Alasan Mengapa Anda Harus Mencari Teman di Kantor

a. Anda akan lebih menikmati saat-saat bekerja

Semakin banyak teman dikantor maka Anda akan semakin nyaman berada didalamnya. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak musuh dikantor, Anda akan semakin tidak betah berada disana. Tak bisa dipungkiri lagi saat Anda tidak nyaman lagi dikantor, semangat untuk bekerja semakin menurun, produktifitas akan semakin menurun pula. Lalu dampak yang paling besar adalah pada jenjang  karir Anda yang semakin anjlok saja.

Mulaliah untuk tidak menutup diri dari lingkungan dikantor dengan memperbanyak teman, sehingga saat Anda lelah dalam bekerja, akan ada tempat dimana untuk sekedar menyapa dan bercerita sehingga lelah akan terobati. Tanpa adanya teman di kantor, semakin malas untuk bekerja, karena tidak ada yang membuat Anda datang kesana selain menyelesaikan tugas pekerjaan. Sayangnya jika hanya memiliki motivasi kerja tanpa motivasi relasi, Anda akan cepat bosan dengan pekerjaan.

b. Anda menghabiskan banyak waktu di tempat kerja

Semakin banyak teman dikantor, maka akan semakin banyak waktu Anda berada disana. Dengan banyak waktu di sana, maka pekerjaan yang Anda lakukan bisa semakin banyak. Ini akan menguntungkan Anda dari banyak sudut pandang. Secara finansial, gaji akan ditambah saat bisa menyelesaikan pekerjaan melebihi target, ini tentu menjadikan Anda berada di jenjang karir yang baik.

Semakin banyak waktu untuk berada dikantor, itu juga berarti Anda akan menghabiskan waktu dengan bekerja. Hal ini tak akan membuat Anda jenuh dan merasa sungkan untuk datang ke kantor dan menyelesaikan segala pekerjaan dengan tepat waktu. Bos Anda tidak buta, dia tahu siapa yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kemajuan sebuah usaha atau perusaahan. Saat ada promosi jabatan untuk mendapatkan kesempatan naik tingkat lebih besar. Maka hal ini bisa berakibat baik utntuk Anda.

Bersegeralah mencari teman agar Anda merasa nyaman berada di tempat kerja, dan dapat menyelesaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan, tanpa ada beban dan justru terasa enjoy.

c. Merasa menjadi bagian dari grup

Patriotisme kerja bisa dikatan sebagi rasa cinta dengan pekerjaan atau tempat Anda bekerja. Dengan rasa cinta tersebut, pekerjaan yang biasanya membosankan untuk dijalani, akan menjadi menarik saat bisa merasakan bahwa Anda adalah komponen dengan apa yang sedang dikerjakan saat ini.

Hal ini tentunya memerlukan banyak faktor yang mendukung, salah satu yang terpenting adalah teman seperjuangan, dengan mereka Anda akan merasa berada di jalur yang sama dalam mencapai sebuah target. Anda akan merasa menjadi bagian dari mereka, sehingga Anda tidak merasa sedang berjuang sendirian di medan pekerjaan. Perbanyaklah teman dari lingkungan pekerjaan yang sama, agar tumbuh rasa semakin memiliki bahwa anda memiliki keluarga di tempat kerja yang berjuang bersama-sama di tempat dan waktu yang sama.

d. Merasa aman secara emosional, karena merasa ada yang mendukung Anda

Dalam sebuah teori pembelajaran melalui dongeng dipaparkan tentang kedekatan emosional. Setiap orang cenderung memiliki perasaan untuk ingin dekat dengan orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang berusaha untuk menjalin ikatan terhadap orang lain baik kepada teman, saudara, adik, orangtua, atau kenalan. Meskipun demikian, kadangkala, Anda mengalami kesulitan untuk menciptakan hubungan tersebut dengan baik. Kadang-kadang orang lain merasa kurang nyaman jika bersama dengan Anda. Lalu, bagaimana untuk menyiasatinya? Hal itu dapat dilakukan dengan membangun kedekatan emosional. Kedekatan emosional adalah kedekatan yang mampu menyentuh perasaan orang lain. Dengan adanya kedekatan emosional tersebut, kita dapat menjalin kerjasama.

Kedekatan emosional Anda dengan teman-teman di tempat kerja, akan berbuah dengan adanaya hubungun saling bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain. Akan muncul kepedulian pada sesama rekan kerja, meskipun setiap rekan Anda memiliki tugas masing-masing. Semakin banyak kita memiliki hubungan kedekatan emosional, maka akan banyak yang mendukung kita dalam melakukan segala aktifitas tak terkecuali aktifitas di tempat kerja. Ini yang akan menjadikan anda semakin betah di tempat kerja.

e. Anda akan lebih peduli dengan performa kerja

Kata-kata bijak menuturkan bila kita mencintai pekerjaan kita, kita tidak akan merasa sedetik pun bahwa kita pernah bekerja. Tentunya iya karena saat kita berada dalam keadaan cinta, apa yang kita lakukan akan terasa ringan dan tidak merasa terbebani, bahkan yang kita rasakan adalah kesenangan. Cintailah pekerjaan dan tempat Anda bekerja, hingga akhirnya akan timbul perasaan semakin nyaman berada di tempat kerja dan hal ini menjadikan performa dalam bekerja untuk kedepannya semakin baik.

f. Menurut penelitian, rasa kesepian dan kesendirian bisa mengurangi motivasi serta produktivitas kerja Anda

Menurut Sinungan, seorang akademisi di manajemen bisnis pada tahun 1980an, Pengertian produktivitas pada dasarnya mencakup sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan di hari lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari baik dari hari ini. Secara teknis produktivitas adalah suatu perbandingan antara hasil yang dicapai (out put) dengan keseluruhan sumber daya yang diperlukan (in put). Produktivitas mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran tenaga kerja persatuan waktu, hal ini sesuai dengan yang disampaikan sesama akademisi di manajemen bisnis Riyanto beberapa tahun setelah Sinangun mendefiniskan arti produktivitas kerja.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa produktivitas kerja adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapt dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat. Salah satu yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah iklim kerja dan hubungan sosial. Jadi sebaiknya jika anda ingin memiliki produktivitas yang baik ditempat kerja, perbanyaklah teman yang akan menjadi iklim di tempat kerja anda, bagaimana sikap mereka adalah iklmi bagi anda. Saat anda tidak merasa sepi dan sendirian di tempat kerja, itu berarti anda akan memiliki yang namanya motivasi dan produktifitas saat bekerja.
g. Melatih kemampuan komunikasi Anda

Kemampuan komunikasi adalah kecakapan atau kesanggupan penyampaian pesan, gagasan, atau pikiran kepada orang lain dengan tujuan orang lain tersebut memahami apa yang dimaksudkan dengan baik, secara langsung lisan atau tidak langsung.

Berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang termasuk bagi Anda di tempat kerja. Dengan semakin banyak teman yang dimiliki, maka keterampilan Anda dalam menjalin komunikasi akan semakin baik. Tak hanya itu, kecakapan ini akan menjadikan Anda berani berbicara di depan publik. Hal ini menjadi poin penting saat Anda menginginkan jenjang karir yang lebih tinggi. Namun ini semua bisa dibangun dari komunikasi dengan teman kerja, jadi mulailah berteman dengan siapapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *