13 Kiat Berbisnis Kafe

Andai ingin berbisnis tapi modal terbatas? Pertimbangkan untuk membuka kafe. Usaha ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Lagipula, minat masyarakat terhadap kafe semakin meningkat. Sebagian orang enggan menghabiskan banyak uang untuk makan di restoran sehingga kafe adalah pilihan yang menarik. Tunggu apa lagi? Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sebelum membuka kafe. Berikut ini adalah hal yang harus dipersiapkan untuk membuka kafe:
1. Berikan fasilitas free wifi
Saat ini banyak orang membutuhkan koneksi internet. Sayang tak semua tempat menyediakan fasilitas wifi gratis. Bagaimana kalau Anda menyediakannya di kafe Anda? Hal ini akan menjadi salah satu daya tarik. Orang akan datang terus-menerus ke kafe Anda untuk menggunakan wifi gratis. Mereka tentu memesan makanan atau minuman. Semakin lama mereka berselancar di dunia maya, semakin banyak pula menu yang dipesan. Oleh karena itu coba investasikan modal untuk berlangganan wifi yang cepat.
2. Harga berdasarkan daya beli masyarakat
Sebaik apa pun kualitas barang yang Anda jual, jika harganya terlalu mahal, tidak akan ada orang yang membelinya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu. Seberapakah daya beli masyarakat? Di kota-kota besar, masyarakat cenderung konsumtif dan mau menghabiskan uang lebih untuk berbelanja. Namun tidak demikian halnya dengan masyarakat di kota-kota kecil. Anda mesti menyesuaikan harga dengan daya beli masyarakat.
3. Buat dekorasi yang menarik
Dekorasi yang menarik akan membuat konsumen datang ke kafe Anda. Sesuaikan dekorasi dengan produk yang Anda jual. Misalnya saja, Anda memiliki kafe yang khusus menjual susu sapi. Coba lukis tembok kafe dengan pemandangan padang rumput. Beberapa ekor sapi bisa digambarkan di sana. Dengan demikian, pengunjung merasa berada di tempat asal susu tersebut dihasilkan. Susu yang diminum menjadi terasa lebih segar.
4. Buat konsep kafe yang unik dan menarik
Kafe yang biasa-biasa saja tidak akan membuat konsumen datang. Coba buat konsep kafe yang berbeda. Misalnya saja, Anda memutuskan untuk mendirikan kafe kopi. Sediakan pilihan biji kopi yang beragam. Beri penjelasan tentang biji-biji kopi tersebut. Biarkan konsumen memilih kopi sendiri. Anda bisa meracik kopi tersebut secara langsung di depan mereka. Harumnya kopi akan tercium lebih kuat. Dengan demikian, konsumen akan merasakan pengalaman minum kopi yang unik.
5. Cari mitra bisnis untuk merintis usaha ini
Pertimbangkan mencari mitra bisnis untuk merintis usaha kafe Anda, terutama jika modal yang tersedia terbatas. Mitra bisnis bisa membantu menambah modal. Pekerjaan Anda juga lebih ringan karena yang memikirkan kemajuan kafe bukan hanya satu orang, melainkan dua orang atau lebih. Jalin kerja sama dengan orang yang sudah terpercaya. Minta saran dan masukan dari para kenalan. Pastikan mitra bisnis Anda jujur. Untuk mengantisipasi kecurangan, tak ada salahnya membuat surat perjanjian kerja sama di awal usaha. Cantumkan berapa rasio pembagian keuntungan bagi kedua belah pihak.
6. Pilih supplier yang terpercaya
Kualitas produk ditentukan oleh bahan dasarnya. Anda harus memilih supplier yang terjamin. Tanya saja pada orang-orang yang sudah terlebih dahulu membuka kafe. Jangan tergiur pada supplier yang memberi harga terlalu murah. Bisa-bisa pelayanannya buruk. Sebaiknya Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk menjalin kerja sama dengan supplier yang terpercaya. Bangun komunikasi yang baik dengan supplier tersebut. Jika ingin supplier memberi pelayanan maksimal, Anda juga harus memberi balas jasa yang maksimal. Usahakan untuk membayar barang tepat waktu. Perlakukan supplier dengan ramah.
7. Pekerjakan karyawan yang menyenangkan
Kepuasan konsumen tak hanya tergantung pada kualitas produk. Pelayanan kafe juga turut memiliki andil. Oleh karena itu, pekerjakan karyawan yang menyenangkan. Beri pelatihan cara melayani konsumen dan informasi mengenai produk yang dijual. Ingatkan mereka untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah. Buat atmosfer kafe yang menyenangkan. Dengan demikian, konsumen betah berlama-lama berada di kafe Anda.
8. Jangan main-main dengan nama kafe
Nama adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Jangan main-main memilih nama kafe Anda. Sesuaikan nama dengan produk yang dijual, bisa juga menggunakan nama Anda. Pilih nama yang menarik supaya orang-orang penasaran. Bingung mencari nama? Anda bisa meminta saran pada orang-orang. Buat saja sayembara di internet untuk menentukan nama kafe Anda. Pemenangnya akan memperoleh produk gratis. Jika sudah memiliki nama kafe, cantumkan nama tersebut pada kemasan-kemasan.
9. Manfaatkan kekayaan alam sekitar
Bingung menentukan produk yang hendak dijual? Perhatikan lingkungan sekitar Anda. Banyak kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan. Hal ini diketahui betul oleh Rudy J. Pesik, perintis 4.000 Kafe Kopi Kamu di 32 negara dengan berbagai sajian kopi khas Indonesia. Ia menyadari bahwa kualitas kopi Indonesia sangat baik. Menurutnya, tanah vulkanik di negara ini merupakan tempat yang tepat untuk ditanami kopi. Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang berpulau-pulau berdampak pada jenis kopi yang beragam.
10. Siasati tempat usaha
Anda membutuhkan tempat untuk membuka kafe. Saat ini, tempat seluas 4×16 meter saja disewakan antara 25-50 juta setahun. Anda bisa menyiasatinya dengan menyewa lahan kosong. Mau lebih murah lagi? Gunakan saja halaman depan ruko-ruko yang tidak buka pada malam hari. Harga sewanya hanya 300 ribu hingga 1 juta per bulan. Hindari memilih tempat di wilayah yang terlalu ramai. Bisa-bisa pengunjung Anda terganggu karena keberisikan jalan raya. 
11. Sediakan perlengkapan dan peralatan yang baik
Perlengkapan dan peralatan kafe harus diperhatikan. Pilih barang dengan kualitas baik. Namun jika modal Anda belum cukup, beli saja perabotan bekas. Saat ini cukup banyak toko yang menjual perabotan bekas seperti meja, kursi, etalase, dan sebagainya. Tak perlu malu menggunakannya. Jika modal sudah cukup, Anda bisa menggantinya dengan perabotan baru.
12. Beritahu kelebihan barang yang dijual
Pastikan konsumen mengetahui kelebihan barang yang dijual di kafe Anda. Misalnya saja, Anda memiliki kafe yoghurt. Anda bisa menjual yoghurt plain dan berbagai macam yoghurt yang sudah diberi tambahan perasa buah-buahan. Jelaskan pada konsumen kelebian produk tersebut. Dinilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidak kalah dengan produk-produk susu Iainnya. Yoghurt mengandung laktobasilus. Jika dikonsumsi secara teratur, yoghurt mampu menghambat kadar kolesterol dalam darah. Yoghurt juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung banyak bakteri baik, sehingga bisa menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh.
13. Lakukan promosi menarik
Di hari-hari pertama membuka kafe, Anda bisa memberikan produk gratis pada konsumen. Biarkan mereka merasakan kualitas produk Anda. Jika suka, mereka akan membelinya. Tak perlu takut rugi karena memberi produk secara cuma-cuma. Strategi ini bisa menjadi promosi yang menarik banyak konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *