10 Figur Paling Berpengaruh Di Dunia Bisnis Online

Tahun 2000-an dikatakan sebagai tahun milenium. Tahun berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara besar-besaran. Banyak inovasi-inovasi teknologi yang semakin mempermudah aktivitas manusia. Salah satunya adalah internet. Keberadaan internet memang sudah lama namun penggunaannya belum tersebar luas. Di awal tahun 2000-an ini keberadaan internet cepat menyebear di seluruh dunia. Penggunaannya juga tidak hanya terbatas untuk mencari informasi tapi juga menghasilkan uang. 
Aktivitas-aktivitas yang tadinya hanya dilakukan di dunia nyata kini bisa di-dunia-maya-kan. Misalkan seperti kegiatan jual-beli. Tadinya orang melakukan jual-beli di dunia nyata. Pembeli harus mendatangi toko penjual lalu melakukan tawar-menawar. Jika pembeli jadi membeli, maka akan terjadi transaksi jual-beli. Jika pembeli tidak menemukan produk yang cocok, maka pembeli akan keluar dan pindah ke toko lain untuk menemukan produk yang cocok. Kini pembeli tidak perlu lagi keluar masuk toko satu per satu, cukup dengan melihat layar monitor untuk memilih barang. 
Kegiatan tersebut dinamakan jual-beli online. Perkembangan jual-beli online semakin meluas menjadi bisnis online. Penghasilan dari bisnis online sendiri tidak kalah menggiurkan. Sudah banyak pebisnis sukses yang dinobatkan menjadi jajaran orang terkaya dunia. Siapa saja mereka? Ini dia figur-figur berpengaruh di dunia bisnis online.
1. Larry Page


Larry Page merupakan salah satu pendiri dari situs pencari (search engine)terbesar di internet, Google. Bersama temannya, Sergey Brin, Google mulai beroperasi pada tahun 1998. Pada tahun 2013, Larry Page menduduki peringkat 17 versi Forbes untuk orang yang paling berpengaruh di dunia. Di usianya yang menginjak 41 tahun kekayaannya mencapai $31.5 milyar. Sampai sekarang perkembangannya terus melesat. Kata kunci yang dicari juga lebih spesifik. Google yang tadinya hanya sebatas mesin pencari sekarang mulai menambah fitur-fiturnya seperti Google Books, Google Translate, Google Map, dan lain-lain.   
2. Mark Zuckerberg


Siapa tidak kenal Mark Zuckerberg? Dia merupakan salah satu pendiri situs jejaring sosial Facebook. Dia juga dinobatkan sebagai orang termuda dan terkaya di dunia. Menurut Forbes, di usianya yang baru 30 kekayaannya sudah mencapai $29.9 milyar. Jutaan penggunanya tersebar di seluruh dunia. Pada bulan Mei 2012, Zuckerberg melakukan penjualan saham pertamanya untuk Facebook. Penjualan saham tersebut mencapai $16 milyar dan merupakan pernjualan saham terbesar dalam sejarah untuk internet.
3. Matt Mullenweg


Matt Mullenweg dilahirkan di Texas pada tanggal 11 Januar 1984. Dia dikenal sebagai pendiri situs web WordPress. Situs blog yang menyediakan fasilitas blog gratis dan berbayar. Dia mendirikan situs tersebut di tahun 2003 bersama dengan rekannya, Mike Little. Sejak di usia muda, Mullenweg sudah banyak mendapatkan penghargaan. Tahun 2007, dia mendapat penghargaan dari PC World sebagai 50 Orang Paling Penting di Website. Meskipun bukan sebagai orang terkaya di dunia, di usianya yang cukup muda Mullenweg berhasil menciptakan hal besar yang berguna bagi orang banyak.    
4. Steve Jobs


Steve Jobs dilahirkan pada tahun 1955 dan meninggal pada tahun 2011. Di usianya selama 56 tahun dia mampu melahirkan inovasi besar bagi dunia. Steve Jobs bekerja sama dengan Steve Wozniak mendirikan Apple pada tahun 1976. Pada tahun 1985, Jobs memilih untuk keluar dari Apple dan bekerja menjadi CEO di NeXT, adalah satu perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak. Pada tahun 1997, Apple membeli NeXT, di tahun yang sama pula Steve Jobs kembali ke Apple. Dengan manajemen baru dan strategi-strategi baru, Apple berhasil menarik kembali minat konsumen. Produk-produk Apple termasuk iPod, iPhone, dan iPad dikenal sebagai produk berteknologi tinggi oleh dunia. Tahun 2010, Jobs dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia versi Financial Times dan Forbes pada tahun 2011.    
5. Arianna Huffington


Arianna Huffington dilahirkan di Yunani pada tanggal 15 Juli 1950. Berbeda dengan yang lainnya, Huffington menggunakan internet sebagai media. Namanya melejit karena websitenya, Huffington Post. Selain aktif di website, Huffington banyak menulis buku terutama tentang politik. Dia mendapat penghargaan dari majalah Time sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia.  
6. Steve Ballmer


Steve Ballmer dilahirkan di Michigan pada tanggal 24 Maret 1956. Karirnya yang cemerlang di Microsoft membuatnya menjadi orang berpengaruh di dunia. Kekayaannya mencapai $20.9 milyar versi Forbes. Pada tahun 2000, dia ditunjuk sebagai CEO Microsoft untuk menggantikan Bill Gates. Sumber kekayaannya berasal dari kepemilikan sahamnya di Microsoft. 
7. Jimmy Wales


Jimmy Wales dilahirkan di Alabama pada tanggal 7 Agustus 1966. Dia dikenal sebagai pendiri situs Wikipedia. Situs nirlaba yang menyediakan berbagai informasi layaknya ensiklopdedia. Wikipedia merupakan salah satu dari lima website terpopuler di dunia. Meskipun begitu, Jimmy Wales tidak tertarik untuk menjadikan websie tersebut sebagai ‘mesin pencari uang’. Dia tetap konsisten menjalankan websitenya dengan tanpa iklan agar pembaca tetap nyaman ketika membaca dan tidak merasa terganggu oleh iklan.  Pada bulan Februari 2014 lalu, Jimmy Wales mendapat penghargaan sebagai 25 Web Superstars dari The Daily Telegraph.
8. Michael Arrington


Michael Arrington di California tanggal 13 Maret 1970. Dia dikenal sebagai pendiri website TechCrunch.com. website tersebut berisi tentang berbagai informasi mengenai teknologi-teknologi terbaru. Melalui website tersebut, dia mampu melahirkan investasi bernilai jutaan dollar. Pada tahun 2008, dia mendapat penghargaan dari majalah Time sebagai 100 orang paling berpengaruh.
9. Guy Kawasaki


Guy Kawasaki dilahirkan di Honolulu, Hawaii, pada tanggal 30 Agustus 1954 berdarah campuran Jepang-Amerika. Dia menciptakan sebuah website bernama Canva yang merupakan suatu website khusus untuk desain secara online. Didirikan pada tahun 2012, Canva berhasil memperoleh pendanaan sebesar $3 juta. Sebelumnya dia pernah bekerja di Motorola dan Apple. Selain aktif di bidang ini, dia juga menulis banyak buku. Kuliah sarjananya dihabiskan di Universitas Stanford dan pascasarjananya di Universitas California, Los Angeles (UCLA).  
10. Gary Vaynerchuk


Gary Vaynerchuk dilahirkan di Uni Soviet pada tanggal 14 November 1975. Pada tahun 2009 dia mendirikan sebuah website bernama VaynerMedia.com. Selain mengurusi website tersebut, dia menulis beberapa buku. Dia sudah banyak diliput oleh berbagai media karena aktif di jejaring sosial.  
Itulah tadi sepuluh tokoh dibalik aktifnya bisnis online. Semua dijalankan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Bisnis online memang identik dengan untung yang besar. Namun risiko yang ditanggung juga besar, mengingat ketatnya persaingan. Sepuluh figur di atas dapat dijadikan contoh jika Anda ingin memulai mencoba bisnis online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *