6 Strategi Memasarkan Bisnis Kedai Makanan

Menjalankan bisnis di bidang kuliner tentu sangat menyenangkan. Eksperimen dan inovasi yang dilakukan untuk menciptakan suatu makanan yang unik, menarik dan berselera menjadi tantangan tersendiri di dalamnya. Begitu juga dengan cara mengemas warung makan atau kedai Anda dengan cara semenarik mungkin, seperti dengan membuat konsep-konsep tertentu pada kedai Anda.
Selain dengan konsep yang matang dan menarik pada restoran ataupun kedai, Anda juga memerlukan strategi bisnis untuk memasarkan bisnis kedai tersebut. Strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan penjualan dengan cepat. Dengan demikian, profit dari bisnis yang dijalankan pun dapat memenuhi target bisnis yang telah Anda tetapkan.
Pada kesempatan kali ini, bisnishack.com akan menjelaskan mengenai beberapa strategi bisnis untuk memasarkan bisnis kedai yang Anda kelola. Mau tau caranya? Mari kita simak bersama-sama!
1. Promosikan ke kampus dan kantor
Kawasan kampus dan kantor adalah kawasan yang sangat strategis untuk memasarkan kedai makanan Anda. Rata-rata warga kampus ataupun orang kantoran membutuhkan kedai makan yang murah meriah dengan fasilitas yang mumpuni. Dengan adanya kesempatan ini, Anda dapat memanfaatkannya dengan mempromosikan kedai makanan ke kampus-kampus dan area perkantoran.
Sebarlah pamflet, poster ataupun brosur ke kampus-kampus yang masih bisa dijangkau oleh kedai makanan Anda. Begitu juga dengan kantor-kantor yang dekat dengan kedai Anda. Cantumkan menu paling menarik dan favorit yang ditawarkan kedai Anda. Tunjukkan harga spesial dan berilah peta sederhana pada brosur atau poster yang Anda sebarkan.
2. Bersikaplah dengan ramah dan sopan
Pada eksekusinya, Anda harus selalu mempertahankan keramahan serta sopan santun pada sistem pelayanan. Keramahan dan sopan santun sekiranya menjadi salah satu unsur mengapa seseorang memilih suatu kedai atau tempat makan untuk menghabiskan waktunya. Tanpa keramahan dan kesopanan, tentu konsumen Anda akan merasa tidak dihargai dan enggan untuk kembali apalagi berlangganan. Selezat apapun makanan yang Anda tawarkan, bila penyajiannya tidak disertai dengan keramahan, hasilnya akan nihil dan tidak memberi kesan yang positif di mata konsumen.
Mempertahankan sikap ramah dan sopan santun tentu menjadi hal yang penting dalam pengelolaan dan manajemen kedai rumah makan Anda. Dengan keramahtamahan yang dipertahankan, setidaknya seseorang akan merasa berkesan ketika berkunjung ke kedai makan Anda dan memiliki kemungkinan untuk menceritakan kesan positif tersebut kepada orang lain. Sistem pemasaran word of mouth inilah yang skiranya sepele, namun sangat mengena.
3. Tingkatkan pelayanan atau servis di kedai Anda
Pelayanan kedai tidak hanya harus mengedepankan sopan santun dan ramah tamah saja, melainkan juga harus menyajikan pelayanan atau servis yang cepat, tepat dan memuaskan. Hal ini bisa diukur dari seberapa responsif Anda dalam menangani pesanan, berapa lama Anda menyajikan menu hidangan seteah di pesan, dan sebagainya. Semakin lama, biasanya hal ini semakin mmbuat kecewa bagi konsumen Anda.
Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pembekalan untuk para karyawan Anda. Latihlah mereka untuk bisa bertindak cepat dalam melayani pesanan makanan baik dine in  atau makan di tempat ataupun take home untuk dibawa pulang. Pastikan bahwa Anda harus selalu menjaga mood konsumen setiap saat.
4. Berikan tambahan alunan musik dalam kedai
Alunan musik adalah salah satu penghibur yang cukup efektif. Untuk memasarkan suatu kedai, menambahkan alunan musik menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Bagi sebagian orang, terkadang mencari kedai yang menampilkan atau memutarkan musik agar bisa menikmati suasana yang lebih rileks. Selain itu, musik juga dianggap dapat menyegarkan kembali otak yang telah sibuk seharian.
Dengan demikian, menyediakan musik di bisnis kedai Anda dapat dijadikan sebagai nilai tambah dari bisnis. Hal ini juga berlaku sebagai strategi untuk memasarkan kedai Anda ke orang banyak. Musik yang Anda tampilkan bisa berbentuk MP3 yang diputar dengan speaker di kedai, ataupun alunan musik yang ditampilkan secara live atau langsung oleh band akustik atau penyanyi di panggung kecil. 
5. Gunakan alat-alat makan yang unik dan menarik
Dengan menggunakan konsep restoran atau kedai yang unik dan menarik, maka hal tersebut juga dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan pada kedai Anda. Usahakan untuk menyediakan alat-alat makan serta dekorasi lainnya yang memang benar-benar mendukung konsep restoran atau kedai Anda. Pastikan Anda telah memperhatikan secara detailnya. Semakin unik konsep kedai, maka semakin berkemungkinan besar pula kedai Anda untuk digandrungi masyarakat.
Misalnya, Anda mengusung konsep koboi dan country pada café atau kedai. Anda bisa mendekorasi ruangan di kedai dengan ornamen-ornamet bertema koboi. Selain itu, Anda dapat memberikan hiasan meja, cara pegawai berpakaian, hingga alat-alat makan yang sesuai dengan konsep koboi. Misalkan, piring dan gelas yang berbentuk koboi, atau sendok dengan desain premium yang tidak digunakan oleh kedai-kedai pada umumnya. Pastikan keunikan dari alat-alat makan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan pantas untuk diaplikasikan pada konsep dari kedai yang Anda kelola.
6. Sediakan waktu untuk memberikan promo diskon khusus
Harga adalah salah satu unsur yang penting bagi seseorang dalam menentukan apakah seseorang tersebut akan memutuskan untuk membeli atau tidak. Dengan menawarkan harga yang lebih murah sedikit di bawah harga standar, biasanya kedai atau warung makan Anda akan lebih diminati oleh masyarakat. Namun semua itu tetap bergantung kembali pada kualitas produk bisnis yaitu makanan dan minuman pada kedai Anda.
Untuk menyenangkan pelanggan Anda serta mengikat mereka agar menjadi pelanggan yang loyal, maka Anda perlu memberikan program promo ataupun diskon khusus. Dengan adanya promo atau diskon ini, Anda dapat meningkatkan penjualan dan semakin menarik minat masyarakat untuk makan di kedai. Aturlah strategi yang seefektif mungkin, dengan embel-embel promo atau diskon yang padahal sangat menguntungkan diri Anda. Misalnya, promo beli 2 gratis 1, ataupun promo diskon 50% bagi pembelian di atas Rp. 50.000,-. Selain itu, promo dan diskon untuk segmentasi tertentu juga dirasa efektif untuk dijalankan, misalnya diskon 50% setiap hari Kamis untuk para mahasiswa, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *