10 Cara Meraih Kesuksesan dengan Usaha Kecil

Dunia bisnis semakin diminati oleh banyak orang. Bagi para pengusaha bisnis yang sudah sukses, umumnya mereka akan bekerja sama dengan para pengusaha yang sukses juga, sehingga celah bagi pengusaha baru semakin kecil. Namun, bukan berarti mustahil untuk memulai sebuah bisnis baru dari nol. Hanya saja, Anda perlu berusaha lebih keras karena Anda sudah tertinggal di belakang. Ibaratnya, para pengusaha tersebut sudah berada di pertengahan jalan sedangkan ada baru mulai berjalan.

Hai ini sudah dibuktikan dengan fakta bahwa usaha kecil menengah memberikan kontribusi terbesar bagi pemerintahan Indonesia. Artinya, usaha kecil semakin banyak bermunculan dimana-mana. Tidak hanya itu saja, pemilik usaha kecil ini umumnya adalah remaja yang menginginkan perubahan dalam hidup mereka. Meskipun sudah berumur, tidak ada salahnya Anda memulai usaha sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha.

Semakin cepat memulai bisnis sendiri, tentu akan semakin baik. Tetapi jangan asal memulai bisnis begitu saja. Kecepatan dapat berarti kesuksesan dan juga kegagalan. Oleh karena itu, bertindaklah yang cepat namun terarah dan terencana. Berikut inilah cara meraih kesuksesan dengan usaha kecil.

Tekad yang kuat

Modal yang dimiliki sangat minim, bahkan terkadang tidak ada modal sama sekali. Jadikanlah tekad yang kuat sebagai modal utama dalam memulai usaha kecil. Yakinkanlah diri Anda bahwa tidak ada sesuatu yang mustahil. Dengan tekad kuat, Anda akan membawa bisnis Anda ke singgasana utama dalam bidangnya. Setiap orang bisa meraih kesuksesan jika memiliki tekad yang kuat.

Buat sesuatu yang nyata

Bisnis tidak akan terwujud jika hanya dipikirkan saja. Buatlah pikiran tersebut menjadi wujud yang nyata. Rencana itu bagus, namun alangkah lebih bagus jika Anda menerapkan rencana-rencana tersebut secara langsung. Jika takut menemui halangan atau kesalahan di tengah jalan, jangan khawatir. Itu sudah merupakan hal yang umum terjadi di dalam dunia bisnis.

Tidak ada sebuah rencana yang betul-betul sempurna dalam dunia ini. Semua pasti akan mempunyai celah di bagian-bagian tertentu. Sebagai manusia biasa, wajar jika kita memiliki kesalahan dalam merencanakan sesuatu. Mungkin hal yang bisa Anda lakukan hanyalah meminimalisasi kesalahan yang ada. Jadi, setelah rencana sudah tersusun, langsung saja jalankan rencana tersebut. Anda dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada sepanjang perjalanan bisnis.

Kerahkan semua kemampuan Anda

Usaha kecil ini merupakan mimpi yang besar. Jika benar-benar menginginkannya, tentu harus berusaha untuk mewujudkannya. Kerahkan semua kemampuan yang ada untuk menjalankan serta mengembangkan bisnis tersebut. Tidak hanya kemampuan saja, sumbangkan waktu yang Anda miliki untuk memikirkan usaha tersebut serta memperbaiknya agar semakin menjadi baik. Fokuslah dengan bisnis Anda.

Usirlah rasa malas dari dalam diri Anda. Rasa malas merupakan salah satu penyebab jatuhnya sebuah rencana bisnis yang telah dibuat dengan matang. Jangan suka menunda sebuah pekerjaan. Menunda perkerjaan atau malas sama artinya dengan menunda, bahkan membatalkan kesuksesan yang seharusnya bisa diraih. Anda harus memberikan rasa totalitas pada proyek bisnis yang sedang digeluti sekarang ini.

Jangan menjual nama, tapi jual kualitas

Nama usaha memang penting untuk bisa menarik perhatian pelanggan. Namun, alangkah baiknya jika nama yang indah tersebut diimbangi oleh kualitas yang bagus juga. Percuma jika nama usaha sudah keren, tetapi kualitas yang diberikan jelek. Pelanggan tidak membeli nama, tetapi membeli produk yang dijual. Lebih baik nama usaha tersebut biasa saja tetapi kualitasnya terjamin.

Selalu utamakan kualitas yang diberikan dulu sebelum nama yang bagus. Tetapi, jangan sampai Anda asal dalam memberikan nama bagi usaha Anda. Berikan nama yang biasa saja tetapi memiliki arti. Hal yang paling bagus adalah jika nama bagus dan unik, kualitas juga bagus serta tiada duanya. Hal ini susah diperoleh, tetapi tidak mustahil untuk dilakukan.

Ketahui hal dasar dalam berbisnis

Sebuah bisnis seperti mobil yang sedang dikendarai oleh seseorang. Jika orang tersebut hanya diam saja sambil memandang ke arah jalan tanpa mengerti cara mengemudikan sebuah mobil, lama-kelamaan mobil tersebut akan menabrak dan rusak. Tentu si pengemudi harus memegang setir dengan baik dan mengarahkan mobil tersebut agar sampai tujuan dengan selamat. Ilustrasi ini sama saja dengan melakukan bisnis.

Anda harus mengetahui cara berbisnis sebelum mulai terjun dalam dunia bisnis. Anda tidak diwajibkan memiliki pengetahuan yang sempurna untuk berbisnis. Paling tidak, ketahuilah hal-hal dasar seperti bagaimana cara bernegosiasi, bagaimana cara mendapatkan suplier yang murah, serta bagaimana cara menghitung uang. Lebih bagus jika Anda menguasai pengetahuan yang cukup dalam berbisnis.

Gunakan teknologi terbaru

Gunakan teknologi yang sudah ada untuk membantu jalannya bisnis Anda. Selain itu, harga teknologi sekarang sudah terjangkau. Teknologi dapat Anda manfaatkan dalam operasional di dalam perusahaan, maupun untuk media promosi. Ikuti perkembangan teknologi yang ada serta tren teknologi yang banyak digunakan agar perusahaan selalu memiliki informasi yang paling baru. Manfaatkan teknologi, namun jangan sampai dimanfaatkan olehnya. 

Jaga hubungan baik dengan supplier

Usaha Anda tidak akan berjalan mulus tanpa bantuan serta dukungan dari para suplier. Seberapa kecil atau besar ukuran usaha, selalu jaga hubungan baik dengan suplier. Jika hubungan yang dibina baik, tentu supplier akan selalu memberitahukan informasi terbaru pada Anda. Tidak hanya itu, supplier akan melayani serta merespon permintaan dengan ramah. Mungkin saja jika hubungan sudah sangat baik, supplier bisa memberi keringanan kredit terhadap perusahaan Anda.

Rekrut karyawan yang  berpotensial

Para pegawai juga turut mengambil peranan penting dalam sebuah usaha. Apalagi jika usaha masih kecil, tentu para pekerja yang direkrut harus yang profesional agar pelanggan tidak memandang sebelah mata. Rekrutlah para pekerja yang baik dalam bidangnya. Tidak masalah jika perlu memberi bayaran sedikit lebih mahal daripada pegawai pada umumnya. Lebih baik Anda mengeluarkan gaji sedikit lebih banyak agar dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Sebagai permulaan, carilah partner

Sebagai orang pemula dalam dunia bisnis, cobalah mencari seorang partner yang bersedia berbagi beban dengan Anda. Jika memungkinkan, carilah partner yang lebih berpengalaman serta baik yang mau mengajari tentang seluk beluk dunia bisnis. Paling penting, carilah partner yang jujur agar saling terbuka ketika menjalankan bisnis. Tentu Anda juga harus menjaga relasi dengan partner tersebut agar hubungan bisnis langgeng.

Semangat yang kuat

Tekad yang kuat akan menjadi hasil yang sangat bagus jika diimbangii oleh semangat yang berkobar juga. Pastikan bahwa Anda memiliki semangat yang tak pernah redup meskipun dihalangi oleh berbagai macam permasalahan. Jangan mudah menyerah, mungkin saja kesuksesan tinggal selangkah lagi di depan. Ingatlah bahwa Anda sudah berjalan sejauh ini, jadi tidak ada alasan untuk berhenti, apalagi kembali dari awal.

Demikian artikel tentang cara yang dapat dilakukan oleh pebisnis agar mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat berbisnis!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *