7 Hal yang Harus Selalu Dibawa Oleh Entrepreneur Cerdas

Anda adalah seorang pengusaha atau orang yang sedang memulai bisnis. Siapa yang tidak ingin menjadi entrepreneur yang cerdas sepeti orang-orang yang telah berhasil menguasai ekonomi dunia. Pastinya banyak yang telah mencoba langkah bisnisnya. Mereka orang-orang yang berhasil memulai bisnisnya dari bawah, jatuh bangun telah biasa mereka rasakan, kebangkrutan telah mereka rasakan berkali-kali. Tetapi mereka tidak pernah putus asa, putus asa hanya akan membuat mereka tampak lemah. Mungkin sudah ribuan tinta yang telah mereka goreskan, ribuan lembar kertas telah mereka coret, ribuan uang datang dan pergi dari tangannya. Saat mereka sukses mereka tahu siapa musuh sebenarnya. Saat susah mereka tahu siapa kawan mereka. Dunia bisnis memang kejam tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi hari esok pada bisnis mereka. 
Berikut adalah 7 hal yang harus selalu oleh Entrepreneur cerdas :   
a. Buku tulis kecil dan pulpen
Mereka selalu membawa buku tulis kecil dan pensil disetiap acara mereka. Gunanya untuk mencatat hal-hal penting. Seperti saat rapat, seminar, informasi, jadwal janji dan lainnya. Belilah buku kecil yang bisa Anda kantongi dan praktis di bawa kemana-mana dan pulpen untuk menulis, pastikan pulpen tersebut memiliki tinta yang lancar.  Kedua benda ini sangat penting, Anda tidak tahu kapan pastinya ada informasi penting yang harus dicatat agar tidak lupa. Saat menghadiri seminar pastinya Anda membutuhkan pensil dan kertas utuk mencatatnya. Karena ingatan manusia tidak sekuat mesin komputer. Jangan sampai buku tulis Anda terkena air atau robek. Karena informasi penting ada didalamnya. 
Mereka yang telah berhasil selalu mencatat hal penting walaupun itu masalah sepele. Masalah sepele tidak boleh dianggap remeh. Terkadang kegagalan tiba karena masalah yang sepele.   
b. Buku untuk dibaca

Bawa buku bacaan untuk mengisi waktu luang Anda. Jadikan waktu santai Anda tetap produktif. Jenis buku yang Anda baca bisa berupa buku motivasi yang berguna untuk selalu mendongkrak semangat, seperti buku tentang entrepreneur yang menceritakan kisah-kisah sukses para pembisnis di dunia. Jika juga bisa meneladani langkah-langkah mereka dalam menjalankan bisnis. Dengan membaca buku wawasan Anda akan semakin luas dan bertambah. Anda bisa menjelajahi dunia hanya dengan membaca buku. Anda bisa mengetahui lingkungan dunia tanpa berkunjung langusung ke tempat peristiwa. Majalah nasional dan internasional juga bisa menjadi bahan bacaan Anda. Untuk koran sepertinya memang wajib untuk Anda baca setiap hari terutama pagi hari untuk terus mengup date informasi terbaru. Buku adalah jendela dunia.  Jangan malas membaca dan jangan membiasakan otak Anda untuk malas berpikir. Salah satu maanfaat membaca buku adalah mengasah otak agar tidak mudah lupa. 
c. Kartu nama
Saat bertemu dengan pembisnis Anda bisa memberikan kartu nama kepadanya. Sediakan selalu dalam dompet Anda. Kartu nama sangat penting karena kartu nama dapat mengidentifisikan siapa Anda. Siapa yang tidak ingin memiliki kartu nama yang bertuliskan nama dan apa jabatan Anda. Anda bisa berhubungan kontak dengan partner, client dan teman dengan memberikan kartu nama. Anda tidak perlu mengenalkan diri Anda dengan lisan cukup memberikan kartu nama saja. 
Buat desain kartu nama sesimple mungkin agar mudah untuk dibaca. Jangan pernah sembarangan memberi kartu nama Anda pada orang lain agar tidak disalah gunakan.
d. Laptop dan modem internet
Laptop dan modem internet masuk dalam kebutuhan pokok. Dari laptop inilah mereka bekerja dan mendapat informasi dari internet. Anda bisa mengerjakan pekerjaan dimana saja asalkan ada laptop. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tekhnologi tinggi mampu membantu mereka meyelesaiakan pekerjaan mereka. Semua data penting dan pekerjaannya ada didalam laptop. Untuk modem internet Anda bisa menggunakannya ketika tidak ada sinyal WIFI. Sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu modem dan lebih dari satu kartu. Karena setiap daerah memiliki kekuatan sinyal yang berbeda-beda berjaga-jaga lebih baik. Jangan lupa untuk rajin memback-up dan menginstal ulang aplikasi Anda. Ini juga akan mempelancar kinerja Anda. Sediakan flash memori atau hardisk untuk menyimpan dokumen penting Anda. Benda ini untuk berjaga-jaga jika laptop mengalami kerusakan. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan karena punya duplikasi data.
e. Smartphone
Smartphone, benda ini tidak besar namun mempu untuk berkomunikasi diseluruh Dunia. Benda ini juga multi fungsi. Smartphone menyimpan semua nomer penting Anda. usahakan smartphone Anda selalu berada dalam genggaman Anda. jangan pernah pergi tanpa smartphone Anda karena jika tiba-tida ada pesan atau telefon penting dengan segera pesan dan telefon bisa ditanggapi dengan cepat. Jangan sampai Anda ceroboh meninggalkan smartphone Anda dimana-mana. Smartphone juga salah satu aset penting. Jika saja ada miss komunikasi dalam bisnis Anda tetntunya akan membawa dampak yang besar. Pilihlah smartphone yang canggih yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Anda boleh memilikinya lebih dari satu. Gunakan smartphone Anda dengan maksimal. 
f. Charger atau power bank
Ketika membawa laptop samrtphone jangan lupa membawa charger atau power bank. Mengingat baterai dua gadget ini tidak tahan lama. Untuk terus bisa bekerja, benda tersebut sangat penting. Jangan lupa juga untuk membawa stop kontak yang sesuai dengan charger Anda. Sebelum memulai aktivitas periksa power bank . Selalu periksa power bank sebelum Anda tidur sehingga ketika habis bisa mengisinya hingga penuh. Agar siap untuk digunakan dihari Anda.  
g. Rencana kegiatan
Mengingat manusia sering lupa maka terciptalah rencana kegiatan. Ketika bangun tidur, Anda sudah tahu apa yang dilakukan, ketika akan pergi kapan waktunya bekerja dan bersantai. Bawa daftar kegiatan Anda setiap hari sebagai alarm pengingat. Anda juga bisa menulisnya dalam layar smartphone Anda. Tentunya sangat praktis dan mudah dibawa. Rencana kegiatan perlu Anda ketahui setiap hari. Jika Anda mendapatkan janji wajib untuk memeriksa apakah ada waktu disela-sela kegiatan Anda. Dengan membawa rencana kegiatan ini akan mengajarkan disiplin waktu. Rencana kegiatan akan meberitahu kemana Anda akan pergi, tempat mana saja yang harus didatangi dan kapan harus menyelesaiakan pekerjaan. Dan pastinya mereka sangat sibuk. Semakin banyak daftar kegiatan  semakin produktif Anda dalam menjalani hidup dan mengejar mimpi. Mereka tidak sekedar membuat tapi juga melaksanakan kegiatan mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *