8 Pilihan Kamera Terbaik untuk Fotografer Pemula

Bagi Anda yang gemar dengan dunia fotografi tentunya sudah tidak asing lagi dengan kamera digital SLR atau yang lebih dikenal dengan sebutan kamera DSLR. Namun harga kamera DSLR yang terbilang tidak murah membuat para fotografer pemula dan orang-orang yang masih awam dengan dunia fotografi menjadi sedikit ragu untuk membeli kamera DSLR. 
Apa yang membuat kamera memiliki harga yang berbeda-beda? Bagaimanakah agar para fotografer pemula dapat memilih kamera DSLR yang baik dan sesuai dengan kantongnya? Lalu apa sajakah jenis-jenis kamera DSLR yang cocok untuk pemula? Berikut ini adalah detail tentang kamera DSLR yang cocok untuk fotografer pemula dengan penawaran harga yang masih terbilang wajar.
1. Canon Rebel T5i (Canon EOS 700D)
Untuk daftar kamera DSLR bagi pemula mungkin tipe Canon Rebel T5i atau yang lebih sering disebut dengan Canon EOS 700D ini terbilang paling mahal dikelasnya. Harganya berkisar U$823 atau sekitar Rp8 juta. Dengan harga yang tinggi tentunya Canon Rebel T5i ini memberikan keunggulan yang jarang dimiliki kamera DSLR tipe lain, diantaranya ISO yang mencapai 25.600 dan didukung dengan spesifikasi 18 mega pixel menjadikan kamera ini dapat menghasilkan gambar yang bagus dengan kondisi pencahayaan yang minim sekalipun. 
2. Nikon D5200 
Dengan banderol harga yang tergolong menengah yaitu U$800, Nikon D5200 ini menawarkan paket lengkap bagi para fotografer pemula yang menginginkan kualitas gambar yang baik dan juga kemudahan dalam mengambil gambar. Diantara keunggulan yang ditawarkan oleh Nikon D5200 adalah resolusi gambar yang tinggi yaitu mencapai 24,1 mega pixel dan juga ISO 25.600 serta didukung dengan 39 titik fokus yang selain akan memberikan kemudahan dalam pengambilan gambar juga tentunya akan memberikan hasil gambar dan video yang sangat berkualitas juga.
3. Nikon D90
Kita mengenal Nikon sebagai salah satu merek kamera yang cukup berkualitas dan bersaing ketat dengan rival abadinya yaitu Canon. Nikon menyadari bahwa perkembangan zaman yang sudah sangat maju ini juga menjadikan permintaan dari konsumen menjadi semakin spesifik, salah satunya adalah keinginan dari konsumen yang mungkin masih terbilang pemula dalam dunia fotografi dan juga masih awam namun ingin menampilkan sisi sempurna di setiap hasil jepretan kameranya. 
Menyadari permintaan dari konsumen yang cukup besar dari konsumen untuk spesifikasi kamera yang cocok untu pemula, maka Nikon merilis kamera DSLR nya yang bertajuk Nikon D90. Pada saat dipasarkan harganya memang terbilang standar dengan spesifikasi yang cukup berkualitas dan dengan keunggulan yang ditawarkan yaitu kemampuan Nikon D90 untuk mengambil gambar secara intensif dengan kecepatan 4,3 frame per detik. Jika ingin memiliki Nikon D90 ini Anda harus menyiapkan dana sekitar U$ 800.
4. Canon EOS Rebel SL 1 (Canon EOS 100D)
Canon EOS Rebel SL 1 atau Canon EOS 100D ini ditawarkan dengan kisaran harga U$750. Dengan harga yang terbilang menengah untuk kamera DSLR bagi pemula ini banyak keunggulan yang dimiliki oleh kamera DSLR tipe ini yaitu layar LCD yang terang yang dapat memudahkan sang fotografer untuk melakukan pengambilan gambar dan ini tentunya akan sangat memudahkan bagi fotografer pemula. 
Hasil pengambilan gambar yang baik membuktikan bahwa kamera ini memiliki spesifikasi unggulan. Dan juga ukuran yang dimiliki oleh Canon EOS Rebel SL 1 ini terbilang lebih ringan dan kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR lainnya yang menawarkan spesifikasi yang hampir sama.
5. Canon EOS 60D
Canon juga memiliki tipe EOS 60D yang cocok untuk fotografer pemula. Harga yang ditawarkan lebih murah dari tipe EOS Rebel SL 1 yaitu berkisar U$600 atau sekitar Rp6 juta. Kamera DSLR ini menawarkan beberapa keunggulan, di antaranya kualitas video dan gambar yang baik dari hasil jepretan kamera ini membuktikan bahwa dengan harga yang cukup murah Anda tetap mendapatkan hasil yang memuaskan kemudian ditambah lagi dengan kemampuan baterai pada kamera ini yang mampu bertahan hingga 1100 jepretan dengan resolusi 18 mega pixel. 
6. Pentax K 500
Penawaran harga yang ditawarkan Pentax K 500 ini tak berselisih banyak dengan Canon EOS 60D yaitu sekitar U$ 600. Keunggulan yang dimiliki Pentax K 500 ini adalah titik fokus yang berjumlah sebelas menjadikannya sangat fokus pada gambar sehingga kualitas gambar yang dihasilkan tentunya sangat baik. Pentax K 500 ini juga memiliki ISO yang dapat dinaikkan hingga mencapai kemampuan maksimalnya di angka 51.200.
7. Olympus Pen E-PL 5
Harga yang bersaing dengan Canon EOS 60D dan Pentax K 500 ini dipasarkan dengan kisaran U$600. Namun Olympus menawarkan keunggulan dengan dua pesaing terdekatnya itu yaitu kemampuan Olympus Pen E-PL 5 yang bisa diputar menjadikan pengguna kamera jenis ini lebih mudah untuk mengambil gambar dalam berbagai posisi. Selain itu Olympus Pen E-PL 5 ini juga memiliki 23 mode automatic scene.
8. Nikon D3200
Masih dari Nikon juga namun tipe D3200 ini menawarkan kualitas gambar yang baik meskipun penerangan di lokasi pengambilan gambar ini sedang tidak terang. Namun satu hal yang tidak dimiliki oleh Nikon D3200 ini adalah ketidakmampuan layar LCD pada kamera ini untuk diputar sehingga untuk mengambil gambar yang diinginkan maka posisinya harus  disesuaikan agar hasilnya tetap maksimal. 
Kekurangan yang dimiliki oleh Nikon D3200 ini bukanlah masalah yang besar terutama jika melihat harga yang ditawarkannya yang terbilang cukup murah jika dibanding dengan Nikon D90, Nikon D3200 dipasarkan pada kisaran harga U$550. Ini adalah harga yang cocok terutama untuk para fotografer pemula yang masih dalam tahapan mempelajari dunia fotografi. 
Itu adalah 8 jenis kamera yang dapat dijadikan pertimbangan bagi fotografer pemula. Jangan terlalu terpaku pada harganya yang mahal. Tidak jarang pula, kamera yang sederhana bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Bagus tidaknya gambar juga tergantung pada penggunanya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *