6 Metode Bisnis Online yang Mudah Dilakukan

Maraknya bisnis online saat ini memang sudah menjadi fenomena dunia. Berbisnis online selain mudah juga dapat menghasilkan jeuntungan yang lumayan dengan hanya berhadapan komputer. Kebanyakan bisnis online digunakan sebagai pekerjaan sampingan dengan menghasilkan keuntungan tambahan atau bisa juga sebagai pekerjaan utama.
Ada banyak onlie shop yang tersebar hampir di seluruh pelosok dunia seperti penjualan pakaian secara online, buku atau e-book secara online dan masih banyak yang lain. Hal tersebut biasanya menggunakan metode-metode tertentu untuk mendapatkan pelanggan. Meode ini biasanya merupakan salah satu jejaring yang dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan atau pelanggan dengan produk tanpa harus tatap muka. 
Dalam melakukan suatu bisnis online, merancang atau merencanakan suatu metode sangatlah penting untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Dengan merancang suatu metode maka Anda akan dengan mudah untuk memasarkan produk dan produk akan terjual dengan cepat. Metode dalam berbisnis online sangatlah banyak, diantaranya:

1. PTC (Pay to Click)
PTC atau lebih sering dikenal dengan Pay To Click adalah salah satu metode bisnis online dengan sistem pelanggan akan membayar jika pelanggan mengklik iklan yang Anda posting menggunakan metode PTC atau dapat juga pebisnis yang mengajukan produk kepada perusahaan untuk ditayangkan lewat perusahaan PTC. PTC ini kebalikan dari PPC yaitu kalau di PPC pebisnis hanya mendapat keuntungan kalau ada yang mengklik iklannya, namun jika tidak ada maka penghasilan tetap saja nol.
Dengan menggunakan metode PTC maka akan dengan mudah menghasilkan keuntungan tanpa perlu bergantung dengan pelanggan yang akan mengklik iklan karena dengan metode ini pebisnis online shop dapat memasarkannya lewat perusahaan PTC secara langsung sehingga keuntungan akan didapat secara kontinu baik sudah memiliki pelanggan atau belum. Kelemahan daripada metode ini biasanya sebelum memasarkan ke perusahaan PTC pebisnis akan dikenai biaya pajak iklan terlebih dahulu.
2. PPC (Pay per Click) 
PPC atau sering dikenal dengan sebutan Pay Per Click adalah salah satu metode bisnis online yang paling banyak diminati oleh para blogger, dan cara kerjanya juga simpel dan yang pasti pendaftarannya juga gratis. Sistemnya sangat sederhana, pebisnis cukup memberikan space atau tempat untuk memajang iklan PPC dari perusahaan PPC di blog yang dimiliki pebisnis. Biasanya istilah yang dipakai untuk memasang iklan yaitu publisher atau dapat juga diperoleh dari sebuah perusaan periklanan online. Di PPC pebisnis hanya akan mendapat keuntungan apabila iklannya di klik oleh orang lain atau pengunjung blog.
3. PTR (Paid To Review) 
PTR atau sering dikenal dengan sebutan Paid To Review adalah metode bisnis yang sangat mudah. Dengan metode ini maka para pebisnis online hanya mereview blog orang lain untuk dapat memasarkan produk bisnis online shopnya, dan dari situ pebisnis akan mendapatkan keuntungan.
PTR ini sering banyak dicari oleh para pelanggan karena sistem pembeliannya sangat mudah tanpa harus mencari-cari produk, namun Anda juga harus kreatif dan aktif untuk mereview iklan yang Anda pasang kepada orang lain sehingga orang yang akan membeli produk Anda tidak perku repot untuk mencari produknya. Ini adalah metode yang cocok untuk digunaka para pebisnis pemula karena sangat mudah.
4. Bisnis afiliasi
Bisnis afiliasi atau sering disebut dengan Affiliate Marketing atau bisnis reseller adalah metode bisnis online shop dengan hanya menjual kembali produk dan komisi akan diberikan jika produk tersebut berhasil terjual. Jumlah komisi rata rata antara 25%, 50%, sampai ada yang 100%. Di bisnis ini Anda hanya bertugas sebagai penjual atau memasarkan produk dan akan menerima komisi jika produk terjual manis sesuai jumlah produk yang terjual.
Untuk mendapatkan komisi yang besar biasanya mengubah produk menjadi sistem software atau produk digital serta produk nyata seperti baju kaos. Namun para pebisnis ini biasanya hanya mendapat komisi di bawah 25%. Sebelum terjun dalam bisnis afiliasi ada baiknya Anda riset terlebih dahulu dan memilih-milih apakah produk tersebut banyak pencarinya atau tidak, bila banyak pencarinya maka dapat dilanjutkan karena otomatis produk yang ada akan cepat terjual.
5. PPP (Pay Per Post) 
PPP atau sering dikenal dengan Pay Per Post ini adalah metode yang cocok digunakan oleh para penulis yang gemar menulis artikel atau semacamnya ke dalam blog. PPP ini sistem kerjanya dengan membayar pebisnis jika pebisnis memposting tulisan di website pengelola PPP tersebut, dan ini sangat mudah sekali apalagi kalau memang pebisnis gemar dengan tulis-menulis. Artikel pebisnis akan di nilai harganya oleh si provider bisnis tersebut, semakin berbobot dan berkualitas maka artikel semakin mahal harganya.
6. Jual produk sendiri jika Anda mempunyai produk
Jika Anda memiliki produk sendiri maka metode yang paling baik digunakan adalah menjual produk sendiri. Anda dapat menjualnya di internet baik itu dengan membuat toko online atau menumpang di website orang lain dengan data kontak, sistem seperti ini sama dengan sistem menjual produk pada umumnya, hanya saja medianya yang berbeda. Kalau ingin produk terjual cepat maka pengguna bisa menggunakan promosi dengan cara membuka peluang reseller minimal mempunyai 10 reseller tetap, maka produk akan cepat terjual. 
Hal di atas merupakan enam netode yang dapat diaplikasikan ke dalam bisnis online yang sedang Anda kerjakan. Dengan hanya menggunakan metode maka tidak perlu lagi memasarkan menggunakan distributor atau print out iklan yang nantinya disebarkan kemana-mana atau terkadang butuh pajak dalam memasang iklan.
Menggunakan metode berbisnis online sangat memudahkan para pebisnis dan tentunya membantu para pebisnis untuk memasarkan usaha ataupun produk bisnisnya tanpa perlu biaya yang mahal. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat biaya pengeluaran sistem keuangan dalam usaha sehingga keuntungan yang didapat akan semakin banyak tanpa harus memikirkan pengeluaran untuk pengiklanan. Demikian sekilas uraian tentang metode berbisnis online, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca. Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *