9 Tips Sukses Pemasaran Dengan Media Sosial Instagram

Cindy Clarissa (21) mahasiswi semester 3 di Prasetya Mulya Business School, memulai usaha Hola Lola Shop pada tahun 2012 bersama seorang temannya Josephine Ruth (19) yang saat ini sedang melanjutkan studinya di University of Nottingham di Ningbo, China. Saat itu mereka sedang duduk di tingkat terakhir bangku SMA, dan kebetulan berada di kelas yang sama.

Sebagai sesama pemilik online shop di smartphone, Cindy berjualan aksesoris wanita, sedangkan Josephine berjualan kamera Polaroid dan asesorisnya. Mereka kemudian sering berbagi cerita, hingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuka online shop bersama, supaya dapat membagi tugas dan mendapat laba yang lebih besar. Online shop tersebut kemudian dinamai Hola Lola Shop.
Berbekal koneksi dengan para supplier barang yang didapat sejak memiliki online shop sendiri-sendiri, mereka memutuskan untuk menjual aksesoris wanita dan kamera polaroid serta aksesorisnya di salah satu jejaring sosial yang sedang gencar dibicarakan orang, Instagram. Supaya tampilan Instagram online shop mereka tetap indah dan tidak terkesan berantakan, mereka kemudian membuat dua akun Instagram yang bernama @holalolashop dan @holalolainshop.
Setelah kurang lebih dua tahun berjualan dan melayani pelanggan dari hampir seluruh bagian di Indonesia, Cindy kemudian menyimpulkan bagaimana cara agar dagangannya selalu laris sekalipun banyak pesaing, yaitu:
1. Jangan menjual barang yang sudah sering diperdagangkan
Hal ini akan membuat online shop susah untuk terkenal, dan  juga akan susah untuk meraih keuntungkan karena pesaingnya sudah sangat banyak. Jika ingin menjual barang yang sudah marak diperdagangkan, maka penjual harus membuat sedikit variasi kreatif. 
2. Berikan informasi yang jelas mengenai produk yang dijual
Banyak online shop yang tidak mencantumkan harga dan informasi yang jelas mengenai produk yang dijual, sehingga selain membuat calon pembeli malas untuk membeli, akan melelahkan penjual juga yang kemudian pasti mendapat banyak pertanyaan dari calon pembeli. 
3. Bandingkan harga dengan online shop tetangga
Konsumen tentu sangat mempertimbangkan harga dari barang yang akan dibeli, jika konsumen tahu bahwa produk yang sama dijual di toko lain dengan harga yang lebih murah, tentu ia akan memilih untuk membeli di toko tersebut. Oleh karena itu, sekalipun penjual ingin mengambil keuntungan, tetap harus realistis dan jangan seenaknya, karena hal itu akan merugikan diri sendiri.
4. Barang harus sesuai dengan mode
Perputaran tren khususnya di online shop sangatlah cepat, oleh karena itu, penjual harus selalu update mengenai barang apa yang sedang dicari dan digemari oleh konsumen. Supaya penjual tidak rugi karena barang lama tidak laku, usahakan jangan membeli stok barang terlalu banyak sebelum tahu bahwa barang tersebut pasti akan laku.
5. Buat lomba berhadiah setiap beberapa saat sekali
Biasanya online shop akan membuat lomba seperti lomba foto dengan produk yang dibeli di online shop tersebut dengan hadiah salah satu produk yang dijual di online shop itu juga. Hal ini berhasil membuat para pembeli sebelumnya dan calon pembeli ikut berpartisipasi karena lombanya tidaklah sulit dan hadiahnya menarik. 
Sedangkan keuntungan bagi penjual tidaklah senyata keuntungan bagi pemenang lomba. Contoh keuntungannya adalah antara lain mendapat promosi gratis dari para peserta lomba, secara tidak langsung, para peserta lomba mempromosikan produk dari online shop yang mengadakan lomba di akunnya, hal ini bisa menimbulkan ketertarikan bagi pengikut dari peserta tersebut untuk membuka akun online shop tersebut bahkan membelinya. 
Selain itu, lomba ini dapat meningkatkan ketertarikan para pembeli sebelumnya untuk selalu memantau akun online shop tersebut, dan juga meningkatkan kesetiaan para pelanggan.
6. Selalu bersikap profesional dan ramah kepada pembeli
Banyak penjual online shop yang kemudian menjadi sombong dan tidak ramah kepada calon pembeli, akibatnya calon pembeli kemudian tidak jadi membeli produk dari online shop tersebut, dan mencari online shop lain yang menjual produk yang sama, hal ini diceritakan oleh beberapa pelanggan Hola Lola Shop. Masalah kecil seperti ini tentu dapat sangat merugikan, oleh karena itu, profesionalitas dan keramahan penjual sangatlah penting. 
7. Usahakan merespon calon pembeli dengan cepat
Jangan biarkan calon pembeli menunggu konfirmasi dari penjual sampai berhari-hari. Hal ini akan membuat pembeli merasa tidak dihargai atau menciptakan citra bahwa penjual tidak serius dalam menjalankan bisnisnya.
8. Berikan produk gratis kepada artis-artis yang terkenal di Instagram 
Memberikan produk secara gratis kepada orang-orang yang terkenal di Instagram untuk kemudian diunduh di akun Instagram mereka adalah hal yang dilakukan oleh banyak online shop khususnya yang masih belum terlalu terkenal. Hal ini sangat efektif karena dari beberapa cerita dari online shop di Instagram, setelah memberikan produk secara gratis, pembelian kemudian membeludak. 
9. Bangun hubungan baik dengan sesama pemilik online shop di Instagram
Biasanya pertemanan yang terjalin antara sesama pemilik online shop kemudian berlanjut menjadi bantuan saling promosi di akun online shop masing-masing pejual. Membangun hubungan baik dengan sesama pemilik online shop bisa dilakukan baik dengan cara personal maupun cara profesional. 
Cara personalnya adalah dengan pendekatan sebagai teman biasa, kemudian perjanjian untuk saling membantu promosi kemudian merupakan perjanjian antara individu yang terkait, sedangkan cara profesionalnya adalah dengan mengikuti grup pemilik online shop yang kemudian membuat perjanjian untuk saling mempromosikan sekalipun tidak kenal secara personal. 
Demikianlah tips dari Cindy Clarissa, salah satu pemilik Hola Lola Shop yang kini akun online shopnya memiliki pengikut ribuan dan sudah meraup keuntungan yang cukup besar. Pemasaran melalui internet memang memiliki prospek yang menjanjikan di era digital ini, selain itu, pemasaran melalui internet dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan anak SMA, yang dibutuhkan adalah ide kreatif dan ketekunan dari si penjual. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *