Skill Kepemimpinan Yang Didapat Dari Hobi

Memiliki hobi dan kegemaran tersendiri merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Selain dapat menyalurkan rasa senang terhadap sesuatu, anda juga dapat mengambil banyak sekali manfaat dari hobi yang dilakukan. Menambah teman, menambah pengalaman, meningkatkan semangat kerja hingga meningkatkan kemampuan pada hobi yang diselami, adalah beberapa contoh manfaat yang dapat diambil dari menjalankan hobi.
Selain dapat memberikan kesenangan, menjalani hobi yang diminati juga dapat melatih kemampuan dalam memimpin, lho! Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang perlu memiliki kemampuan memimpin yang baik pula. Lantas, apa saja kemampuan memimpin yang dapat diperoleh dari hobi yang dijalani? Yuk, simak ulasan berkuliah.com tentang skill kepemimpinan apa saja yang bisa didapatkan dari hobi yang dijalani.
1. Pandai bergaul
Untuk menyalurkan bakat dan hobi mengenai suatu hal, biasanya akan menemukan wadah tersendiri untuk berkecimpung dalam bidang tersebut. Komunitas, grup, kelompok hobi adalah beberapa contohnya. Kini, cukup banyak ditemukan komunitas – komunitas dengan anggota yang cukup banyak, yang terbentuk dari latar belakang hobi dan kegemaran yang sama. Dengan adanya komunitas ini, dapat menyalurkan hobi dengan lebih terarah dan dapat bermanfaat bagi orang lain.
Dengan bergabung pada komunitas hobi, tentu akan bertemu dengan banyak sekali orang – orang baru. Anda pun akan memiliki banyak kenalan. Anda akan jauh lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi karena latar belakang yang kurang lebih sama, yaitu hobi yang sama. Dengan demikian, anda akan memperoleh kemampuan bergaul dan beradaptasi yang baik. Adapun kemampuan untuk bergaul dan beradaptasi adalah salah satu skill yang dibutuhkan oleh pemimpin. Jadi, sudahkah anda mendapatkannya?
2. Kreativitas
Menjalankan hobi yang diminati, tentu secara tidak langsung membutuhkan kreativitas yang mumpuni. Dengan selalu memanfaatkan momen menjalankan hobi, anda pun dapat melatih kreativitas. Dengan begitu, akan terbiasa berpikir kreatif  pada setiap langkah kerja.
Kreatif dan selalu berinovasi adalah salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Bila pemimpin hanya berpikir monoton, maka kelompok yang dipimpinnya pun akan selalu jalan di tempat. Untuk itu, agar apa yang dipimpin dapat terus melangkah maju dan meraih kesuksesan, latihlah kreativitas sebaik mungkin, salah satunya melalui hobi yang diminati.
3. Pola pikir sistematis
Menjalankan hobi yang digeluti dengan bergabung bersama komunitas hobi, secara tidak langsung dapat membentuk pola pikir yang sistematis. Anda akan berusaha membagi waktu sebaik mungkin dengan membagi waktu untuk melakukan kewajiban, dan mendatangi undangan komunitas setiap pertemuannya. Secara tidak langsung, anda akan berpikir secara sistematis bagaimana caranya agar dapat menjalankan keduanya dengan baik dan maksimal.
Selain itu, jika melakukan hobi, anda tentu tidak akan pernah membiarkan hobi berjalan begitu saja layaknya air yang mengalir. Anda tentu berkeinginan untuk menjadikan hobi tersebut menjadi hal yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Dengan adanya pola pikir yang seperti ini, menandakan bahwa anda telah berpikir secara sistematis yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas dan cara memimpin.
4. Rasa percaya diri
Bagi sebagian orang, memiliki dan menjalankan suatu hobi tertentu dapat menimbulkan kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi, jika hobi yang dijalankan berhasil menjadikan diri seseorang tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik dari segi ekonomi, sosial, hingga eksistensi. Adanya rasa bangga terhadap hobi yang diminati, menjadikan diri anda semakin percaya diri pada apa yang dimiliki. 
Tumbuhnya rasa percaya diri ini dapat memberikan semangat positif pada diri sendiri untuk melakukan berbagai hal dalam hidup. Adanya rasa percaya diri seperti inilah yang dapat diterapkan pada pola kepemimpinan. Pemimpin yang percaya diri cenderung dapat mengkoordinasikan bawahannya dengan baik, serta selalu menyebarkan semangat positif pada bawahan – bawahannya setiap waktu.
5. Tidak menyia – nyiakan waktu kosong
Anda tentu menjalankan hobi di saat waktu luang, atau di tengah – tengah kesibukan yang mendera. Dengan memiliki motivasi memanfaatkan waktru luang agar lebih bermanfaat, anda akan terbiasa untuk tidak membuang – buang waktu luang untuk hal – hal yang tidak berguna. Hal ini akan berguna saat anda menjadi pemimpin nanti. Pemimpin yang memiliki totalitas tinggi tentu tidak akan menyia – nyiakan waktu luang dalam pekerjaannya untuk bersantai – santai dan melupakan pekerjaan. Pemimpin yang baik akan memanfaatkan waktu luang yang ada untuk hal – hal yang bermanfaat, yang tentunya berpengaruh pada kelangsungan pekerjaan ke depannya.
6. Totalitas dalam bekerja
Siapapun tentu merasa senang bila melakukan hal yang difavoritkannya. Pada dasarnya, hobi adalah hal yang disenangi oleh seseorang tersebut. Bila senang melakukannya, tentu seseorang akan melakukan apapun dengan total dan semaksimal mungkin. Totalitas diri dalam mengerjakan hobi, terlebih lagi yang hasilnya berupa karya, tentu dapat menjadi bekal bagi diri anda sebagai seorang pemimpin. Seraplah kemampuan untuk total dalam mengerjakan hobi ke dalam kinerja sebagai seorang pemimpin. Jadikan diri anda adalah pemimpin yang total, tidak setengah – setengah dalam mengerjakan suatu hal.
7. Menghargai orang lain dan tim
Bila menjalankan hobi yang disukai secara individu ataupun berkelompok, tentu anda akan menghargai hasil karya dari orang lain yang memiliki hobi sama. Biasanya, bila hobi berorientasi pada karya, anda akan cenderung saling memberi masukan dan pujian satu sama lain dengan orang – orang yang memiliki hobi sama. Dari proses tersebut, anda akan belajar saling menghargai satu sama lain. 
Dari hal ini, tentu akan mendapatkan skill  kepemimpinan yaitu menghargai orang lain. Ketika berada di dalam posisi pemimpin, dituntut untuk harus menghargai hasil kerja bawahan – bawahan, apapun hasilnya. Anda pun harus dapat memberikan masukan dengan sebaik mungkin tanpa menyinggung perasaan bawahan.
Belajar menjadi pemimpin bisa dilakukan di mana saja. Tidak hanya melalui organisasi atau lembaga formal. Di antara dua orang yang sedang mengobrol pun terkadang ada yang harus memimpin. Begitu juga dengan belajar menjadi melalui hobi yang digemari. Dari hobi yang kecil dan sederhana bila dikembangkan akan menjadi besar dan hebat. Dari menekuni hobi yang sederhana lalu bergabung ke suatu komunitas kecil ke komunitas besar menjadikan nilai tambah bagi diri sendiri. 
Demikian tujuh skill kepemimpinan yang bisa didapatkan melalui hobi yang dijalani. Bila ditelisik lebih dalam lagi, mungkin banyak sekali kemampuan memimpin yang bisa diterapkan dalam memimpin perusahaan atau kelompok. Namun sementara cukup tujuh dulu saja. Sudahkah anda mendapatkannya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *