25 Fakta Menarik Tentang Bisnis Property

Bisnis property belakangan ini dinilai sangat ideal untuk dijalankan. Selain menantang, keuntungannya pun tidak main – main, dalam jumlah yang besar. Selain menjanjikan, bisnis property pun sekiranya memiliki waktu kerja yang fleksibel, dan dapat menjadi pekerjaan sampingan di samping pekerjaan utama anda. Menarik, bukan?
Harga property yang terus merangkak naik dari waktu ke waktu menjadikan banyak sekali orang tertarik dengan bisnis property ini. Pada dasarnya, property menunjuk pada sesuatu yang terkait dengan kepemilikan seseorang atau sekelompok orang atas suatu hak eksklusif. Salah satu property yang erat kaitannya dalam dunia bisnis antara lain adalah tanah yang sesuai dengan hak dan kepemilikan yang sah.
    
Dibalik bisnis property yang terkenal menjanjikan itu, kali ini bisnishack.com akan sedikit memaparkan mengenai fakta – fakta menarik yang bisa ditemukan di dalam dunia bisnis property. Hm.. bisa menjadi referensi bagi anda yang belum terjun ke dunia bisnis ini, bukan? Yuk kita simak bersama – sama!

 
1.    Harga property baik harga jual maupun beli terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Anda pun tidak perlu takut merugi jika sudah terjun ke dalam bisnis property ini. Tentu jika anda mengaturnya dengan bijak dan matang.
2.    Bisnis property bisa dilakukan saat usia muda juga, lho!
3.    Harga property yang anda beli untuk anda bisniskan, bisa anda kontrol sendiri. Anda dapat menentukannya sesuai dengan kebijakan anda, bagaimana anda mengambil keuntungan, bagaimana anda membalikkan modal anda dalam beberapa waktu, dan sebagainya. Bayangkan bila anda berinvestasi di saham, obligasi, reksadana dan sebagainya. Harganya tentu tidak bisa anda kontrol layaknya harga property.
4.    Jika anda telah memiliki property, katakanlah tanah yang bisa dibisniskan, tanpa harus menjualnya, anda dapat menjadikan lahan tersebut sebagai lahan uang. Produktifkan dan optimalkan fungsinya! Salah satunya dengan cara menyewakannya kepada pihak lain dengan perjanjian tertentu.
5.    Naiknya harga property selalu lebih tinggi daripada tingkat inflasi keuangan. Wah, sepertinya betul – betul menjanjikan..
6.    Ketika anda membeli property, anda sebenarnya sudah mendapatkan keuntungan – keuntungan tersendiri, baik untuk digunakan, dijual kembali ataupun disewakan. Ya, tidak ada kata rugi dalam membeli property. Ini hanya persoalan bagaimana anda memutar uang menjadi siklus yang menguntungkan anda.
7.    Terjun ke dalam dunia bisnis property tidak harus selalu membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mengikuti sistem arisan, bagi hasil, investasi, ataupun memulai usaha property pada sebidang tanah yang kecil. TIDAK ADA kata tidak bisa!
8.    Faktanya, sebidang tanah yang kecil untuk dijadikan bisnis property, justru memiliki kecenderungan untuk meraih laba yang cepat dan cukup besar. Hal ini dikarenakan adanya kemudahan dalam menjual, pengelolaan yang tidak terlalu rumit baik dalam hal perijinan, pembiayaan ataupun pindah tangan.
9.    Kuncinya satu, dalam memilih aset property apapun bentuknya, pilihlah yang lokasinya paling strategis. Prediksikan hal ini sejauh mungkin. Ingat, aset anda adalah masa depan anda.
10.    Memulai bisnis usaha property tidak harus selalu di kota – kota besar. Kota – kota menengah pun bisa dijadikan lahan usaha property, lho! Kembangkan perumahan di atas tanah yang sekiranya strategis dan cocok untuk pemukiman warga.
11.    Bisnis property membuat jaringan bisnis anda semakin luas. Percayakan itu. Anda akan menemui berbagai macam orang yang terkait dengan property anda. Klien, pemilik tanah, arsitek, kontraktor, investor dan lain sebagainya adalah beberapa contohnya. Semakin luas jaringan bisnis anda, semakin mudah pula bagi anda untuk mengembangkan bisnis bukan?
12.    Keuntungan bisnis property memang besar. Tapi anda tidak boleh lupa terhadap seluruh pihak yang bekerja sama dengan anda atas proses jual beli property. Ingat, anda perlu membagi keuntungan kepad amereka secara adil.
13.    Pandai bernegosiasi dan supel dalam bergaul adalah kunci utama dari jiwa seseorang yang menjalankan bisnis property.
14.    Bisnis property kini tidak hanya bersifat langsungan saja, namun juga bisa dilakukan via internet. Salah satunya melalui website.
15.    Bisnis property itu luas, tidak sebatas tanah dan rumah saja. Ingat, pemberdayaan lingkungan dan pembangunan taman, masjid ataupun rumah toko juga merupakan bisnis property yang menjanjikan, lho.
16.    Seorang pebisnis haruslah peka dalam melihat segala kondisi untuk dijadikan peluang dalam mengembangkan bisnisnya. Termasuk pebisnis property. Ya, anda harus pandai mencari peluang sekiranya apa saja yang bsia anda jadikan ruang untuk mengembangkan property anda. Misalnya, ketika anda melihat rumah yang sedang dijual cepat, anda dapat membantu pemilik rumah tersebut untuk menemukan pembeli yang tepat dengan harga yang tinggi. Selisih harga aka menjadi keuntungan anda.
17.    Bisnis property itu mudah, yang penting berani dalam mengambil sikap disertai dengan konsekuensinya.
18.    Tidak gegabah dan berpikir matang akan sebab akibat dari suatu keputusan, menjadi salah satu faktor keberhasilan dari seorang pebisnis property. Gegabah sedikit, bisnis anda akan berantakan. Bisnis property  ini sangat sensitif dengan pengambilan keputusan anda.
19.    Menjalankan bisnis property sama artinya dengan menyimpan uang dalam bentuk property. Keuntungannya berlipat ganda. Selain bisa dioptimalkan fungsinya, anda pun tidak perlu mengalami pemotongan jumlah uang dan resiko akibat inflasi seperti halnya anda menyimpan uang di bank.
20.    Kunci membangun bisnis property adalah jeli melihat perkembangan wilayah dalam beberapa tahun kedepan. Paling tidak, nilai jual property yang
21.    Nilai jual property mengikuti harga pasar. Tidak bisa diukur dengan sejumlah uang di masa lalu atau jumlah uang di masa yang akan datang.
22.    Bisnis property menjadikan anda lebih aman dalam menyimpan uang. Selain tidak terpotong bunga, tidak dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang asing, bisnis property dapat menjadikan anda menyimpan uang dalam posisi yang aman. Meski tanah anda terletak di ruang terbuka, surat – surat resmi dapat anda simpan dengan baik dan aman.
23.    Bisnis property waktunya sangat fleksibel. Anda pun bisa memperluas pasar sasaran anda kemana – mana. Tidak terpentok pada segmentasi wilayah, umur ataupun demografis tertentu. Anda tinggal di Jakarta kemudian memiliki investasi property di Yogyakarta. Bukan hal yang sulit dalam dunia bisnis property.
24.    Pada dasarnya, bisnis property adalah menyusun siklus peprutaran uang yang menguntungkan pihak anda. Property yang anda miliki saat ini, bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank. Uang dari bank tersebut bisa anda gunakan untuk membeli property baru yang selanjutnya bisa anda jual kembali.
25.    Bisnis property seringkali membuat siapapun yang terjun di dalamnya merasa ketagihan. Hal ini dikarenakan bisnis property adalah sebuah mata rantai keuntungan yang tidak ada ujungnya, karena selalu dibutuhkan sepanjang masa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *