenal internet. Social media adalah sebuah “mainan” yang sudah sangat lazim dipakai oleh setiap anak muda. Dari social media tersebut, anda juga bisa menjalankan sebuah jasa marketing via social media. Pekerjaan ini tergolong mudah, apalagi anda sudah mengenalinya sejak awal. 
Dalam memulai usaha ini, tentu anda harus rajin mengikuti kabar terbaru yang beredar di social media. Contohnya saja teknik marketing yang paling efektif sekarang ini, apa lelucon, panggilan, atau singkatan yang sedang naik daun di masyarakat. Tawarkan jasa anda pada bisnis yang berskala kecil dengan menjadi operator di akun instagram, twitter, serta facebook. 
Pencuci mobil
Apakah anda sering melihat mobil tetangga atau beberapa mobil di kampus kotor? Cobalah menawarkan jasa pencucian mobil kepada mereka. Mungkin saja anda juga bisa menawarkan jasa ini kepada orang tua sendiri. Tentunya, sebagai anak mereka, tentu anda akan dipekerjakan tanpa syarat. 
Berikan harga yang lebih murah serta terjangkau daripada salon mobil pada umumnya. Jangan memasang harga sama, karena mereka akan lebih memilih untuk membersihkan mobil di salon. Jika anda mampu membersihkan mobil sampai mengkilat serta cepat, tentu orang akan suka dalam memakai jasa tersebut. 
Berjualan kue kering
Remaja umumnya suka camilan ringan untuk menemani mereka dalam mengerjakan tugas, atau belajar dalam menghadapi ujian kampus. Selain itu, camilan sangat disukai oleh anak kos karena harganya yang relatif murah. Merupakan peluang yang sangat cemerlang bagi anda untuk membuka sebuah usaha kue kering atau camilan lainnya seperti keripik kentang. 
Coba pelajarilah cara-cara membuat camilan dari YouTube atau yang lainnya. Apabila anda menjual camilan, caranya cukup mudah. Anda cukup membeli bahan mentah dari pasar kemudian menggoreng dan memberikan bumbu-bumbu tertentu. Kemudian, cukup membungkusnya dengan plastik yang rapat sebelum dijual. 
Sedangkan kue kering, memang diperlukan sebuah latihan atau pelajaran khusus dari awal karena memerlukan teknik tertentu. Bila anda hanya iseng-iseng saja dan tidak serius dalam menjalankan bisnis ini, ada cara yang mudah. Cukup belilah adonan yang sudah jadi di supermarket untuk membuat kue tersebut. Tetapi, ingatlah cara ini akan mudah ditiru orang. 
Set up ponsel / gadget
Suka otak atik gadget dan selalu mengetahui kabar terbaru seputar gadget? Kalau anda tidak suka, apakah anda memiliki gadget? Jika ya, berarti gadget tersebut dapat menjadi modal awal anda dalam memulai usaha. Sekarang, coba lihat-lihat serta pelajari fungsinya secara keseluruhan. 
Apabila anda mengerti bagaimana cara update software, membetulkan permasalahan yang ada di gadget, anda dapat menawarkan jasa set up ponsel terutama bagi orang tua. Umumnya, orang tua kurang mengerti bagaimana cara memakai gadget. Selain itu, anda juga bisa menawarkan jasa mengajarkan bagaimana cara menggunakan ponsel dengan benar. 

Menawarkan jasa bantuan
Terkadang, tetangga anda akan mengadakan sebuah event mendadak yang berlokasi dirumahnya. Dalam mengadakan sebuah event, banyak hal yang perlu disiapkan oleh pemilik rumah. Melihat hal ini, anda bisa menawarkan jasa bantuan kepada mereka untuk memperingan pekerjaan. Lumayan kan, tanpa memerlukan apapun, anda bisa mengantongi sejumlah uang.
Desain perhiasan
Apabila anda suka dengan dunia fashion serta suka desain, cobalah menjadi seorang desainer, terutama desain perhiasan. Sebagai poin tambahan dan membedakan anda dari toko lainnya, coba tawarkan customized desain kepada pelanggan anda. Cari tahu apa yang mereka sukai serta desain apa yang diinginkan, kemudian buatlah sebuah desain baru yang menggambarkan keinginan pelanggan tersebut. 
Dalam eksekusi atau pembuatan perhiasan tersebut, cobalah bekerja sama dengan toko-toko lokal atau pengrajin perhiasan di kota anda. Apabila sudah memiliki cukup modal, barulah kembangkan usaha tersebut dengan menyewa tempat dan membeli peralatan yang lebih memadai. 
Menjadi seorang blogger
Dunia blogger sekarang sangat booming di kalangan remaja. Jangan dikira menjadi blogger ini hanya sekedar menulis dan berbagi cerita saja. Blogger juga bisa mendapat uang saku yang jumlahnya cukup lumayan. Hal ini mungkin terjadi karena para pemilik usaha dapat meletakkan iklan mereka di blog yang sesuai. 
Tentu saja, anda harus merintis usaha ini dari awal dengan rajin menulis artikel di blog. Selain itu, tema dari blog anda sendiri juga harus jelas dan jangan tercampur aduk. Apabila berniat menulis tentang travelling, maka selamanya tulislah tentang travelling. Jangan mencampurnya dengan cerita pribadi, makanan, dan lain sebagainya yang tidak berhubungan. 
Pengiklan di blog juga tidak mau sembarangan dalam meletakkan iklan mereka di blog anda. Apabila blog tersebut benar-benar bagus, anda tinggal menunggu para perusahaan tersebut untuk mencari anda. Tinggalkan juga alamat e-mail di blog agar para pengiklan ini mudah dalam menghubungi anda. 
Penulis Freelance
Apabila anda suka menulis namun tidak ingin menjadi seorang blogger, anda juga dapat menjadi seorang penulis freelance. Namun, alangkah baiknya jika pekerjaan freelance ini disatukan dengan pekerjaan blogger. Uang yang ditambah pun menjadi lebih banyak. 
Sebagai langkah awal, coba bergabunglah dengan komunitas penulis freelance di internet. Darisitu, anda akan mendapatkan informasi pekerjaan freelance. Jangan terlalu muluk dalam melamar pekerjaan awal. Tentu anda harus mencari pengalaman dari yang paing bawah baru perlahan naik ke atas. 
Latihlah kemampuan menulis anda secara rutin dengan mengikuti pelatihan menulis yang diselenggarakan dikota anda. Sering-seringlah juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan bidang tulisan yang ingin anda tulis. Coba minta saran didalam komunitas atau sesama penulis untuk mengembangkan kemampuan tulisan anda. 
Fotografer


Jaman sekarang, semua orang dari kalangan anak mudah sampai orang tua suka difoto. Melihat hal ini, banyak sekali orang yang terjun ke dunia fotografer serta menjadi seorang fotografer freelance tanpa memiliki kantor. Nah, anda juga bisa memulai usaha ini meskipun usia masih tergolong muda. 
Hal yang diperlukan cuma satu, yaitu kamera SLR berkualitas untuk mengambil gambar. Jika tidak punya modal, pinjamlah uang pada orang tua anda terlebih dahulu atau pinjam kamera milik teman anda. Jangan lupa memberi komisi tertentu bagi teman tersebut, ya.
Tetapi, jangan asal dalam mengambil foto. Anda harus belajar terlebih dahulu tipe foto seperti apa yang sedang disukai oleh masyarakat. Serta, pelajari arah foto agar orang didalam foto terlihat lebih indah. Juga, pelajari tombol-tombol yang ada di kamera dan gunakanlah dengan maksimal. 
Toko online
Inilah usaha yang paling diminati oleh para remaja bahkan sekarang oleh seluruh orang. Cara memulai usaha ini sangat mudah. Tidak perlu memerlukan modal apapun, cukup sebuah ponsel dan koneksi internet, maka anda dapat membuka usaha ini. 
Perlu diingat, usaha online ini sudah sangat menjamur dimasyarakat. Apabila anda tergolong sebagai pemain baru dalam industri ini, tentu wajib mencari cara lain atau produk yang spesial agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi toko online serta berbelanja di tempat anda. 
Menjual barang yang tak terpakai namun masih layak
Kamar anda terasa lebih sesak dan banyak barang yang sudah tidak terpakai lagi? Sudah saatnya anda memikirkan untuk menjual barang-barang yang tidak layak pakai tersebut. Namun, tetap pilihlah barang-barang apa yang hendak dijual. Jangan sampai anda menjual sebuah baju yang sudah robek, atau alat elektronik rusak.
Setiap orang pasti memiliki barang yang tidak terpakai lagi. Coba kumpulkan barang-barang tersebut dan foto satu persatu atau bergabunglah dalam event jualan barang bekas. Pasanglah harga yang sesuai dengan produk dan anda bisa mendapatkan uang cukup lumayan daripada barang tersebut dibiarkan begitu saja diruangan anda. 
Bersih-bersih rumah
Pekerjaan ini bisa anda tawarkan terutama untuk masyarakat yang tinggal di kota besar. Umumnya, mereka semua sangat sibuk dan waktunya dihabiskan ditengah jalan. Disinilah anda dapat menawarkan jasa bersih-bersih rumah. Anda juga bisa menawarkan jasa ini terutama untuk orang tua anda sendiri. 
Daripada mereka membayar pembantu rumah tangga untuk membersihkan rumah, lebih baik andalah yang menawarkan diri. Lagipula, anda juga tentu lebih mengenal rumah sendiri daripada orang lain. Sembari bersih-bersih rumah, anggaplah kegiatan tersebut sebagai salah satu sarana olahraga bagi diri anda sendiri. Tubuh menjadi lebih sehat, uang sakupun bertambah.
Pemberi kejutan
Setiap hari, tentu ada saja orang yang akan merayakan hari bahagianya. Biasanya, kejutan-kejutan yang diberikan sangat umum dan biasa saja. Contohnya jika teman berulang tahun, maka akan diberikan kue ulang tahun. Jika anda merasa sebagai orang kreatif, mungkin anda bisa menjadi seorang event planner kejutan. 
Misalnya saja, daripada sekedar memberikan kue ulang tahun yang sudah umum, anda bisa memberikan kejutan dengan kue ulang tahun palsu yang didalamnya terdapat binatang mainan yang dia takuti. Tentu saja hal ini akan lebih berkesan dan tidak terlupakan. Biarkanlah imajinasi anda merancang berbagai kejutan berbeda daripada yang lain.
Perancang sebuah pesta
Masih setipe dengan perancang sebuah kejutan, disini anda dapat merancang acara pesta dari acara yang membahagiakan tersebut. Perbedaannya, dalam pesta, tentu saja rangkaian acara lebih rumit dan harus dipersiapkan lebih matang daripada sebuah kejutan yang hanya berlangsung kurang dari 1 jam. 

Pengisi acara
Jika anda tidak pandai dalam merancang sebuah event namun memiliki bakat tertentu seperti menyanyi atau bermain musik, maka cobalah untuk menjadi pengisi acara dalam event tersebut. Tugas anda juga jauh lebih mudah daripada merancang sebuah acara, namun rasa percaya diri yang tinggi harus ada didalam diri anda karena akan tampil didepan umum dan dihadapan banyak orang. 
Menjual barang daur ulang
Apakah anda mencintai bumi dan peduli dengan isinya? Anda dapat berkreasi dengan barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi seperti kardus, botol minum plastik, dan lain sebagainya. Barang-barang ini bisa diolah lebih sebagai sovenir cantik dan layak jual. Sudah ada orang Indonesia yang menciptakan sandal jepit dari bekas botol plastik. 
Desainer logo / brand
Jangan mengaku kalau anda seseorang yang jago branding jika belum memiliki jasa desain logo / brand. Jadi, jasa ini dapat ditawarkan kepada para pebisnis rumahan yang masih belum mempunyai logo bagus untuk bisnisnya. Berikan penjelasan kepada mereka mengapa harus memiliki logo yang bagus. Kemudian tunjukkan juga beberapa contoh desain logo yang anda miliki agar pelangga yakin. 
Jasa Penerjemah
Jika anda bisa berbicara bahasa lainnya selain bahasa Indonesia, maka bersyukurlah. Tandanya, anda sudah memiliki modal untuk membuka jasa penerjemah. Lebih bagus lagi apabila anda menguasai lebih dari dua bahasa asing. Contohnya saja bahasa Inggris serta bahasa Mandarin. Dua bahasa ini sangat umum digunakan di Indonesia dan banyak orang yang mencari ahli kedua bahasa tersebut. 
Apabila anda ingin mengurai kompetitor, maka pelajarilah bahasa yang jarang dipelajari orang lain, contohnya saja bahasa Perancis. Bayaran anda tentu akan lebih mahal karena jarang orang yang menguasai bahasa tersebut. Kompetitor juga tidak banyak. Meksipun tawaran pekerjaan lebih sedikit, namun lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan-pekerjaan tersebut. 
Antar jemput
Jika anda biasanya pergi ke sekolah atau kampus dengan menggunakan mobil, maka saatnya kendaraan tersebut dimanfaatkan lebih lagi. Anda dapat menawarkan jasa antar jemput ke teman-teman sekolah atau kampus, terutama yang rumahnya berdekatan dengan rumah anda. Selain mendapatkan teman pergi ke kampus, biaya bensin serta uang saku tambahan pun dapat anda dapatkan dengan membuka jasa ini. 
Desain T-Shirt
Banyak sekali acara event kampus yang panitianya butuh membuat baju seragam untuk melambangkan organisasi tersebut. Disini, anda dapat berjualan serta menawarkan jasa untuk membuat baju itu. Apalagi yang beli merupakan teman sendiri, tentunya mereka percaya dengan anda. Tentu saja anda harus membuat desain dengan serius dan memberikan yang terbaik. 
Kemudian, anda juga dapat meminta bantuan untuk mempromosikan bisnis anda tersebut ke teman-teman mereka yang lainnya. Semakin banyak teman yang membeli desain kaos di tempat anda, mereka akan memfoto baju tersebut dan mempromosikan ke social media. 
Untuk mencari inspirasi, anda bisa membuka internet untuk mencari gambar-gambar yang menarik dan mendesain ulang gambar tersebut. Jangan sekedar copy paste karena bisa saja ketahuan dengan si pemilik gambar dan anda bisa dituntut karena hal tersebut. 
Guru les privat
Ini pekerjaan cocok bagi anda yang memiliki IP tinggi atau pintar dalam pelajaran tertentu. Umumnya, guru yang paling dicari adalah guru matematika, fisika, kimia, ekonomi, dan bahasa. Pelajaran inilah yang biasanya menjadi batu sandungan bagi para murid-murid. 
Anda bisa memulai dengan menjadi tutor dari murid-murid angkatan bawah atau kenalan anda. Jika mereka suka dengan metode atau cara pengajaran anda, tentu mereka akan merekomendasikan bahkan mengajak teman-teman mereka untuk ikut serta dalam bimbingan belajar tersebut. Anda juga harus sering-sering membuka ulang buku pelajaran anda yang sudah lama supaya tidak lupa dengan mata pelajaran tersebut.
Selain 25 ide cemerlang di atas, tentu saja masih banyak ide bisnis lainnya. Semua hal ini tergantung dari apa bakat serta keahlian yang anda miliki. Tentunya, anda juga harus belajar membagi waktu untuk pekerjaan serta tugas sekolah. Jika anda memulai usaha sejak dini, kedepannya akan lebih mudah untuk mendapatkan ide-ide lainnya karena sudah terbiasa dalam menjalankan sebuah bisnis. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *