Langkah Untuk Kembali Fokus Setelah Bosan Melakukan Pekerjaan

Menemui titik jenuh dalam melakukan suatu pekerjaan, tentu adalah hal yang kerap kali ditemui oleh kebanyakan orang. Adanya rasa bosan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang rutin, rasanya menjadi hal yang wajar ditemui. Untuk itu, anda memerlukan cara – cara khusus untuk mengatasi kebosanan tersebut. Menghirup udara segar, refreshing secara singkat, mendengarkan musik dalam beberapa waktu, adalah beberapa contoh cara khusus untuk mengatasi kebosanan dalam melakukan suatu pekerjaan.
Namun, ketika kita sudah mengerjakan cara – cara untuk mengusir kebosanan dalam bekerja, ada satu tantangan lagi yang harus terpenuhi. Tantangan tersebut adalah mengembalikan konsentrasi dan kembali fokus terhadap apa yang anda kerjakan. Jangan sampai kita justru kebablasan  dalam melakukan refreshing untuk mengusir kebosanan, yang justru akan membuat pekerjaan kita terbengkalai.
Nah, pada ulasan kali ini, berkuliah.com akan menjelaskan beberapa langkah agar anda bisa kembali fokus setelah bosan melakukan suatu pekerjaan. Mau tau caranya? Yuk, kita simak penjelasannya!
1. Ingatkan diri sendiri, motivasi melakukan pekerjaan tersebut
Ketika sudah menyentuh hal – hal menyenangkan yang dapat mengusir kebosanan, biasanya rasa malas dan segera ingin melupakan pekerjaan pun hinggap pada diri sendiri. Nah, agar semangat kembali ke pekerjaan setelah refreshing, rasanya perlu mengingat motif dari diri sendiri. Ingatlah apa yang mendasari dalam melakukan hal tersebut. Tentu anda ingin mencapai suatu target atau memenuhi suatu kewajiban, bukan?
Jika kehilangan semangat dalam mengerjakan sesuatu, ingatlah apa yang mendasari diri sendiri untuk melakukan sesuatu tersebut. Temukan motivasi yang tumbuh pada diri anda dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Motivasi itulah yang nantinya akan menjadi semangat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang sesingkat mungkin dan hasil yang semaksimal mungkin.
2. Sinkronisasikan pikiran dan tubuh
Tubuh yang sehat tidak dapat bekerja jika diiringi oleh pikiran yang kacau dan tidak tenang. Begitu juga sebaliknya, pikiran yang tenang dan dalam kondisi yang baik pun tidak akan mendukung suatu pekerjaan bila diikuti dengan tubuh yang tidak fit. Hal ini menandai adanya hubungan yang sejalan antara pikiran dan tubuh, terutama dalam bekerja.
Untuk itu, agar kembali menemukan gairah dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, perlu disinkronkan kondisi pikiran dan tubuh. Pastikan bahwa kondisi pikiran dan tubuh sama – sama mendukung untuk kembali fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Lakukan relaksasi badan secara sederhana sebagai cara agar tubuh sedikit merenggang. Rebahkanlah diri anda di alas tidur apabila terlalu lama mengerjakan suatu pekerjaan dengan posisi duduk. Ya, lakukan semua itu apabila hal tersebut memang benar diperlukan.
Pastikan pikiran selalu berpikir positif dan terarah dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadikan pikiran dapat fokus pada pekerjaan dan target yang harus dicapai dari hasil pekerjaan tersebut. Janganlah terlalu banyak memikirkan hal yang lain di luar pekerjaan yang sedang dikerjakan, karena bila hal itu terjadi, justru akan mengacaukan pikiran dan memecah konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
3. Buat daftar prioritas utama dari target
Bisa jadi, dalam satu pekerjaan, menyimpan banyak target di dalamnya. Hal ini adalah hal yang wajar. Bersyukurlah bila selalu memiliki semangat dan gairah untuk mencapai target – target tersebut dengan sebaik mungkin. Namun, kadangkala, semangat dan gairah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan benar – benar hilang dari diri sendiri. Akibatnya, rasa malas pun kerap menghantui untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Untuk itu, perlu dicatat seluruh target yang akan dicapai sebagai penyemangat untuk kembali fokus terhadap pekerjaan.
Tulislah target – target secara sederhana, dalam secarik kertas. Susunlah beberapa target tersebut sesuai dengan prioritas kebutuhan. Mana yang paling penting dan harus dicapai, tempatkanlah pada daftar paling pertama, begitu seterusnya. Tempel kertas tersebut dekat dengan posisi anda mengerjakan pekerjaan. Lihat dan baca daftar target tersebut berulang – ulang, terutama ketika kehilangan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
4. Minum segelas air putih
Air putih memiliki khasiat untuk meningkatkan cairan tubuh, memenuhi kebutuhan oksigen pada tubuh serta dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Untuk kembali fokus pada pekerjaan yang digeluti setelah rehat sejenak, nampaknya anda perlu mengkonsumsi paling tidak segelas air putih. Selain sebagai momen relaksasi, air putih juga dapat memberikan kesegaran dan ketenangan bagi tubuh serta pikiran.
5. Bersihkan meja kerja
Terlalu lama berkutat dengan pekerjaan dan terdiam di meja kerja, membuat anda cenderung bosan. Istirahatlah sejenak dan relaksasi secara singkat. Adanya pekerjaan yang harus diselesaikan mungkin membuat meja kerja terlihat penuh dan berantakan. Untuk mengembalikan mood dan mengisi waktu istirahat, ada baiknya memanfaatkannya dengan membersihkan meja kerja dengan bersih dan rapi. Susunlah kembali hiasan – hiasan serta buku – buku yang mengisi meja dengan rapi. Buatlah meja kerja kembali nyaman, senyaman mungkin. Anda pun akan kembali menemukan gairah untuk menyelesaikan pekerjaan dengan semaksimal mungkin.
6. Bersihkan pikiran
Jangan hanya meja yang dibersihkan, tetapi pikiran juga perlu dibersihkan. Hal ini berarti, anda perlu merelaksasikan pikiran dengan cara – cara sederhana, agar waktu tidak banyak terbuang. Pergilah sejenak ke luar ruang kerja, hiruplah udara segar dan nikmatilah suasana di luar sana. Atau bergegaslah untuk ke kamar mandi sejenak, untuk sekedar mencuci muka agar diri dan pikiran kembali fresh. Lakukan apa yang menjadi kesenangan anda agar pikiran kembali segar, seperti mendengarkan musik, membaca buku humor, menggambar, dan lain sebagainya.
7. Tempatkan satu objek unik di meja kerja
Mendekor meja kerja dengan rapi, unik dan kreatif kadang kala dapat menumbuhkan semangat kerja. Selain tata letak yang rapi dan bersih, anda juga perlu memberikan suatu potongan yang unik pada meja kerja. Potongan unik tersebut bisa berupa barang – barang lucu, barang – barang pemberian dari orang spesial, ataupun foto orang – orang tersayang. Hal ini ditujukan agar dapat menemukan suasana yang selalu kreatif, yang mungkin akan terbentuk menjadi sebuah ide yang brilian dalam menyelesaikan pekerjaan.
Bagaimana dengan tips di atas? Sudah bisa kembali fokus? Fokus ke pekerjaan sepertinya sepele. Namun tidak bisa diremehkan. Tidak fokus menyebabkan target yang dicapai menjadi tidak maksimal. Yang seharusnya bisa dapat 100 namun karena tidak fokus, hasilnya hanya 80. Seperti itulah gambaran sederhananya. Mengembalikan pikiran agar fokus susah-susah gampang. Lakukan ritual-ritual sederhana di atas seperti minum air putih akan sedikit membantu. Semoga tujuh langkah di atas dapat membantu anda kembali fokus ke pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *