Cara Untuk Melatih Diri Menjadi Pemimpin Yang Baik

Menjadi pemimpin? Hal ini tentu menjadi mimpi bagi sebagian besar orang. Posisi tertinggi dan memegang kendali dalam suatu kelompok ini menjadi banyak incaran bagi mereka yang memiliki mental pemimpin. Namun, apakah mudah menjadi seorang pemimpin yang baik?
Menjadi seorang pemimpin tentu membutuhkan bekal yang cukup banyak untuk menjadi pemimpin yang ideal. Tidak hanya dari segi sikap seperti tanggung jawab, tegas dan berwibawa, akan tetapi juga dari segi bagaimana anda akan menyikapi orang lain, khususnya bawahan anda. Semua ditujukan agar seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik dan ideal. Namun, untuk meraih semua itu, diperlukan adanya pembiasaan dari pribadi kita sendiri yang berminat menjadi calon pemimpin.
Lantas, bagaimanakah agar dapat melatih diri untuk menjadi pemimpin yang baik dari kelompok bisnis? Bisnishack.com akan mengulas jawabannya pada uraian di bawah ini.
1. Berpakaian rapi, sesuai keadaan dan konsisten
Pemimpin selalu dituntut untuk tampil prima. Ya, dialah garda depan dari sebuah bisnis atau perusahaan yang dikelola. Untuk itu, seorang pemimpin wajib berpakaian rapi. Tidak harus selalu berdasi dan berjas untuk laki – laki, atau selalu bersepatu tinggi dan berpakaian formal bagi wanita. 
Seorang pemimpin memerlukan insting untuk dapat menentukan baju apa yang akan ia pakai dalam berbagai keadaan. Artinya, seorang pemimpin harus dapat menempatkan dirinya sesuai dengan busana yang dikenakannya. Menghadapi hal ini, anda bisa melatih diri untuk berbusana seideal mungkin dengan menyesuaikan waktu dan tempat kemana akan pergi. Hal ini bisa dilatih sedini mungkin, sehingga anda pun secara langsung akan dapat berpakaian dan berbusana secara professional.
2. Menepati janji
Kedengarannya sepele, namun menepati janji adalah salah satu hal yang penting bila sudah menjadi pemimpin. Jika menjadi seorang pemimpin, tentu anda menjanjikan banyak hal pada bawahan – bawahan. Konsisntensi akan menentukan kualitas memimpin. Usahakan untuk menepati janji – janji pada siapapun yang pernah dijanjikan. Jika hal in saja anda menyepelekan, maka untuk selanjutnya menjadi seorang pemimpin, janji – janji kecil pun mungkin akan diabaikan.
3.  Bertanggung jawab besar
Latihlah diri anda untuk bertanggung jawab atas apa yang sedang dijalani saat ini. Sadarilah bahwa anda perlu melakukan apa, supaya apa dan untuk siapa. Misalnya ketika saat ini sebagai seorang mahasiswa, tentu tanggung jawab sebagai mahasiswa dengan tanggung jawab sebagai direktur perusahaan jauh berbeda. Namun paling tidak, rasa tanggung jawab atas posisi saat inilah yang menjadi modal dasar untuk bisa menjadi pemimpin yang baik.
4. Tidak egois dan berjiwa besar
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berjiwa besar, dengan mendahulukan kepentingan umum dibandingkan dengan kepentingan pribadinya. Hal ini juga perlu dilatih sejak dini, yaitu bagaimana  mengatur ego sendiri untuk tidak mementingkan kepentingan pribadi. Kepedulian terhadap orang lain di sekitar menentukan sejauh mana kebesaran jiwa untuk menjadi seorang pemimpin.
5. Memperlakukan orang lain di sekitar dengan baik
Menjadi pemimpin tentu akan menjadi panutan bagi siapapun yang anda bawahi. Untuk itu, anda wajib bersikap baik pada siapapun dengan menunjukkan sopan santun, kepedulian serta budi pekerti yang baik. Begitu juga ketika nanti menjadi seorang pemimpin. Anda harus memperlakukan tim kerja dengan sebaik mungkin, dan hal tersebut dapat dilatih sejak sekarang dengan bagaimana memperlakukan orang – orang di sekitar sebaik mungkin.
6. Objektif dan tidak pilih kasih
Seorang pemimpin dituntut untuk objektif dalam memilih dan menilai. Ketika menjadi seorang pemimpin, anda tidak diperbolehkan untuk memihak siapapun dalam tim kerja. Hal ini akan  berpengaruh pada kualitas kerja dari tim yang dibawahi. Untuk melatih hal ini, sebaiknya anda berperilaku objektif dalam menilai siapapun yang bekerja sama. Berusahalah untuk menjadi pemimpin yang adil dan tidak pilih kasih. Berikan rasa mengayomi bagi setiap anggota – anggota tim yang pimpin.
7. Buat komitmen pada diri sendiri
Untuk melatih diri menjadi seorang pemimpin yang baik, anda perlu memantapkan diri untuk bersedia mengabdikan diri sebagai seorang pemimpin. Apapun konsekuensinya, harus siap untuk menerimanya. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu berkomitmen pada diri anda sendiri untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dengan kualitas pemimpin yang baik. Dengan komitmen seperti ini, secara tidak langsung  akan mengarahkan diri untuk selalu memberikan yang terbaik dalam memimpin.
8. Aktif mencari masukan dari orang lain
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang aktif. Termasuk diantaranya ialah aktif mencari masukan dari orang lain untuk mengoreksi kualitas memimpinnya selama ini. Ia tidak malu meminta koreksi atas dirinya sendiri demi mengembangkan kualitasnya untuk memimpin. Untuk itu, mulai dari sekarang, perlu berlatih untuk meminta saran dan masukan dari orang lain atas diri anda selama ini. 
Mintalah pendapat orang lain mengenai diri anda, baik dari segi kekurangannya maupun kelebihannya. Dengan banyaknya penilaian yang objektif dari orang lain, anda pun dapat melakukan koreksi atas diri anda sendiri sehingga memiliki panduan apa saja yang harus diperbaiki untuk menjadi pemimpin yang baik.
9. Bersedia menerima kritikan
Bersedia menerima kritikan atas model dan gaya kepemimpinannya, merupakan salah satu sikap pemimpin yang wajib dimiliki untuk menjadi pemimpin yang baik. Kritikan baik buruk harus diterima dengan lapang dada, sekalipun yang mengkritik adalah bawahan sendiri. Anda harus siap dikiritik atas dasar perlakuan kepada tim selama memimpin. 
Tentu, bila memimpin dengan maksimal dan sempurna, kritikan buruk tidak akan menghampiri telinga. Yang menjadi pembelajaran adalah, mulai sekarang latihlah untuk bermain fair dalam apapun, dengan bersedia dikritik atas apa yang anda lakukan selama ini.
10. Peka dan cepat tanggap

Seorang pemimpin yang baik tentu harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi di sekitarnya. Kepekaan tersebutlah yang akan mengantarkan seorang pemimpin dapat cepat tanggap dalam menangani sesuatu hal, termasuk dalam mengambil keputusan. Untuk mendapatkan hal ini, anda juga perlu melatih diri untuk peka terhadap keadaan sekitar. Ikutilah kegiatan – kegiatan sosial untuk melatih kepekaan terhadap dunia sekitar. Tunjukkan kepedulian pada sekitar untuk membiasakan diri agar bisa peka terhadap orang lain.
Di atas merupakan ulasan 10 tips untuk menjadi pemimpin yang baik.  Banyak cara untuk menjadi pemimpin. Namun menjadi pemimpin yang baik bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang mampu melakukannya. Tidak sedikit kasus pemimpin yang diturunkan oleh rakyatnya karena tidak bisa mendengar aspirasi mereka. Semoga anda bukan termasuk yang demikian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *