Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba

Saat ini dengan semakin bertambahnya kebutuhan manusia akan barang-barang menjadikan manusia harus memutar otak untuk memperoleh pemasukan atau penghasilan dalam jumlah yang tidak sedikit. Tidak bisa dipungkiri, kenaikan harga barang-barang kebutuhan hidup menjadikan manusia harus lebih giat dan gigih dalam memperoleh penghasilan agar kebutuhan hidupnya bisa tercukupi.
Bekerja merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan manusia agar dia bisa memperoleh penghasilan. Berbagai jenis macam pekerjaan pun dijalani, baik itu menjadi pekerja kantoran, pekerja serabutan, bahkan menjalankan suatu usaha atau berbisnis. Saat ini, bisnis sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan berbisnis, mereka tentu saja berharap agar kelak bisa menjadi orang yang sukses. 
Salah satu jenis bisnis yang saat ini sudah berkembang adalah waralaba. Bisnis ini banyak dilakukan, karena dengan berbisnis waralaba pelaku usaha tidak harus memulai semua usahanya dari nol, melainkan hanya ikut mengembangkan bisnis dari perusahaan waralaba yang dia ikuti. 
Semua jenis bisnis pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali bisnis waralaba. Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis waralaba nampaknya bisa mempertimbangkan hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam bisnis ini. Berikut merupakan kelebihan menjalankan bisnis waralaba:
Merek produk yang sudah terkenal
Pada dasarnya pihak yang menjual waralaba sudah lama terjun terlebih dahulu dalam dunia bisnis. Mereka sudah mempunyai dunia pasarnya sendiri dan masyarakat juga sudah mengenal produk-produk dari usaha mereka. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menjadi pihak yang membeli waralaba, maka usaha yang dijalankan sudah pasti akan mempunyai pembeli dan usaha Anda juga akan berjalan lancar.
Risiko kegagalan kecil
Setiap jenis usaha atau bisnis apapun pastilah akan menghadapi suatu risiko kegagalan. Karena itu merupakan suatu hukum dalam dunia bisnis. Akan tetapi apabila ingin terjun dalam dunia bisnis waralaba, risiko kegagalan tersebut lebih kecil apabila dibandingkan dengan risiko kegagalan jika Anda membuka usaha dari nol. 
Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dalam bisnis waralaba, usaha yang di jalankan adalah usaha yang sudah berjalan dan bisa dikatakan sudah mapan dan sudah berhasil. Sehingga Anda hanya cukup menjalankan pola usaha yang sudah ada.
Dapatkan berbagai jenis bantuan bisnis 
Bagi yang masih termasuk baru dalam dunia bisnis, memperoleh berbagai macam jenis bantuan merupakan hal yang akan sangat berguna untuk kemajuan bisnis. Tidak terkecuali dalam bisnis waralaba, apabila ingin menjalankan bisnis ini maka pemilik waralaba akan membantu dalam menyiapkan semua kebutuhan bisnis Anda. Pemilik bisnis waralaba biasanya akan memberikan bahan baku, peralatan, pelatihan, konsultasi, dan juga ikut mempromosikan bisnis Anda. 
Pemilik waralaba akan terus memantau bisnis Anda mulai dari awal sampai bisnis tersebut berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan apabila bisnis sudah maju maka pemilik waralaba juga akan terus memperoleh keuntungan.
Kekuatan daya beli bahan baku dan peralatan
Bisnis waralaba tentu saja akan membutuhkan bahan baku dan juga peralatan-peralatan. Apabila ingin menjalani bisnis waralaba, maka jangan takut akan semua kebutuhan bahan baku dan juga peralatan, karena pada dasarnya semua bahan baku dan juga peralatan yang dibutuhkan sudah akan disediakan oleh pemilik waralaba. 
Yang perlu digarisbawahi adalah pemilik waralaba akan membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak, hal tersebut tentu saja akan menekan harga beli bahan-bahan baku tersebut karena sudah pasti akan memperoleh potongan harga. Sehingga daya beli akan semakin meningkat dan ketersediaan bahan baku akan selalu tercukupi.
Selain kelebihan yang didapatkan dari bisnis waralaba, ada juga sisi kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari bisnis waralaba: 
Harga beli mahal
Untuk memulai suatu bisnis tentu saja hal terpenting yang harus dimiliki adalah modal, tidak terkecuali dalam bisnis waralaba. Anda yang ingin terjun dalam bisnis waralaba diharuskan untuk membeli merek dagang dari pemilik waralaba, tentunya dengan harga yang mahal. Hal itu disebabkan oleh usaha yang sudah dilakukan pemilik waralaba sudah berjalan terlebih dahulu, dan usaha tersebut sudah maju dan mapan. 
Maka dari itu, pemilik waralaba berani menjual merek dagangnya dengan harga tinggi mengingat nantinya pembeli waralaba tidak membangun usahanya dari nol, melainkan hanya meneruskan usaha franchisor yang sudah ada terlebih dahulu.
Ikuti konsep yang ditetapkan Franchisor
Bagi orang yang kreatif maka jangan kaget apabila nanti jika sudah menjalankan bisnis waralaba tidak akan bisa bereksperimen dan mempertajam kemampuan bisnis Anda. Kebanyakan para pemilik waralaba akan melarang Anda untuk berkreatifitas dalam menjalankan bisnis waralaba, hal ini dikarenakan untuk menjaga produk dan kualitas dari produk yang akan dijual. Dalam bisnis ini Anda harus mengikuti konsep bisnis yang sudah ditetapkan oleh pemilik waralaba.
Sulit menjaga reputasi produk 
Mengingat satu produk waralaba dilakukan oleh banyak pihak tidak hanya Anda sendiri yang melakukannya, maka usaha dalam menjaga nama baik produk juga dilakukan secara bersama-sama dengan pembeli waralaba yang lainnya. Namun apabila ada satu pembeli waralaba lain dan bahkan pemilik waralaba yang melakukan kesalahan dan mengakibatkan nama produk di mata konsumen menurun, maka bukan tidak mungkin hal ini akan berpengaruh buruk pada bisnis waralaba yang Anda jalankan dan mungkin saja bisa menurunkan hasil penjualan bisnis.
Berpotensi terjadi konflik
Dalam dunia bisnis, terjadinya konflik sangat bisa terjadi. Bisnis waralaba pada dasarnya didasarkan oleh ikatan kerja sama untuk menjaga kualitas dan nama produk agar semakin baik lagi. Namun potensi terjadinya konflik juga berlaku dalam bisnis waralaba. Konflik yang biasanya terjadi yaitu antara pemilik waralaba dengan pembeli waralaba, maka dari itu peraturan yang dibuat harus sudah melindungi hak-hak dan kewajiban-kewajiban berbagai pihak agar konflik bisa diminimalisasi dan diselesaikan dengan baik. 
Nah, bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis waralaba semoga beberapa tips di atas bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis waralaba. Tapi yang pasti, kunci dalam melakukan usaha adalah jangan pernah menyerah, selalu berusaha, dan berikan yang terbaik untuk konsumen. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *