10 Bisnis Sampingan yang Cocok Dilakukan oleh Wanita

Anda sedang mencari pekerjaan sampingan? Mengapa tak mencoba menjadi pebisnis? Sekarang banyak wanita terjun ke dunia bisnis. Tak sedikit yang meraih kesuksesan. Hal itu berkat strategi jitu memilih bidang bisnis yang akan ditekuni. Biasanya wanita memiliki keunggulan berupa ketelitian, kesebaran, dan kepekaan. Tempatkan keunggulan Anda di bidang yang tepat! Berikut ini adalah 10 bidang bisnis sampingan yang disarankan untuk wanita:
1. Kuliner
Hobi memasak Anda dapat disalurkan menjadi bisnis. Anda bisa membuka restoran, katering, kafe, dan sebagainya. Bidang kuliner tak ada matinya, sebab tiap hari semua orang butuh makan. Tantangan Anda adalah menciptakan bisnis kuliner yang berbeda. Bisa berbeda dalam hidangan, dekorasi tempat, maupun sasaran pengunjung.
Sebagai contoh, Anda dapat membuka restoran khusus wanita. Hidangan yang tersedia disesuaikan dengan kebutuhan kaum hawa. Misalnya menu rendah kalori untuk yang sedang berdiet atau menu untuk ibu hamil. Tempatnya bisa didekorasi dengan pernak-pernik lucu. Selain itu, sediakan pula sudut penitipan anak supaya para ibu bisa makan dengan tenang.
2. Wedding organizer
Salah satu hal paling penting bagi wanita adalah pernikahan. Momen itu hanya terjadi sekali seumur hidup, maka wanita ingin pelaksanaannya dilakukan sesempurna mungkin. Sebagai sesama wanita, Anda bisa lebih memahami bidang ini. Coba buka usaha wedding organizer. Pekerjaan Anda mencakup menyiapkan tempat pernikahan, merancang pesta, mendesain undangan serta souvenir, dan sebagainya.
3. Fashion
Kebanyakan wanita tertarik pada busana. Anda dapat memfasilitasi ketertarikan itu dengan membuka butik, distro, atau toko baju. Produknya bisa berupa busana bagi segala usia. Sediakan pula aksesoris pelengkap penampilan seperti topi, sabuk, dasi, dan sepatu. Untuk membidik konsumen remaja yang gemar berbelanja hemat, Anda bisa menjual baju-baju bekas pakai. Sekarang produk itu menjadi tren karena dianggap unik.
Supaya usaha lebih laris, Anda bisa membuka jasa penasihat fashion. Sediakan layanan bagi pengunjung yang ingin berkonsultasi tentang pakaian. Berikan pula diskon secara berkala. Sebab fashion dan diskon adalah perpaduan yang hampir tak bisa ditolak wanita.
4. Traveler writer
Suka jalan-jalan dan berpetualang? Anda bisa melakukannya sambil bekerja! Bepergianlah ke mana saja, utamakan tempat-tempat yang unik, lalu buat tulisan tentang perjalanan Anda. Bisa berupa cerita pengalaman maupun tips-tips travelling. Tulisan itu bisa diunggah ke website atau diterbitkan menjadi buku, seperti yang dilakukan oleh Trinity. Wanita itu sukses dengan serial The Naked Traveler-nya. Ia sangat senang karena bisa menghasilkan uang dari hal yang disukainya. Jadi, siapa bilang bekerja itu membosankan?
5. Kecantikan
Wanita memiliki naluri untuk tampil cantik. Terutama karena persepsi kecantikan di masyarakat telah sedemikian menuntut. Kulit putih, badan langsing, dan wajah mulus adalah segelintir tolak ukur kecantikan. Wanita merasa wajib untuk memelihara tubuhnya. Maka bisnis di bidang kecantikan bisa sangat menguntungkan.
Anda bisa membuka usaha salon kecantikan. Layanan yang disediakan berupa potong rambut, creambath, facial, dan lulur yang dilakukan secara berkala oleh wanita. Bisa juga menyediakan layanan rebonding, pengecatan rambut, make-up untuk acara penting, dan pijat relaksasi. Atau sekalian saja Anda membuka spa. Selain pijat, Anda dapat menyediakan fasilitas sauna.
Bidang kecantikan lain yang bisa dilirik adalah make-up dan produk-produk perawatan tubuh. Kalau ingin lebih ekstrem, Anda bisa membuka usaha operasi plastik. Kini banyak wanita berminat melakukan detox, implan, dan operasi-operasi lain untuk memperindah penampilannya.
6. Dekorasi interior
Anda tertarik pada bisnis rumah, tapi tak ingin menjadi arsitek atau makelar? Coba tekuni bidang dekorasi interior. Banyak keluarga ingin membuat rumahnya menjadi tempat yang nyaman. Dibutuhkan jasa dekorator interior untuk menata perabot dan memilih aneka hiasan rumah. Untuk memenuhi permintaan konsumen yang agak rumit, Anda bisa bekerja sama dengan konsultan seni.
7. Aksesoris dan kerajinan tangan
Biasanya wanita memiliki ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Kelebihan itu bisa dimanfaatkan dalam bisnis aksesoris dan kerajinan tangan. Anda dapat membuka usaha kecil-kecilan. Buat sendiri produk Anda. Dengan demikian, produk menjadi unik dan tiada duanya.
Anda bisa membuat berbagai macam  gelang dan kalung dari manik-manik. Selain itu, Anda juga bisa membuat beragam kerajinan tangan. Misalnya kartu ucapan, pembatas buku dari bunga kering, kipas yang dilukis dengan cat air, dan sebagainya. Namun barang-barang seperti itu bukanlah kebutuhan yang mendesak. Jika tidak pintar memasarkan, bisa-bisa usaha Anda sepi. Bidiklah konsumen yang sekiranya mau membeli dalam jumlah besar sekaligus. Misalnya untuk souvenir pernikahan.
8. Perlengkapan bayi
Di seluruh tempat, bayi lahir setiap harinya. Anda bisa membuka toko yang khusus menjual peralatan bayi. Misalnya selimut, bak mandi, dot, popok, dan sebagainya. Tak perlu ragu untuk memasok barang berkualitas baik. Sebab orang tua biasanya memilih yang terbaik untuk buah hatinya. Supaya toko lebih menarik, Anda bisa memberikan bonus-bonus khusus. Misalnya bonus untuk orang tua yang baru pertama kali punya bayi atau bonus untuk bayi kembar.
9. Penitipan anak
Di zaman serbamahal ini, orang tua bekerja keras untuk menghidupi keluarga. Terkadang ibu dan ayah sama-sama bekerja. Anak yang masih kecil terpaksa ditinggal di rumah. Orang tua bisa menggaji pembantu, tetapi perawatan yang diberikan kurang maksimal untuk anak. Sebab biasanya pembantu berpendidikan rendah. Bagi orang tua yang ingin anaknya cerdas sedari awal, penitipan anak adalah alternatif yang bisa dipilih.
Jangan bayangkan penitipan anak yang konservatif di mana anak-anak diasuh seadanya. Coba buat penitipan anak yang menggunakan konsep play group. Sediakan waktu untuk bermain, beristirahat, dan belajar. Gunakan mainan yang bisa merangsang kreativitas anak. Ajari mereka kemampuan bahasa asing sejak dini. Tak perlu rumit-rumit, sederhana saja. Perlu diingat bahwa meskipun menggunakan konsep play group, usaha Anda tetaplah penitipan anak.
10. Bisnis online
Bagi ibu rumah tangga yang dituntut berada di rumah, terutama saat anak masih kecil, bisnis online adalah bidang yang tepat. Anda hanya perlu berada di depan komputer. Saat ini ada beragam bisnis online yang bisa dipilih. Anda bisa mengajak teman-teman bekerja sama untuk melakukan bisnis jual-beli online. Misalnya saja, mereka yang mengurus stok barang dan Anda yang mengurus pemasarannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *