7 Ciri Waralaba yang Menjanjikan

Bisnis waralaba memiliki prospek yang sangat menggiurkan. Bukan untuk saat ini saja, akan tetapi ini akan terus berkembang hingga beberapa tahun ke depan. Saat ini untuk waralaba banyak sekali didominasi oleh waralaba yang bergerak dalam bidang kuliner. Tentunya Anda juga paham dan bisa melihat dengan jelas sekali. Banyak sekali gerai-gerai makanan dan minuman yang bermunculan setiap saat. Bahkan saat ini untuk satu kota saja misalnya Yogyakarta, banyak sekali gerai waralaba yang muncul. Entah itu seorang pengusaha yang membuatnya atau masih seorang mahasiswa yang mencoba peruntungan di dunia bisnis. 
Makanan cepat saji saat ini menjadi pemimpin terdepan sebuah bisnis waralaba. Akan tetapi banyak juga waralaba dalam bidang lain. Misalnya waralaba bidang elektronik, otomotif, pendidikan, dan lain-lain. Anda pastinya sudah pernah tau atau bahkan paham dengan Alfamart dan Indomart itu salah satu bisnis franchise. Mister burger dan McDonald menjadi salah satu franchise dalam bidang makanan.
Bisnis waralaba dibagi menjadi dua, yaitu waralaba yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri. Untuk waralaba yang berasal dari luar negeri biasanya lebih digemari, karena produknya memang sudah terkenal lebih dahulu, sistemnya pun lebih jelas dan mudah dijalankan, serta banyak pebisnis yang mengatakan bahwa hal itu lebih bergengsi. Kemudian jenis waralaba kedua adalah waralaba yang berasal dari Indonesia. Mungkin memang belum banyak yang mengenal apa saja produknya, akan tetapi waralaba yang berasal dari Indonesia menjadi pilihan para pebisnis semula karena untuk awal memulai masih mendapatkan bantuan dari para franchisor.
Berkembangnya waralaba saat ini juga sangat didukung oleh pemerintah, sampai pada akhirnya pemerintah juga membuat Undang-Undang mengenai waralaba. Maka dari itu, hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pemegang waralaba untuk melindungi bisnis mereka. Setiap bisnis waralaba yang dibuat hendaknya harus benar-benar direncanakan dengan baik. Waralaba yang benar-benar memiliki prospek cerah kedepan tentunya juga harus memiliki ciri yang jelas. 
Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha waralaba tentunya juga harus memiliki seleksifitas yang tinggi. Pengamatan yang jeli akan mendukung kesuksesan Anda. Kali ini bisnishack.com akan menjabarkan tentang 7 ciri waralaba yang menjanjikan. Poin-poin yang akan kami jelaskan, bahwa sebuah waralaba haruslah memiliki modal yang besar, sistem yang kuat, tidak sekedar menjual bisnisnya saja, memberikan pelatihan kerja kepada karyawan, menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk bekerja, menyuplai bahan baku, dan harus benar-benar transparan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel dibawah ini.
1. Memiliki modal yang besar
Waralaba yang ingin Anda pilih untuk dijalankan hendaknya harus memiliki modal yang besar. Keuangannya juga stabil dan bahkan terus meningkat. Itu menandakan bahwa waralaba tersebut benar-benar bagus dan kompeten. Dengan modal yang besar tentunya bisa mendukung pekerjaan dari segi pemasaran, produksi, dan langkah awal membangun bisnis waralaba. Maka dari itu, modal yang besar akan benar-benar mempercepat sebuah waralaba menjadi tumbuh dan berkembang.
2. Sistem yang sangat kuat
Ciri yang kedua dari sebuah waralaba yang benar-benar menjanjikan adalah memiliki sistem yang kuat. Banyak sebuah usaha tidak hanya dalam bidang waralaba, bahkan perusahaan besar mengalami kerugian dan bangkrut karena tidak memiliki sistem yang kuat. Sebuah sistem harus benar-benar dirancang terlebih dahulu sebelum mendirikan atau memulai usaha. Sistem juga berperan sebagai sebuah pondasi yang kuat. Bisnis bisa diibaratkan sebagai rumah. Ketika Anda membangun rumah, pastilah memulainya dari sebuah pondasi. Pondasi benar-benar harus kuat dan struktur serta bahan baku campurannya harus benar-benar pas. Sama halnya dengan bisnis tentunya, maka dari itu, carilah waralaba yang memiliki sistem yang kuat. Ini juga akan membantu Anda terhindar dari sebuah kerugian.
3. Tidak sekedar menjual bisnisnya saja
Sebuah waralaba yang memiliki tujuan besar pastilah tidak hanya menjual bisnisnya saja. Semua hal yang bisa bertujuan untuk memperbesar jaringan dan keuntungan tentunya akan ikut dijual meski hanya berandil kecil. Berawal dari sesuatu yang kecil akan menjadi sebuah yang besar. Semua informasi pasti akan dibagi dengan Anda, entah itu tentang cara marketing, mencari tempat strategis, bagaimana cara menjalin kerjasama, mencari karyawa, dan sebagainya. Maka dari itu bijaksanalah dalam memilih sebuah usaha waralaba untuk dikembangkan. 
4. Memberikan pelatihan kepada karyawan
Kualitas dari tenaga kerja atau karyawan pastilah menentukan nasib dari sebuah waralaba nantinya. Kemampuan karyawan juga ikut andil dalam menentukan kesuksesan sebuah usaha, apapun itu, dan tidak hanya sebuah waralaba saja. Karyawan adalah seseorang yang selalu bertemu langsung dengan pelanggan, mereka yang melayani dan menerima keluahan. Jika sebagai pemilik waralaba tidak mengadakan pelatihan terhadap karyawannya, maka nasib waralaba tersebut belum tentu sesuai dengan yang diharapkan.
Maka dari itu, Anda hendaknya memilih waralaba yang memberikan pelatihan kepada karyawannya. Bagaimana cara menjual, melakukan promosi, bersikap ramah, dan lain-lain. Dengan menetapkan standar dalam pelayanan tentunya akan membuat semua yang dijalankan menjadi lebih baik.
5. Menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk bekerja
Bagi sebuah waralaba yang profesional dan benar-benar peduli dengan seseorang yang ingin mengembangkan uasaha yang sama. Pastilah akan ringan tangan untuk selalu membantu agar usaha yang diwaralabakan dapat berkembang. Maka dari itu, jika ada sebuah waralaba yang memberikan bantuan beruapa alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan, pilihlah. Karena jarang sekali ada waralaba yang menyediakan hal itu.
6. Menyuplai bahan baku
Ciri keenam waralaba yang memiliki masa depan yang menjanjikan adalah membantu dalam menyuplai bahan baku. Misalnya jika Anda ingin menjalankan sebuah waralaba ayam goreng, sedangkan untuk mendapatkan bahan bakunya kesulitan entah itu dari ayam atau tepungnya. Kemudian jika pemilik sah waralaba bersedia membantu dalam menyuplai bahan baku, maka itu adalah sebuah waralaba yang benar-benar memiliki masa depan yang baik. Karena dalam mencapai tujuannya, masa depan orang lain juga dipikirkan. Ini adalah hal yang sangat jarang terjadi dalam dunia bisnis.

7. Transparan
Sebuah sistem dalam menjalankan bisnis haruslah transparan. Semua orang yang berdiri memabngun bisnis bersama Anda haruslah tahu luar dalam dan seluk beluk dari perusahaan. Sama halnya dalam berbisnis waralaba. Transparansi antar pemilik sah, franchisee dan karyawan pelaksana di lapangan haruslah terjadi. Semua orang benar-benar tahu tentang keuangan dan keadaan dari waralaba yang dijalankan. Dengan begitu tidak akan terjadi suatu kecurigaan dalam hal apapun. Transparansi ini akan membentuk suatu hubungan yang baik dan memiliki masa depan yang menjanjikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *