Bajaj Indian Home Stay, Home Stay Unik di India

Anda ingin memulai bisnis homestay dan penginapan tapi tidak tahu ide apa yang menarik? Bingung akan mengangkat konsep apa? Atau Anda seorang pengusaha homestay namun bosan dengan konsep yang lama? Tim Bisnishack mempunyai liputan yang unik mengenai homestay unik. Homestay ini lokasinya di India. Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak liputannya.

1. Penamaan yang unik
Homestay ini lokasinya tepat di ibukota India yakni New Delhi. Bagi orang Indonesia, mendengar namanya saja sudah cukup unik, Bajaj Indian. Namun jangan salah, meskipun terdapat kata bajaj di dalamnya, bukan berarti ada banyak bajaj di sana. Atau jangan-jangan Anda sudah membayangkan tidur di kasur di atas bajaj? Anggapan yang sedikit melenceng. 
Nama Bajaj yang digunakan bukan berasal dari nama salah satu transportasi yang ada di Indonesia atau India. Homestay ini diberi nama Bajaj karena pendirinya memiliki nama keluarga Bajaj. Ada empat tokoh di belakangnya, Badri Bajaj sebagai pemilik, Uma Bajaj sebagai presiden, Raj Bajaj sebagai CEO, dan Rani Bajaj sebagai wakil presiden. Nama keluarga yang cukup unik bukan?
2. Konsep kebudayaan India
Konsep yang ditawarkan dari homestay ini adalah menjunjung tinggi budaya India yang sarat dengan nilai ketuhanan. Ketika Anda memasuki sebuah rumah di India, kesan religi dari rumah tersebut langsung terasa sekalipun Anda bukan pemeluk kepercayaan tersebut. Memang demikian karena orang India menganggap rumah mereka juga sebagai rumah tuhan. 
Dengan konsep tersebut, sang pemilik ingin menciptakan kesan bahwa ketika pengunjung memasuki homestay, mereka seolah-olah masuk ke dalam rumah penduduk India. Selain itu, dia juga menggabungkan antara hotel tradisional dengan guest house. Meskipun konsepnya tradisional, bukan berarti fasilitasnya juga tradisional. Fasilitas yang ditawarkan cukup modern sehingga menjamin kenyamanan para wisatawan.
3. Fasilitas yang India banget
Berbagai macam ruangan yang terdapat di dalamnya ddesain dengan gaya yang India banget termasuk penamaannya. Namanya terdiri dari nama para dewa dan dewi. Salah satunya adalah Rama, Krishna, Brahma, dan Ganesha. Setiap ruang didesain dengan pengalaman dan suasana yang berbeda. Uniknya, tidak hanya sebatas penamaannya, dibalik nama tersebut selalu dipaparkan kisah dewanya juga.   
Fasilitas yang ditawarkan yaitu pendingin ruangan, dokter yang siap dipanggil kapan saja, laundri satu hari jadi, pemesanan tiket transportasi, dan masih banyak lagi. Khusus untuk tiket transportasi, tiket tersebut juga meliputi tiket pesawat udara dan tiket transportasi darat. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Mulai dari 4100-8300 INR atau sekitar Rp780.000-Rp1.600.000. Cukup terjangkau untuk fasilitas dan konsep yang unik.
Bagaimana? Cukup unik bukan? Jangan lupa mampir ke homestay ini jika suatu saat Anda berkunjung ke India. Ide unik ini bisa Anda terapkan sepenuhnya di Indonesia mengingat Indonesia juga memiliki akar budaya yang berasal dari India. Bisa juga Anda mengadopsi sebagian konsepnya dan dikembangkan sesuai dengan budaya masyarakat lokal. Kebudayaan masyarakat lokal selalu memiliki sisi menarik untuk diangkat menjadi sebuah tema karena keberagamannya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *