6 Tips Menjadi Desainer yang Terkenal

Menjadi suatu desainer adalah suatu pilihan yang memang pantas diambil ketika Anda menjadi sosok orang yang sangat begitu mencintai semua produk-produk fashion. Desainer tidak hanya membuat suatu produk pakaian. Fashion tidak hanya terbatas pada bentuk pakaian, namun juga banyak produk yang bisa dihasilkan dari seorang desainer, misalnya produk tas, sepatu, kalung dan masih banyak lagi. Produk-produk fashion selain pakaian juga dihasilkan dari tangan handal seorang desainer. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin menjadi  desainer terkenal dan mumpuni di deretan para desainer-desainer handal, maka sebaiknya Anda perhatikan hal-hal penting di bawah ini:


Cintai produk Anda

Kenakan busana sendiri sebanyak mungkin. Ketika  menjadi seorang desainer, hal paling awal untuk mengenalkan produk ke orang lain adalah dengan mengenakan busana yang Anda buat sebanyak mungkin, dengan mengenakan produk  sendiri maka Anda juga bisa melihat penilaian orang terhadap produk Anda.

Maka dari itu, kenakanlah produk Anda ketika menghadiri acara-acara khusus atau hanya memakai ketika sedang berkumpul dengan teman-teman.

Mintalah pendapat teman

Ketika menjadi seorang desainer dan memiliki teman yang memiliki hobi dan passion yang juga menggandrungi masalah fashion, mintalah kritikan atau saran ketika mereka melihat rancangan Anda. Dengan meminta pendapat mereka inilah yang akan membantu menjadi lebih kreatif dengan desain Anda. Dengan menambahkan warna atau menambahkan aksen dan perubahan sedikit dalam rancangan Anda.

Dengan pendapat teman inilah, Anda juga harus menjadikan kritikan mereka suatu hal yang menjadi penyemangat, karena dengan kritikan itu Anda akan membuat suatu produk yang lebih menarik agar mereka tertegun melihat apa yang Anda ciptakan.

Tunjukkan apa rancangan Anda selanjutnya

Ketika memiliki pandangan akan apa yang Anda buat selanjutnya tidak salah. Jika ingin mengutarakan dan menunjukkan kepada orang-orang terdekat tentang gambar rancangan fashion. Sebelum menunjukkannya pada orang lain, sebaiknya pikirkan bagaimana dan apa yang sedang dipikirkan dalam gambar fashion yang Anda buat. Tentunya gambar yang harus dibuat harus bisa terlihat dengan jelas supaya mereka yang melihat juga dapat mengerti apa yang Anda buat.

Buatlah trade mark produk Anda
Ketika serius dengan usaha yang sedang Anda kembangkan dan usaha itu akan menjadi usaha jangka panjang, maka usaha yang harus dilakukan adalah membuat label sendiri untuk usaha Anda. Mengingat produk fashion adalah produk yang sangat mudah dalam hal pembajakan atau penjiplakan, maka Anda harus berfikir panjang agar usaha tersebut tidak dipatahkan oleh orang lain.

Sebaiknya buatlah brand sendiri atau trade mark atau logo yang menggambarkan tentang usaha Anda dan sematkan logo tersebut dalam pakaian dengan bentuk label. Logo inilah yang akan menentukan gaya atau fokus Anda dari awal untuk mode yang akan dibuat.

Jika memiliki kerabat yang pandai dalam hal mendesain, maka sebaiknya mintalah dia untuk membuatkan brand. Namun jika tidak memiliki, maka gunakan jasa seorang desainer grafis profesional pada pekerjaan jika Anda tidak pandai dalam hal ini sendiri. Usahakan dalam pemilihan logo sesuai dengan Anda dan gunakan seorang desain grafis yang profesional.

Ketahui diri Anda

Mengingat menjadi seorang desainer membutuhkan waktu duduk yang sangat lama dan melelahkan karena harus berkonsentrasi penuh, maka sebaiknya dari awal kenali diri Anda sendiri terlebih dahulu. Tentukan jam-jam untuk makan agar tidak jatuh sakit dan semua terkontrol dengan baik.

Ingatlah bahwa makan penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam membuat suatu desain. Jangan sepelekan hal ini, karena makan adalah kunci untuk menjaga keseimbangan dalam diri Anda.

Mintalah petuah dan saran pada desainer handal lainnya

Jika memulai label fashion, Anda perlu nasihat tentang segala sesuatu dari awal. Kelilingi diri Anda dengan sebuah tim yang dapat dipercayai. Anda butuh orang-orang ini untuk menunjang segala usaha:

1. Penasihat keuangan

Penasihat keuangan ini harus Anda miliki mengingat usaha ini adalah usaha yang sangat berhubungan dengan banyaknya uang yang dikeluarkan. Sebaiknya Anda membuat pertimbangan terlebih dahulu pada mereka yang mengerti masalah keuangan.

2. Hukum

Meminta saran dan masukan atau mungkin pengetahuan tentang hukum yang berkaitan dengan usaha itu sangat penting. Ingatlah, usaha yang sedang Anda bangun adalah usaha yang dapat siapapun lakukan. Maka dari itu, sebelum menyesal, sebaiknya ketahui masalah-masalah hukum yang melindungi diri dan usaha Anda. Jika mampu, sewalah seorang penasehat hukum atau pengacara untuk membantu agar usaha Anda berjalan sesuai koridor hukum.

3. Pemasaran

Saat sudah mulai membangun usaha yang sudah yakin dengan usaha tersebut, maka Anda harus menentukan baik-baik tentang pemasaran. Jalan mana yang akan Anda gunakan agar produk dapat dipasarkan dengan baik dan target pasar yang Anda pilih dapat tercapai semuanya.

4. Harga yang Anda pilih sesuai

Ketika membuat sebuah usaha yang memiliki harga, usahakan tentukan berapa harga yang harus Anda tampilkan. Ingat, untuk menentukan harga tersebut, minimal bisa membalikkan modal yang dikeluarkan. Ketika mengeluarkan harga yang sesuai, maka setidaknya uang yang Anda keluarkan dapat kembali dan tidak merugi. Jadi pikirkan hal krusial ini baik-baik.

5. Perbanyak referensi

Bacalah semua buku yang bertema tentang fashion secara luas dan banyak. Temukan biografi dan kisah-kisah nyata dari ikon mode di bidang fashion yang Anda tertarik. Pelajari semua seluk-beluk pengalaman mereka dan melihat bagaimana Anda dapat menggunakan pengalaman mereka untuk lebih baik Anda sendiri.

Misalnya, jika Anda ingin beralih ke eco fashion, ada banyak desainer perintis baik yang pengalaman telah didokumentasikan, seperti buku pendiri Toms Blake Mycoskie ini “Mulai Sesuatu yang Penting” atau buku Anita Roddick tentang industri kecantikan terkait namun relevan. Dengan memiliki banyak referensi dan pedoman maka hasil yang Anda ciptakan terkonsep dengan baik dan kaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *