7 Strategi Bisnis Online Shop

Online shop adalah bisnis yang paling digemari terutama untuk anak muda zaman sekarang. Selain mudah, online shop juga dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan khususnya bagi pekerja muda yang ingin menambah keuntungan. Disamping itu, online shop juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk latihan dalam berbisnis karena dengan berbisnis online maka tidak akan memperoleh kerugian yang besar.
Berbisnis online shop memang bisnis yang sangat mudah. Tidak heran jika bisnis online shop banyak digemari oleh semua kalangan khususnya para remaja yang cinta dalam bidang perbisnisan. Dengan hanya bermodal online dan memasarkan produk yang dimiliki maka sudah merupakan suatu pekerjaan yang menghasilkan keuntungan tanpa menghadirkan kerugian sedikitpun.
Melakukan bisnis online shop tidak hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki produk saja, namun dapat juga dilakukan oleh semua orang dengan bergabung bersama orang yang berbisnis online yaitu dengan membantu memasarkan produknya. Hal demikian adalah langkah yang baik untuk melatih jiwa dan mental dalam berbisnis sebelum melakukan atau menciptakan bisnis individu yang sebenarnya.
Disamping kemudahan dalam menjalankan bisnis online, seorang pebisnis memerlukan strategi khusus untuk kelancaran bisnisnya. Strategi bisa didapatkan dari orang lain ataupun kreatifitas sendiri. Ada banyak strategi untuk para pebisnis online di antaranya:
1. Mulai Lewat Facebook
Memulai bisnis online sebaiknya jangan menggunakan situs-situs besar terlebih dahulu misalnya web ataupun blog. Hal ini akan menyusahkan Anda dalam mengatur bisnis online shop. Sebaiknya memulai bisnis online dengan akun facebook terlebih dahulu. Selain mudah, akun facebook juga kerap dikunjungi oleh banyak orang sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui produk-produk yang dipasarkan.
Ada banyak keuntungan berbisnis melalui facebook untuk para pemula, selain mudah dalam pemasarannya berbisnis melalui facebook akan semakin mudah dalam mendapatkan banyak pelanggan sehingga keuntungan akan semakin mudah didapatkan. Disamping itu, bebisnis melalui facebook juga tidak banyak mendapatkan risiko karena akun milik sendiri dan otomatis tidak berbayar. Untuk itu, gunakan facebook terlebih dahulu untuk memasarkan produk online shop bagi para pemula.
2. Coba Sosial Media Lainnya
Setelah mahir dan lancar dalam memasarkan produk melalui facebok, cobalah memasarkan produk melalui media sosial lainnya seperti twitter, blog dan lain-lain. Hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk memperoleh keuntungan yang semakin banyak dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, dengan memasarkan produk di banyak akun, maka produk akan semakin terkenal luas sehingga perolehan keutungan akan semakin cepat.
Disamping itu, mencoba memasarkan produk dengan akun yang lain akan semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan pelanggan yang lumayan banyak sehingga akan lebih mudah untuk menaikkan keuntungan dan pendapatan akan semakin meningkat secara drastis dalam waktu yang relatif singkat. Dengan ini, bisnis akan semakin mudah berkembang.
3. Jangan Spamming
Spamming ini yang biasanya membuat orang lain kesal dengan toko online shop Anda. Spamming adalah istilah lain dari forwarding. Spamming adalah cara yang tidak sopan untuk menanggapi para pelanggan karena sama saja seperti tidak niat dalam menjawab atau menaggapi pelanggan. Untuk itu, hindari spamming karena bisa jadi toko online Anda akan dijauhi oleh banyak pelanggan dan tentunya ini akan semakin merugikan, terutama dalam hal pendapatan dan hal ini akan berujung pada kebangkrutan.
4. Cara Bijaksana
Ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan teman kerja Anda sehingga pekerjaan akan semakin mudah dan ringan. Mitra kerja harus dipilih dengan bijaksana terutama mitra kerja dalam bisnis online shop. Hal yang perlu diperhatikan adalah kejujuran dan kedisiplinan serta kemauan yang kuat. Carilah teman yang ada di facebook ataupun teman yang sekiranya ingin bermitra baik dengan Anda. Setelah percaya barulah menggabungkan mitra kerja  tersebut ke dalam bisnis yang dikerjakan saat ini.
5. Informasi Harus Lengkap
Ini merupakan hal yang harus diperhatikan yaitu memberikan informasi dengan lengkap mengenai produk bisnis online Anda. Informasi adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh para pelanggan sehingga harus diperhatikan secara detail.
Memberikan informasi mengenai suatu produk terutama di situs online harus secara detail namun singkat sehingga dapat dipahami dengan mudah. Intinya jangan membuat pelanggan merasa jenuh saat membacanya. Usahakan membuat informasi yang menarik atau memberikan keunikan daripada produk online yang Anda tawarkan. Hal ini akan memikat hati para pelanggan sehingga akan banyak pelanggan yang akan membeli produk yang dipasarkan dalam online.
6. Foto dengan Kualitas Bagus
Selain informasi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah foto. Foto adalah perwakilan bentuk produk dari Anda untuk para konsumen sehingga konsumen tidak perlu repot-repot datang ke tempat Anda. Cukup hanya mengunggah foto ke dalam situs pemasaran maka konsumen akan mengetahui bagaimana kondisi serta bentuk produk yang ditawarkan.
Mengunggah foto perlu dilakukan untuk para pebisnis online shop terutama penawaran serta pemasaran barang karena pendeskripsian atau kata-kata saja tidak cukup untuk menggambarkan kondisi ataupun keadaan produk yang ditawarkan. Selain itu, foto akan semakin membantu para konsumen untuk mengetahui bagaimana bentuk serta kualitas produk tersebut. Usahakan mengunggah foto yang terbaik dari produk yang akan ditawarkan karena foto juga akan mempengaruhi minat pelanggan.
7. Usahakan untuk Menggunakan Model
Model dapat dijadikan alat untuk memikat hati para pelanggan terutama untuk menjalankan bisnis online shop dalam bidang fashion. Dengan menggunakan banyak model dalam foto maka produk akan terkesan lebih hidup dan menarik sehingga banyak para pelanggan yang tertarik terhadap produk dengan hanya melihat foto produk yang dipasarkan melalui online. Model juga dapat mempengaruhi laku tidaknya produk Anda, jika foto tidak disertai model-model maka jelas persentase akan lakunya produk sangat minim karena kebanyakan pelanggan melihat menariknya suatu produk, bukan hanya kualitas saja.
Demikian sekilas uraian tentang strategi dalam berbisnis online shop. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pembaca. Sekian, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *