9 Trik Untuk Memasarkan Jasa Penitipan Motor

Berbagai jenis bisnis atau usaha yang menawarkan jasa, kini mulai menjamur di masyarakat. Hal ini merupakan salah satu wujud bahwa semakin banyak bidang yang bisa dijadikan peluang bisnis. Parkir adalah salah satunya.
Parkir? Terdengar sepele namun sekiranya ini dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Padatnya aktivitas masyarakat yang menyebabkan banyaknya lalu lalang kendaraan yang harus diparkir atau dititipkan, menjadi sebuah peluang bisnis baru yang sekiranya bisa menghasilkan banyak pundi-pundi uang. Semakin bertambahnya pemilik kendaraan bermotor, menjadikan munculnya usaha jasa penitipan motor ataupun parkir kini menjamur di tengah-tengah masyarakat.
Terkadang, banyak orang yang memiliki kendaraan bermotor, namun mereka tidak ingin menggunakan motor untuk jarak jauh. Untuk itu,  para pengguna kendaraan bermotor pun memutuskan untuk menitipkan motornya di tempat penitipan motor dan mereka melanjutkan perjalanannya menggunakaan kendaraan umum. Hal inilah yang bisa memacu Anda untuk membuka bisnis atau usaha jasa penitipan motor yang terpercaya, aman dan murah.
Bisnis jasa penitipan motor ini sekiranya masih belum banyak dilirik oleh para pebisnis-pebisnis pemula. Padahal, bisnis ini terbilang cukup menjanjikan bila dikelola secara teratur. Dengan tarif Rp. 2000,- per jamnya, dengan jumlah mencapai minimal 100 motor setiap harinya, bayangkan, berapa penghasilan yang Anda dapatkan dalam satu hari? Sangat menjanjikan!
Nah, pada kesempatan kali ini, bisnishack.com akan memaparkan sedikit trik untuk memasarkan jasa penitipan motor. Mari kita simak bersama-sama!
Images Credit
1. Utamakan keamanan
Dalam membuka jasa penitipan motor, tentu hal yang sangat diperhatikan adalah keamanan. Semakin aman lokasi dan peraturan di area usaha jasa penitipan motor, maka semakin terpercaya pula bisnis Anda di mata konsumen. Konsumen akan memilih jasa penitipan motor Anda untuk menitipkan motornya dan mempercayakan sepenuhnya.
Untuk menguatkan sistem keamanan pada lokasi jasa penitipan motor, Anda dapat meningkatkan kinerja karyawan-karyawan untuk menjaga keamanan penjagaan motor agar selalu stabil dan jauh dari pencurian, baik pencurian motor maupun helm. Selain itu, Anda juga perlu membangun ruangan baik tertutup maupun terbuka untuk mengkondisikan bahwa jasa penitipan motor Anda adalah benar-benar aman. 
2. Sediakan tempat yang rapi dan bersih

Kerapihan dan kebersihan dari lokasi tempat Anda menjual jasa penitipan motor juga merupakan salah satu unsur agar jasa penitipan motor Anda dipilih dan dipercaya oleh konsumen yang ingin menitipkan motor. Kerapihan dalam pengaturan posisi parkir motor, serta kebersihan yang dibentuk di dalam lokasi tersebut, akan menjadi nilai tambah bagi jasa penitipan motor yang Anda jual. Pastikan bahwa karyawan-karyawan Anda selalu mengatur motor-motor yang diparkir dengan sebaik dan serapih mungkin.
3. Jangan memasang tarif per jam
Agar menjadi jasa penitipan motor yang dipercaya dan diprioritaskan oleh masyarakat, Anda perlu menerapkan harga yang murah serta efisien bagi para konsumen. Sediakan tarif yang sesuai dan tidak memberatkan. Tidak perlu mengambil untung terlalu banyak, yang terpenting setiap hari banyak motor yang dititipkan ke jasa penitipan motor Anda karena penggunanya telah mempercayakannya pada bisnis jasa penitipan motor yang Anda kelola.
Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan bahwa tarif yang Anda tentukan bukanlah tarif per jam. Tarif perjam akan cenderung memberatkan masyarakat yang menitipkan motornya pada bisnis jasa Anda. Bila harga cenderung mahal, dikhawatirkan mereka akan menitipkan motornya pada jasa penitipan motor yang lain, yang termasuk kompetitor Anda. Untuk itu, pastikan bahwa tarif yang Anda kelola adalah bukan perjam, bisa per 12 jam atau per 24 jam pada setiap harganya.
6. Berikan kartu parkir khusus
Memberikan pelayanan maksimal pada bisnis atau usaha jasa, adalah hal yang wajib dilakukan pada setiap pelaku bisnis. Termasuk diantaranya adalah usaha jasa penitipan motor. Salah satu langkah untuk memaksimalkan pelayanan selain keramahan, kerapihan serta kerapihan penataan motor, antara lain adalah dengan memberikan kartu parkir khusus. Kartu parkir khusus bisa diberikan pada pelanggan atau konsumen yang setiap hari datang, atau diberikan kepada pelanggan untuk mendapatkan promo-promo tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengikat pelanggan, agar setiap hari datang dan menitipkan motornya di tempat Anda.
7. Layanan tambahan seperti cuci motor atau helm
Menyediakan layanan yang maksimal juga dapat diwujudkan dalam bentuk pelayanan-pelayanan tambahan seperti cuci motor dan cuci helm. Kebutuhan masyarakat akan hal ini sekiranya juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan dari usaha jasa penitipan motor Anda. Pelanggan atau konsumen Anda akan merasa diuntungkan serta diberikan kenyamanan dan kemudahan dalam merawat kebersihan motor dan helmnya. Bila perlu, jadikan layanan cuci motor atau cuci helm  sebagai layanan gratis bagi pelanggan loyal jasa penitipan motor Anda. Promo menarik ini akan mengikat pelanggan-pelanggan untuk senantiasa menitipkan motornya di tempat usaha Anda.
8. Berikan seragam bagi staf parkir atau jasa penitipan motor Anda
Untuk memaksimalkan pelayanan dan aturan jasa penitipan motor yang dikelola, pastikan bahwa Anda membangun kekompakkan dan aturan-aturan kerja dalam bisnis yang dikelola. Pastikan bahwa Anda selalu melakukan apel untuk menentukan strategi setiap harinya. Bila waktu buka jasa penitipan motor Anda selama 24 jam, pastikan pembagian waktu kerja shift telah dibagi dengan baik. Untuk meyakinkan konsumen bahwa bisnis jasa yang Anda kelola adalah bisnis jasa penitipan motor yang aman, resmi dan terpercaya, buatlah seragam bagi karyawan-karyawan selama bertugas di area parkir untuk mengatur motor-motor yang dititipkan.
9. Buat papan nama atau identitas dari jasa penitipan motor Anda
Meski hanya sebatas jasa penitipan motor, alangkah baiknya Anda membuat plang besar yang mencantumkan nama dari usaha jasa penitipan motor yang Anda jalankan. Buatlah desain logo semenarik mungkin dengan warna khas yang menggambarkan identitas usaha Anda. Logo ini nantinya juga dapat Anda cantumkan pada karcis parkir yang akan diterima oleh konsumen ketika menitipkan motor di tempat usaha Anda. Dengan demikian, identitas dan reputasi bisnis penitipan motor yang Anda jalankan dapat selalu berada di posisi yang baik, teratur serta dianggap sebagai bisnis yang terkelola dengan resmi dan maksimal.
Demikian 9 trik yang dirangkum bisnishack.com dalam membangun dan memasarkan usaha jasa penitipan motor. Sudahkah Anda melakukannya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *